Sunday 11th December 2016,

Avante Talks

Ξ Leave a comment

40+ Aplikasi Android Wajib Versi KusukaGadget (Bagian 2)

posted by Erwind Prasetyo
40+ Aplikasi Android Wajib Versi KusukaGadget (Bagian 2)

Berikut daftar aplikasi-aplikasi Android wajib, kelanjutan dari Bagian 1

26. Dropbox

Nah, siapa yang tidak kenal Dropbox? Ini adalah “flashdisk Anda di awan.” Memungkinkan Anda untuk memiliki semua data penting Anda tersimpan di Cloud dan tersinkronisasi dengan baik ke semua alat kerja Anda. Baik komputer desktop, laptop, ponsel, dan lain-lain, sepanjang ada koneksi internet. Begitu ngetrennya Dropbox, sehingga banyak merek lain yang kini berbondong meniru. Bahkan sebagian datang dari nama besar macam Google Drive, Microsoft SkyDrive, atau Apple iCloud. Tapi toh, karena posisinya sebagai pioneer, Dropbox tetap paling populer dipakai orang. Jadi, ini aplikasi yang wajib Anda gunakan sebagai pengganti flashdisk yang biasa Anda bawa kemana-mana.

27. File Manager

Salah satu kelebihan Android (terutama dibandingkan pesaing terdekatnya, iOS), adalah fleksibilitas. Layaknya sebuah komputer biasa. Anda bebas mengakses, melihat, mengkopi, menghapus isi file di dalam perangkat Anda (tentunya buka file sistem yah). Dan untuk itu, selalu dibutuhkan aplikasi semacam explorer. Di Android, saya rekomendasikan File Manager. Pilihan nama yang simpel dan cocok melambangkan fungsi aslinya. Anda akan menemukan semua fungsi file manager seperti di Windows komputer Anda.

28. Google Reader

Google Reader adalah pembaca RSS standar milik Google. Selain digunakan untuk membaca, aplikasi ini juga paling bagus dipakai untuk mengatur semua daftar langganan RSS Feed kita. Sayang, tampilan dan cara pakai versi mobile-nya tidak sebaik dan sesimpel versi web.

29. gReader

Sebagai alternatif untuk membaca RSS langganan kita yang tercantum di Google Reader, bisa digunakan aplikasi gReader ini. Meski belum ada aplikasi sebaik dan sepopuler Reeder milik iOS, setidaknya gReader sudah memberikan fungsi-fungsi yang identik. Hanya perlu berbenah untuk urusan tampilan saja. gReader bisa menyedot registrasi RSS Anda di Google Reader, sehingga Anda tak perlu lagi repot-repot mendaftar RSS lagi satu-per satu.

30. Ngaskus

Aplikasi ini lebih mengarah ke rekomendasi personal, karena tidak semua orang tahu dan memakai forum KasKus. Tapi bila Anda termasuk salah satu “agan” atau “aganwati” KasKus, aplikasi ini wajib dimiliki, untuk sementara. Mengapa sementara? Karena anehnya, KasKus sudah memiliki aplikasi resmi KasKus untuk iOS, namun belum di Android. Sehingga satu-satunya alternatif adalah aplikasi Ngaskus ini. Sayangnya, pada prakteknya, aplikasi ini lumayan sering tidak bisa digunakan karena alasan maintenance…

31. Facebook Messenger

Satu lagi pengganti atau pesaing BBM milik BlackBerry. Yang ini menggunakan dasar kontak seluruh daftar teman Anda di Facebook. Sesuai namanya, aplikasi Facebook Messenger ini meletakkan fungsi chatting dan messaging di Facebook secara khusus dan menampilkannya dalam bentuk chatting normal di handset Anda. Sehingga Anda bisa terus terhubung dan berkomunikasi dengan rekan-rekan Facebook Anda, dimana saja.

32. Yahoo Messenger

Jauh sebelum heboh kehadiran Facebook, BlackBerry, Android, dan iOS…ketika gelar ponsel tercerdas itu masih dipegang erat oleh Nokia Communicator, aplikasi chatting paling populer di Indonesia adalah Yahoo Messenger! Dan meskipun kini sudah hampir tak ada orang menggunakannya, toh basis user-nya masih banyak. Sehingga tak ada salahnya untuk tetap memiliki Yahoo Messenger siap pakai di Android Anda.

33. Mobo Player

Umumnya semua ponsel Android sudah memiliki player video bawaan yang cukup bagus. Namun bila Anda masih mencari alternatif lain yang bisa menerima lebih banyak format video, boleh dicoba aplikasi Mobo Player ini. Secara kualitas dan pemakaian tak ada beda dengan pemutar video bawaan/native milik ponsel Anda. Namun aplikasi 3rd party macam Mobo Player ini terkenal lebih tidak rewel untuk urusan ragam format video yang bisa diputar.

34. Perfect Viewer

Ini adalah sebuah aplikasi pembaca file PDF. Tidak jauh beda dengan ratusan aplikasi PDF Reader lain di Google Play. Namun yang membuat saya menyukainya adalah karena Perfect Viewer bisa digunakan membaca file-file gambar yang terkompresi menjadi satu file RAR/ZIP. Terlebih lagi, aplikasi bisa menerima lebih banyak format media digital, terutama yang sering dipakai oleh tipe-tipe buku komik.

35. Polaris Office

Aplikasi Office tentu jadi standar dipakai untuk bekerja. Dan di luar sana banyak sekali aplikasi seperti ini. Salah satu yang populer adalah Documents to Go. Namun bila Anda mencari alternatif lain yang lebih ringan dan gratis (seringkali digratiskan oleh merek ponsel Android tertentu), Polaris Office adalah salah satu yang saya rekomendasikan. Fungsinya? Yah, Anda pasti sudah akrab dengan Microsoft Office kan?

36. Google Translate

Satu lagi aplikasi khas Google yang wajib terinstalasi di handset Android Anda, yaitu Translate. Tentunya, Anda butuh koneksi internet untuk mengakses database Google, namun dengan aplikasi ini, Anda siap mengerti maksud dari puluhan bahasa di dunia, kapanpun Anda butuhkan.

37. QR Barcode Scanner

QR Barcode Scanner digunakan untuk menerjemahkan hasil scan kode barcode yang menggunakan standar QR. Pasti tahu kan? Barcode yang berbentuk bujur sangkar dan awalnya beken digunakan sebagai standar oleh BlackBerry. Umumnya, barcode jenis ini akan mengacu pada URL sebuah website. Namun aplikasi QR Barcode Scanner juga mendukung bentuk barcode yang lain.

38. Bluetooth File Transfer

Ini juga bukan aplikasi yang wajib sebenarnya. Karena tentunya ponsel canggih masa kini sudah punya kemampuan bertukar file/data via koneksi Bluetooth. Aplikasi ini hanya digunakan sebagai shortcut saja. Mempercepat tujuan Anda untuk mentransfer file tertentu via Bluetooth, mengaktifkan Bluetooth, dan memilih file melalui antarmuka layaknya sebuah file manager. Buat saya, justru lebih simpel memakai aplikasi seperti ini ketimbang mengikuti standar urutan bawaan ponselnya.

39. BeFunky

Awalnya, saya mengenal aplikasi ini dari iOS. Merupakan salah satu (lagi) aplikasi yang menawarkan banyak sekali variasi dalam memberikan efek foto. Tidak punya banyak kelebihan mencolok dibandingkan aplikasi sejenis lainnya. Namun saya suka kemudahannya dalam memilih dan mengaplikasikan ke file foto Anda.

40. Smooth Calendar

Aplikasi ini ketika digunakan lebih terasa sebagai sebuah widget, ketimbang aplikasi beneran. Namun justru sifat uniknya itulah yang membuatnya lebih mudah digunakan ketimbang kalender bawaan Android standar. Hal paling menyenangkan muncul dari simpelnya kita menambahkan task, atau janji, dan agenda-agenda harian lainnya.

41. WhatsApp

Aplikasi “dewa” untuk saat ini. Tak peduli sebanyak apapun aplikasi chatting di luar sana, ChatOn, Viber, YM, Talk, MSN, Line, LifeProfile, blablabla… WhatsApp tetap satu-satunya yang paling populer dan terbukti nomor satu. Kelebihan utamanya adalah sebagai aplikasi chatting multi-platform paling handal dan lengkap, untuk mengisi kekurangan BBM yang eksklusif untuk BlackBerry. Kelemahannya? Mesti membayar, setahun setelah masa percobaan gratisnya.

42. Wikipedia

Wikipedia adalah sumber informasi atau ensiklopedia nomor satu di dunia saat ini. Dan rasanya akan sangat menyenangkan untuk tampak “cerdas” kapanpun. Itu bisa dilakukan dengan selalu membawa Wikipedia kemanapun Anda pergi.

43. Google Drive

Sebenarnya, dengan kehadiran Dropbox, kebutuhan Cloud Computing kita sudah terpenuhi lebih dari cukup. Apalagi yang beruntung memiliki handset merek seperti HTC atau Samsung biasanya belakangan ini dipaket dengan bonus space Dropbox super lega. Namun tak ada salahnya dong memiliki layanan sejenis dari si pembuat Android sendiri. Dan inilah Drive, dari Google. Yang meski punya harga lebih murah, namun tetap kalah populer dibandingkan Dropbox. Unik bukan? Sebagai contoh, ketika saya membuka Samsung Galaxy S3 saya dari baru, ada aplikasi Dropbox ter-install di sana. Tapi tak ada Google Drive….

44. IndoTV

Ini aplikasi lokal. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memberikan daftar jadwal tayang seluruh stasiun TV di Indonesia. Tapi fitur paling “wah” bukan hal itu, melainkan, IndoTV memberikan fasilitas streaming acara-acara TV. Ini sangat menarik, meski menuntut koneksi internet yang lancar.

45. JNE

Aplikasi ini juga bikinan lokal, dan sesuai namanya, merupakan aplikasi resmi milik JNE, salah satu penyedia layanan jasa logistik dan distribusi pengiriman paket di Indonesia. Ini juga merupakan rekomendasi pribadi, karena informasi yang ada di aplikasi ini sangat berguna, misalnya untuk mencek tarif atau status paket. Terutama bagi Anda yang sering memanfaatkan jasanya.

46. TuneIn Radio

Kalau untuk hiburan TV ada IndoTV, soal radio ada TuneIn Radio. Ini bukan aplikasi lokal, namun bisa digunakan lancar untuk menangkap siaran-siaran radio lokal di Indonesia, secara streaming tentunya. Membuat handset Android Anda jadi super lengkap, ada TV dan radio FM.

47. Pocket

Seperti sempat saya sebutkan di bagian aplikasi Pulse, ada sebuah aplikasi yang sangat berguna (bagi saya setidaknya) untuk urusan baca-baca berita. Ada kalanya muncul berita atau artikel bagus yang tidak mungkin dibaca seketika, karena kondisi (lagi nyetir misalnya). Pocket, atau yang dulunya disebut Read It Later, berguna untuk menyimpan artikel Anda tersebut supaya bisa dibaca kemudian, bahkan secara offline.

48. Speedtest.net

Versi mobile dari web apps yang beken karena berfungsi mengukur secepat apa koneksi internet Anda. Cara pakai dan antarmukanya pun sama persis dengan versi web. Memberikan Anda rangkuman kecepatan download dan upload koneksi yang dipakai. Karena handset Android menggunakan teknologi selular, tentu posisi atau lokasi ikut mempengaruhi stabilitas kecepatan internet. Aplikasi yang wajib dimiliki mereka yang suka men-download melalui Android.

49. Quadrant Standard Edition

Ini aplikasi yang mungkin hanya dipakai sekali saja, sejak di-download. Namun biasanya dipakai lagi bila si pemilik handset ingin pamer “unjuk gigi” pada rekan-rekannya, sekuat apa spesifikasi Android-nya. Karena Quadrant memang merupakan salah satu aplikasi benchmark yang solid dan terkenal dipakai acuan pembanding spesifikasi antar ponsel-ponsel Android.

 

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment