Tuesday 06th December 2016,

SukaGame

Ξ Leave a comment

PlayStation 4, Si Raja Baru!

posted by Hyde
PlayStation 4, Si Raja Baru!

Tahun ini menandai pergeseran generasi video game. Nintendo sudah buka garasi lebih dulu dengan Wii U. Lalu Microsoft dan Sony nyaris bersamaan memperkenalkan Xbox One dan PlayStation 4. Well, setelah mengikuti banyak beritanya beberapa hari lalu dan membanding-bandingkan, tampaknya calon raja atau pemenang persaingan generasi baru ini sudah ditentukan. Yaitu PlayStation 4, dari Sony. Unggul nyaris segala-galanya. Spesifikasi, fitur, harga, bahkan desain sekalipun. Satu-satunya kemungkinan bagi PlayStation 4 untuk gatot (gagal total) di pasar hanyalah kalau ia tidak punya koleksi game bagus sama sekali. Yang mana jelas nyaris mustahil…

ps402

PlayStation 4 menggunakan sistem APU (Accelerated Processing Unit) buatan AMD yang di-tweak bersama dengan Sony. Mengikuti tren prosesor di PC saat ini, yaitu gabungan antara CPU dan GPU dalam sebuah chip. Beda jauh dengan pendekatan PlayStation 3 yang memakai chip CPU utama Cell, hingga mengalihkan pengerjaan proses grafis ke CPU. Arsitektur chip yang disebut AMD Jaguar ini pun identik dengan yang kita pakai di komputer saat ini, yaitu x86-64 (64-bit), serta terdiri dari 8 core. Prosesor ini akan ditemani dengan memori utama yang memakai jenis GDDR5 super cepat, sebesar 8GB, kira-kira 16 kali lipat lebih cepat dibandingkan yang dipakai di PlayStation 3. Spesifikasi hardware lainnya sih masih standar-standar saja, generasi masa kini, seperti drive Blu-ray, harddisk 500GB (yang mungkin nantinya akan punya varian kapasitas lain), koneksi WiFi, Bluetooth, dan USB 3.0.

ps403

ps404

Soal controller, atau gamepad, sudah bocor lebih dulu. Kita sudah pernah membahasnya. Masih mempertahankan desain tradisional khas PlayStation, namun dengan banyak upgrade. Seperti misalnya pad untuk sensor touch, tombol Share, colokan headset untuk berbicara online, dan sebagainya. Sony menyebutnya simpel, Dual Shock 4. Gamepad ini juga punya sensor lampu yang menyala sesuai posisi player dan memungkinkan untuk dideteksi oleh PlayStation Camera. Oh ya, PlayStation Camera adalah pengembangan dari PlayStation Eye. Bekerja sama jagonya dengan Kinect milik Microsoft. Mengenai konten, PlayStation 4 dipamerkan di E3 dengan menonjok semua hal-hal yang bikin Xbox One mengecewakan. Misalnya, PlayStation 4 bisa digunakan tanpa harus online, bisa memainkan game bekas, atau bahkan sewaan, dan sebagainya. Hal-hal yang “dilarang” oleh Microsoft di Xbox One-nya. Sayangnya, dari semua kegemilangan PlayStation 4, yang bahkan berharga lebih murah Rp. 1 Jutaan dari Xbox One, konsol ini kehilangan 1 ciri khasnya. Ia tidak bisa memainkan game-game PlayStation 3. Andaikan bisa…Wow!

ps405

 

ps406

 

ps407

 

ps408

 

ps410

 

ps411

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment