Wednesday 24th May 2017,

SukaKamu

Ξ Leave a comment

Gita Smala, Paduan Suara Yang Telah Terbang Hingga ke Eropa

posted by Octavia
Gita Smala, Paduan Suara Yang Telah Terbang Hingga ke Eropa

Nama Kelompok: Paduan Suara Gita Smala (PSGS)

Nama Ketua: Rahmat Fathony Sasongko

Nama Pelatih: Bagus Syafrieza dan Paradhika

Nama Pembina: Pudjiastuti Widiastuti

Apabila kamu mengaku sebagai anak paduan suara yang berdomisili di daerah Surabaya, kamu pasti sangat kenal dengan kelompok paduan suara yang bernaung dibawah SMAN 5 Surabaya ini. Yap, benar! kelompok Paduan Suara Gita Smala (PSGS) ini merupakan salah satu dari beberapa kelompok paduan suara yang memiliki banyak prestasi gemilang. Berpikir mereka adalah jago kandang? Weiitssss, jangan salah dulu! baru-baru ini mereka memperluas sayap dengan mengikuti kompetisi Praga Cantat yang digelar di ibukota Ceko, yakni Praha. Tertarik dengan ceritanya? yuk kenal lebih dekat dengan mereka!.

  • Bukan Sekedar Paduan Suara

Bisa dibilang, PSGS merupakan salah satu ekstra kurikuler tertua yang dimiliki oleh SMAN 5 Surabaya (biasa dikenal dengan Smala). PSGS yang sekarang beranggotakan sebanyak 50 orang ini ternyata tidak hanya sekedar kelompok saja, tetapi juga merupakan keluarga. Tidak seperti ekstrakurikuler pada umumnya, PSGS memiliki sebuah perkumpulan orang tua anggota PSGS yang memungkinkan orang tua anggota PSGS mengenal lebih jauh orang tua anggota PSGS yang lain. Jadi kesan kekeluargaan pun tidak hanya untuk anggota PSGS saja, tetapi juga untuk para orangtuanya.

  • PSGS Goes to Praga Cantat 2013

Paduan suara yang mengambil aliran klasik ini memiliki babnyak sekali prestasi. Mereka juga telah melebarkan sayap ke ranah internasional lewat Praga Cantat 2012 yang digelar pada bulan Oktober 2012 lalu. Tak tanggung-tanggung, mereka menyabet Gold Band pada dua kategori sekaligus, yakni kategori Youth Choirs yang membuat mereka juga menjadi Winner of Youth Choir Categori serta Folklore. Mereka juga menerima The Jury’s Special Award of Choreography di kompetisi ini. Wooooowwww…

Dan seperti kebanyakan cerita, selalu ada usaha yang lebih dibalik semua kesuksesan yang telah diraih, tak terkecuali juga pada ajang ini. Dengan lokasi yang berada jauh diluar Indonesia, para anggota PSGS yang lulus seleksi untuk mengikuti lomba ini sempat bingung dengan biaya. “Biaya yang diperlukan sekitar 700-800 juta, nah kami sempat shock juga mau cari uang kemana pas itu,” ujar Fajar Sartika Hadi, ketua PSGS periode sebelumnya yang sukses membawa PSGS menjadi jawara dalam kompetisi Praga Cantat Tersebut.

Merasa optimis dengan hasil yang akan didapatkan, mereka akhirnya menempuh segala cara untuk mengumpulkan dana tersebut secara bersama-sama. Mulai dari mencari donatur, sponsor, hingga berjualan mereka lakoni. Dengan usaha ini, mereka akhirnya berhasil mengumpulkan dana sebesar 30% dari total dana yang dibutuhkan.

Effort yang mereka tunjukkan tidak hanya setengah-setengah, selain berusaha untuk mengumpulkan dana, mereka juga disibukkan dengan latihan yang harus mereka lakukan agar dapat membawa gelar yang diinginkan. “Awalnya sih ngga menargetkan membawa gelar sebanyak itu, tetapi alhamdulillah hasilnya lebih dari yang sekedar diduga,” ujar Fathony.

  • “Target Selanjutnya Jadi Juara di Asean Choir Games”

Saat ditanya rencana kedepan dari PSGS, Fathony menjawab ada tiga kompetisi yang pasti akan diikuti, yakni dua kompetisi paduan suara yang masing-masing diadakan oleh perguruan tinggi swasta terkenal di Surabaya serta Asean Choir Games yang dilaksanakan di Manado. “Kami menargetkan jadi juara untuk kompetisi tersebut, karena kami yakin kami mampu,” lanjutnya. Well, good luck Guys!

PSGS on Praga Cantat 2012