Tuesday 06th December 2016,

SukaKamu

Ξ 3 comments

Novita Hardiny, Hidup Tak Selamanya Indah

posted by Tyas Istiqomah
Novita Hardiny, Hidup Tak Selamanya Indah

Nama: Novita Hardiny

TTL: Surabaya, 22 November 1990

Nama Ortu: R. Heri Sunjoto (alm) (ayah), Supriyatin (ibu)

Pendidikan: SMPN 36 Surabaya,  SMA 17 Agustus Surabaya, S1 Manajemen STIE Perbanas Surabaya

Hobby: Menulis, Membaca, Berenang, dan Diving

Cita-cita: Menjadi wanita yang sukses di segala bidang

Hal yang tidak disuka: Hal yang kotor

Quote favorit: “Jangan mencari perlindungan pada siapapun selain dirimu sendiri”

ParaDiva akan mengajak Divas berkenalan dengan sosok perempuan cantik, penuh bakat, dan pastinya akan menginspirasi Divas agar menjadi lebih baik. Dia adalah Novita Hardiny, seorang model sekaligus presenter yang namanya sangat dikenal di Surabaya. MahaDiva kali ini terasa begitu istimewa, karena selain wajah cantik dan prestasinya yang membanggakan, kisah hidup Novita ternyata tak seindah prestasinya lho Divas. Mau tahu seperti apa? Berikut ini ceritanya untuk Divas!

  • Awal Keterlibatan Novita di Dunia Modelling dan Presenter

Novita terlahir bukan dari keluarga berlatar belakang entertaint. Ia sendiri pun mengaku jika tidak pernah punya keinginan dan berusaha keras untuk bisa di dunia sekarang ini.

“Sempat sih cuma bayangin sepertinya enak jadi model. Itu aja,” ungkap anak tunggal ini. Tak disangka, tahun 2007 lalu saat sedang sekolah di bangku SMA ada wartawan Deteksi, Jawa Pos yang mengunjungi sekolahnya. Novita pun diajak untuk difoto dan mengisi halaman Deteksi mulai dari kelas 2 SMA sampai kuliah menginjak semester 5. Setelah mendapat restu orang tua, Novita pun berangkat dan ternyata respon yang didapat sangat positif.

Dari sana tawaran foto terus mengalir dan Novita mengaku menikmatinya. Kecintaan Novita terus berlanjut dengan mengikuti ajang model majalah Gaul di tahun yang sama, 2007. Novita pun berhasil masuk dalam 15 besar ajang tersebut. Karir Novita tidak berhenti di dunia model. Perempuan pecinta travelling ini dipercaya menjadi presenter beberapa stasiun TV swasta di Surabaya. Tercatat beberapa acara seperti acara musik, komunitas, otomotif, dan kesehatan pernah dibawakan olehnya. Nama Novita pun semakin dikenal dan dicari untuk mengisi layar kaca.

  • “Tanpa restu orang tua, saya tidak pergi”

Novita mengaku jika sebenarnya dunia ini membuatnya merasa nyaman. Sebagai anak tunggal, tentu Novita tidak memiliki teman saat berada di rumah dan sering merasa kesepian. Berangkat dari sinilah dia memberanikan diri untuk mencoba dan ternyata kini Novita mendapat banyak hal berharga untuk hidupnya.

“Aku tahu arti mandiri, punya banyak teman, dan yang penting bisa membuat orang tua bangga karena kegiatanku. Mereka selalu mendukung apapun yang kulakukan selama itu adalah sebuah hal yang positif.”

Dunia entertaint juga diakuinya tak selalu indah dan mulus. Novita pun kerap dihadapkan pada orang-orang yang tidak senang melihat kesuksesannya. Awalnya dia mengaku sulit menerima kondisi seperti ini, namun kini dia sudah mulai belajar dan berusaha menerima pendapat jelek tentang dirinya.

“Namanya orang itu pasti ada baik buruk dan pasti ada like and dislikenya ya. Aku sih berusaha menganggap semua ejekan itu sebagai kritik agar aku bisa berkembang lebih baik,” cerita penggila diving ini.

Selain mengisi beberapa acara TV dan kerap menjadi model-model fotografer handal, Novita juga kerap dipercaya menjadi MC di beberapa acara lain. Salah satu acara yang pernah dia bawakan adalah saat Awarding Kominfo (Komisi Informasi) se-Jawa Timur. Acara yang diselenggarakan di Garden Palace itu dihadiri oleh beberapa pejabat penting di pemerintahan.

Ternyata perempuan satu ini memang multi talenta ya Divas?

Saat ditanya apakah Novita tidak pernah mendapat tawaran ke ibukota, perempuan berparas cantik ini menjawab pernah. Novita memang sempat beberapa kali mendapat tawaran ke Jakarta, namun karena orang tua keberatan, dia pun dengan tegas menolak.

“Menurut saya, apapun yang saya lakukan jika tanpa restu mereka akan sia-sia saja,” ungkap pecinta buku-buku motivasi ini.

  • Matahati dan Novita

Saat ini Novita tercatat masih menjadi presenter untuk acara Matahati yang ditayangkan oleh SBO TV. Ini adalah sebuah acara yang mengharuskan Novita terjun langsung dan menemui orang-orang yang hidupnya kurang beruntung. Novita mengaku miris dan tidak tega saat melihat mereka.

Dia pun tidak menyangka jika ternyata orang-orang seperti itu masih bisa merasakan bahagia di tengah masalah ekonomi yang membelitnya. ParaDiva pun bertanya satu episode yang paling berkesan menurut Novita. Jika sudah bersama mereka, Novita merasa tidak ada alasan baginya untuk sedih.

“Ada memang satu episode yang membuat saya sangat kagum sekaligus sedih. Ini menceritakan tentang bagaimana kekuatan cinta yang dimiliki dua insan manusia suami istri. Ada seorang bapak tua yang usianya sudah 90 tahun dan pekerjaannya hanya sebagai (maaf) pasukan kuning. Bapak ini punya seorang istri yang juga sudah tua. Satu hal yang membuat saya kagum dengan mereka adalah mereka hidup hanya berdua tanpa dikaruniai anak dan hidup mereka serba kekurangan. Hebatnya, mereka selalu bahagia dan tetap saling mencintai,” kisah Novita dengan penuh haru.

  • “Saat bapak pergi, itu adalah saat-saat terbawah dalam hidup saya”

Wajah cantik, penuh prestasi, multi talenta, dikenal banyak orang tak lantas membuat hidup Novita selalu bahagia. Novita pun dengan lugas menceritakan kisah hidupnya yang (ternyata) tidak selamanya indah.

Dia menceritakan jika dulu dia sempat memiliki pacar yang berbeda keyakinan. Sudah lama sekali mereka bersama dan Novita selalu bahagia dengan pacarnya. Ketika mencapai sebuah titik dimana mereka harus memutuskan, akhirnya jalan terbaik yang mereka pilih adalah berpisah.

“Aku bener-bener bahagia lahir batin waktu sama dia. Semua yang aku butuhkan dan inginkan ada dalam dirinya. Kami benar-benar saling menyayangi dan siap untuk melanjutkan hubungan ke jenjang lebih serius sampai suatu hari ini semua terjadi.”

“Waktu itu orang tua saya cuma bilang kalau saya sudah dewasa dan saya bisa memilih mana yang baik dan buruk,” kenang Novita.

“Sempat gak trima sih, kenapa cuma gara-gara ini kami berpisah. Tapi saya yakin Tuhan punya rencana lain. Menurut saya semua agama itu benar dan saya tahu agama apapun pasti menginginkan seseorang untuk menjadi orang yang lebih baik. Namun ketenangan dan kenyamanan hatilah yang membuat saya bertahan.”

Disaat seperti itu, Novita kembali harus menghadapi kenyataan. Sang ayah yang selama ini sudah mendukungnya, rela mengantar Novita saat ke sekolah ataupun bekerja, dan selalu menyayanginya, harus dipanggil.

“Bapak sakit stroke. Gak lama cuma sebulan dan ternyata langsung dipanggil. Benar-benar saat terbawah dan terburuk dalam hidup saya. Ditambah lagi saya harus merelakan kuliah saya untuk lebih molor lagi,” cerita Novita sambil menerawang.

Ketiga kejadian buruk itu menimpa Novita di satu waktu dan saat itulah Novita merasa jatuh. “Saya sampai bingung, sebenarnya saya ini siapa, kemana arah dan tujuan hidupku? Kosong sekali rasanya saat itu. Tidak ada pegangan dan tumpuan.”

Namun Novita sadar, ada seorang ibu yang harus dia banggakan. Novita masih memiliki ibu yang juga sangat menyayanginya seperti sang ayah. Saat itulah Novita bangkit dan bertekad untuk terus maju dan berkembang.

“Fokus saya saat ini adalah ibu. Prioritas utama saya adalah membahagiakan dan membanggakan beliau, karena saya tahu restu beliau lah yang akan membuat saya berhasil.”

Pilihan Novita pun tidak salah. Kini, setelah semua kesulitan hidup dan cobaan yang mendatanginya Novita dipertemukan dengan sosok lelaki baru. Dia merasa tidak pernah berharap bertemu dengan lelaki yang menurutnya begitu sempurna seperti sekarang ini.

“Saya benar-benar bahagia dengan kehidupan saya. Ternyata memang Tuhan telah menyiapkan semua ini untuk saya,” ungkap Novita penuh haru.

Galeri Foto Novita Hardiny

Di Balik Layar Matahati

Foto Novita Karya Fotografer Handal

 

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment