Saturday 10th December 2016,

Music Features

Ξ Leave a comment

10 Inovasi The Beatles Merubah Musik Dunia

posted by Akmal Fahmi
10 Inovasi The Beatles Merubah Musik Dunia

Banyak yang bilang, dijaman sekarang kalau tidak berinovasi maka akan kalah. Ternyata ungkapan itu sudah dipakai bertahun-tahun lalu tepatnya jaman The Beatles. Ya, siapa yang tidak setuju bahwa merubah pandangan musik dunia saat itu. Banyak band-band besar sekarang yang terinspirasi dari The Beatles. The Beatles menjadi kiblat musik pop ternyata bukan hanya karena musiknya yang enak didengar, melainkan mereka melakukan inovasi di bidang musik. Berikut adalah inovasi The Beatles yang digunakan dalam merubah musik dunia:

FM Radio Amerika

Pada tahun 1968, untuk mendengarkan musik, radio Amerika di jaman itu menggunakan AM dan untuk berbicara menggunakan FM, dan kebanyakan musik yang diputar di stasiun AM ini sekitar 3 menit setiiap musiknya. Saat The Beatles merilis lagu Hey Jude yang mempunyai durasi 7,5 menit, bagaimana jadinya bila stasiun Am harus memotongnya menjadi 3 menit. Radio KSAN-FM di San Francisco menjadi radio stasiun FM pertama yang memutar musik di saluran FM. Hey Jude adalah lagu pertama yang diputar di saluran FM. Ide hebat ini dengan cepat menyebar ke seluruh Amerika dan hingga sekarang, paradigma musik dan radio berubah, saluran musik di stasiun FM dan berbicara di stasiun AM.

Berhenti Melakukan Tur

Tipe kontrak rekaman industri musik standar pada tahun 1960an adalah mewajibkan band rekaman dan merilisnya paling tidak 1 album per tahun. The Beatles melakukan rakaman dan merilis 2 album sekaligus dalam 1 tahun. Tidak hanya itu, aspek lainnya dari kontrak standar rekaman adalah band melakukan konser untuk mempromosikan album atau single mereka. Pada tahun 1966, The Beattles melakukan konser terakhir mereka di Candlestick Park, San Francisco. The Beatles melakukan konser terakhir mereka setelah 6 tahun melakukan konser tur. Keputusan dari The Beatles adalah berhenti melakukan tur dan beristirahat. The Beatles tetap bernyanyi hanya tidak berkeliling tempat, hanya melakukan konser-konser kecil dan pada tahun 1969, The Beatles melakukan konser semi-privat di atap studio mereka di London.

Lirik Di Cover Album

Album pop pertama yang mencetak liriknya di cover album adalah album The Beatles tahun 1967, Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band. Dan segera setelah rilisnya album itu, lirik di cover menjadi standar untuk band-band lainnya.

Teknik Studio

The Beatles adalah pioner dari teknologi Artificial Double Tracking (ADT), back masking, tuned feedback, spliced audio loops, distorsi, equalization, efek stereo, multi-tracking (overdubbing), compression, phase shifting, dan inovasi microphoning. Ok, bukan The Beatles yang menemukan semua  teknik studio tersebut. Tapi merekalah yang memperkenalkan teknik tersebut ke seluruh dunia.

Sukses Di Tangga Lagu

Banyak aliran musik yang berbeda, tapi mereka selalu berganti tiap minggunya di tangga lagu, tapi berbeda dengan The Beatles. The Beatles merupakan fenomena global, dimana pada tanggal 21 Maret menempati posisi #1, #2, dan #3 di Billboard’s Hot 100 (sengan total dari 100 lagu yang ada, The Beatles menempati 7 posisi). Pada 28 Maret, mereka menempati posisi #1, #2, #3, dan #4 (total ada 10 lagu dari 100 lagu yang ada) di Billboard Hot 100. Pada 4 April, mereka menempati posisi #1, #2, #3, #4, dan #5 (total ada 12 lagu dari 100 lagu) di Billboard Hot 100. Pada 11 April, mereka menambah 2 lagu lagi di Billboard Hot 100 (total ada 14 lagu dari 100 lagu). Di waktu yang sama, The Beatles juga masuk daftar Top Ten album dan single di Inggris Raya, Kanada, dan Australia.

Siaran TV Langsung Secara Global

Walaupun The Beatles tidak menemukan TV satelit, The Beatles adalah band pertama yang melakukan aksi panggung langsung TV satelit secara global pada 1967. Program TV itu berjudul Our World, dan dihadiri oleh para artis dan penduduk dari 19 negara bagian yang berbeda. Menggunakan 4 satelit yang berbeda, memungkinkan melakukan siaran global dan memungkinkan seluruh dunia melihat acara TV ini. The Beatles melakukan aksi live di atas panggung dengan menyanyikan All You Need Is Love,

Label Rekaman Sendiri

Pada tahun 1966, kontrak The Beatles dengan EMI Records berakhir, dan diperbarui setahun setelahnya dengan jangka 9 tahun. Pada tahun berikutnya, yaitu 1969, the Beatles memutuskan membangun perusahaan rekamannya sendiri yang diberi nama Apple Records, dan pihak EMI tidak mau melepaskan mereka. Akhirnnya terjadi perundingan antara subsider Amerika EMI, Capitol Records, dan Apple. Hasilnya, terjadi kerja sama diantara mereka bertiga dan efeknya, label Apple memiliki 2 manajer, Allen Klein dari EMI dan Lee Eastman dari Apple.

Melakukan Konser Di Stadion

Bisa dibilang The Beatles adalah band pertama yang melakukan konser di stadion. Hal ini karena akumulasi penggemar sejak mereka melakukan konser pada tahun 1963, 1964, dan 1965, di auditorium, teater, dan amphiteater dengan jumlah penonton hanya 1000-10.000. Saat manajer Brian Epstein mengontrak The Beatles untuuk melakukan konser di Shea Stadium, New York pada tahun 1965, semua tiket terjual habis dengan harga $4.50 dan $5.75, and lebih dari 55.000 penonton bersorak di seluruh Shea Stadium dan lagi, ini adalah konser pertama yang dilakukan di stadion. Sayangnya The Beatles hanya bermain 30 menit saja.

Konsep Album

The Beatles juga pernah mengalami krisis ide, dimana tidak ada lagu baru untuk album mereka. Satu satunya yang bisa membangkitkan mereka adalah dari perusahaan rekaman. Mengantisipasi krisis ide lagu ini, perusahaan rekaman merubah sudut pandang dengan memfokuskan pada video klipnya. Dengan produser George Martin, the Beatles merilis konsep album pertama mereka, Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band. Ide dibalik Sgt. Pepper adalah The Beatles bermain sebagai anggota band lain yang melakukan konser di taman, dan semua lagu dalam album tersebut memiliki video klip yang saling terhubung.

Video Musik

Walaupun sebelumnya sudah ada artis jazz yang membuat film musik pendek penampilannya, dan Elvis membuat lagunya sebagai bagian dari film, the Beatles adalah pioner dalam memadukan keduanya dan dikenal sebagai video musik, sebuah film pendek yang menampilkan musik mereka, tetapi bukan dari penampilan langsung mereka. Idenya datang dari mengambil celah membuat video musik di tengah jadwal mereka yang sangat padat. Musik video pertama The Beatles adalah Paperback Writer/Rain pada tahun 1966.

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment