Friday 09th December 2016,

Music Features

Ξ Leave a comment

10 Lagu Populer Jiplakan Lagu Lain

posted by Akmal Fahmi
10 Lagu Populer Jiplakan Lagu Lain

Saat anda mendengarkan sebuah lagu apa anda pernah merasa pernah mendengarkan nada lagu yang sama di lagu yang berbeda? Karena bisa jadi lagu yang anda dengar memang mempunyai nada yang sama dengan lagu sebellumnya, entah dengan kerja sama atau menjiplak. Berikut adalah 10 lagu populer dengan nada yang sama dengan lagu lain:

Are You Gonna Be My Girl

Saat Jet merilis Are You Gonna Be My Girl, banyak orang yang yakin Jet akan menjadi the next Green Day. Lagu rock yang dinyanyikan terlihat sempurna. Tapi tunggu dulu, bila anda mendengar lagu Iggy Pop yang berjudul Lust for Life maka akan terdengar persamaan musiknya. Sebenarnya tidak pada lagu itu saja, beberapa lagu juga terdengar mirip seperti Jet, entah siapa menjiplak siapa, salah satunya You Can’t Hurry Love dari Supremes.

Girlfriend

Girlfriend dan Complicated dari Avril Lavigne menggebrak dunia pop rock. Tapi apakah anda tahu bahwa lagu yang masih hits bahkan hingga 10 tahun ini adalah hasil jiplakan. Lagu Girlfriend yang pernah menduduki peringkat pertama chart ini isi liriknya banyak yang mirip lagu Rubinoos, I Wanna Be Your Boyfriend. Lavigne saat itu tetap mempertahankan lagunya hingga dibawa ke meja hijau. Pihak Avril mengutarakan tidak ada plagiatrism disini dan tidak ada titik temu di pengadilan. Pihak pengadilan minta kasus ini diselesaikan di luar.

Don’t Matter

Don’t Matter adalah lagu pertama Akon yang langsung hits di Amerika, Australia, Kanada, Islandia, dan Selandia Baru. Lagu ini juga pernah masuk daftar Top 100 Songs 2007 Rolling Stone. Sekedar informasi, lagu ini mempunyai nada yang sama dari pemenang Grammy Award, Foo Fighter, Pretender. Tidak hanya itu, Lagu Don’t Matter juga mirip dengan lagu Ignition dari R. Kelly yang mendominasi Eropa dan Australia satu tahun sebelum Akon muncul. Di sisi lain, Akon juga pernah mencuri lirik dari lagu Bob Marley, Zimbabwe yang membuat para fans Bob Marley marah.

Surfin’ USA

Kembali ke tahun 60-an, siapa pada jaman itu yang tidak mengenal Beach Boys? merekalah yang membangkitkan spirit Amerika pasca perang. Para wanita sangat mengaguminya dan bisa dibandingkan sekarang kira-kira seperti para fans Justin Beiber. Berbicara tentang Justin Beiber, apakah anda tahu bahwa Beiber pernah menjiplak lagu Beach Boys. Cukup masuk akal karena Beach Boys menjadi band paling berpengaruh 50 tahun lalu.

Pada dasarnya, Chuck Berry menjadi gusar saat mendengar lagu Surfin’ USA di radio yang mempunyai banyak kesamaan dengan lagunya, Sweet Little Sixteen. Berry membawa kasus ini ke pengadilan dan memenangkan kasus ini. Alhasil Berry mendapat royalti dari lagu ini. Tidak berhenti sampai situ, lirik dari lagu ini diambil dari lagu lain berjudul Kissin’ Time dari Bobby Rydell. Hal ini tidak melanggar hukum karena Rydell sifatnya meminjam dengan ijin.

Don’t Stop The Music / Wanna Be Stratin’ Somethin’

Persamaan antara Rihanna dan Michael Jackson terlihat dari lagu Don’t Stop The Music dan Wanna be Startin’ Somethin’, khususnya pada bagian“Mamma see mama saw mama koosa” yang sebenarnya itu lirik dari Manu Dibangu. Dibangu merilis lagunya sendiri yang berjudul Soul Makoosa pada tahun 1972 yang diklaim menjadi inspirasi Michael Jackson untuk membuat Wanna be Startin’ Somethin’ pada tahun 1983. Kesalahan bukan terletak pada Michel Jackson, karena Michael melakukannya dengan legal, melainkan pada Rihanna dimana Dibangu tidak mendapat royalti dari hak ciptanya sendiri.

Vogue

Vogue adalah salah satu lagu Madonna, dimana dia memperkenalkan lagu ini di club New York, Sound Factory. Lagu ini dibuat Madonna sendiri tanpa bantuan orang lain. Setidaknya itu cerita yang beredar. Nyatanya, Madonna dikabarkan mencuri lagu ini hingga konsepnya dari lagu Deep in Vogue dari Malcolm McLaren The Sex Pistols. Mal merilis lagu ini pada tahun 1989 dan Madonna merilis lagu Vogue pada tahun 1990. Lagu Madonna rilis 1 tahun setelah lagu Mal rilis duluan. Sayangnya, Malcolm McLaren tidak mendapat apa-apa dari kontroversi ini.

Come Together

Come Together adalah salah satu lagu dari tahun 70an yang masih enak didengar hingga sekarang. Beat dari lagu The Beatles ini sangat murni dan telah dinyannyikan ulang secara legal oleh Aerosmith. Uniknya, lagu ini dicuri oelh lagu yang mereka nyanyikan sendiri. Pada tahun 1973, The Beatles bergabung dengan Big Seven Music Corp dan menyanyikan lagu yang dibuat oleh which Chuck Berry, You Can’t Catch Me. Mereka mengklaim beat lagu itu berasal dari Come Together hanya temponya lebih lambat. Juga terjadi kesamaan judul antara lagu John Lennon, Here come ol’ flattop, he come groovin’ up slowly dengan lagu Berry, Here come a flattop, he was movin’ up with me. Lagi-lagi kasus ini dibawa ke pangadilan dan pada akhirnya Lennon menang.

Lagu Tema Gladiator

90% lagu tema untuk film-film modern seperti The Dark Knight atau Pirates of the Caribbean diciptakan oleh Hans Zimmer. Hans Zimmer sangat terkenal di dunia entertainment dan salah satu lagu tema yang ia kerjakan adalah film Gladiator, khususnya lagu The Battle yang menjadi masterpiece dan menjadi nominasi piala Oscar. Saat Holst Foundation mendengar lagu ini, mereka beranggapan lagu ini mirip lagu karya Gustav Holst, Mars, Bringer of War dan menuntut Hans Zimmer atas pelanggaran hak cipta. Zimmer tentu saja menolak tuduhan itu.

Hips Don’t Lie

Lagu dari Shakira ini dirilis bersamaan dengan Wyclef Jean untuk tujuan amal. Lagunya juga menempati posisi puncak chart dan diputar di seluruh radio Amerika. Di Amerika Selatan ternyata ada juga lagu yang sama, berjudul Amores Como el Nuestro dari Jerry Riviera.  Jerry mengklaim Shakira mencuri karyanya. Karena pengakuan Jerry itu, Shakira tidak hadir dalam Academy of Arts and Sciences Awards Spanyol. Pihak Shakira menyangkal kasus plagiarism itu. Kasus belum selesai, beberapa minggu setelahnya, penyanyi Spanyol, Luis Dias mengklaim telah Shakira telah mencuri refain dari salah satu lagunya. Dan lagi, Shakira lagi-lagi dituduh mencuri lirik dari salah satu lagu Fernando Villalona. Tidak ada dari mereka yang memnta royalti.

Lagu Tema The Ghostbuster

Sedikit yang tahu bahwa lagu tema Ghostbuster karya Ray Parker ini menjiplak dari karya orang lain. Dia adalah Huey Lewis dan News, band Amerika yang populer tahun 80an. Apa yang terjadi adalah produser film Ghostbusters mendekati Huey Lewis untuk membuat tema mereka. Dia dengan sopan menolak karena ia sudah terikat kontrak dengan Back To The Future. Sebaliknya, pekerjaan itu ditawarkan kepada Ray Parker Jr, dan menerimanya tanpa ragu-ragu. Kedua tema film itu menjadi populer dengan segera.

Sayangnya untuk Ray, Huey Lewis kebetulan mendengar lagu tema Ghostbuster. Dengan segera Lewis minta pengacara dan menggugat Parker, dan mengklaim bahwa lagu tema Ghostbuster mirip dengan lagu Lewis yang berjudul I Want A New Drug terutama pada bagian riff gitar. Ray Parker Jr terpaksa menyelesaikannya di luar pengadilan.

 

 

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment