Saturday 03rd December 2016,

Music Features

Ξ 1 comment

Fakta Mengerikan di Balik Teknik Backmasking

posted by Utario Esna Putra
Fakta Mengerikan di Balik Teknik Backmasking

Baca dulu: Reverse Tape Effect: Membolak-Balik Suara

Masih tentang membolak-balik suara. Pada artikel sebelumnya saya sudah memaparkan awal mula dan siapa yang mempopulerkannya. Anda kira itu sudah semua? Ternyata catatan mengenai praktik di lapangan begitu mengerikan. Acap kali backmasking digunakan untuk penyebaran pesan rahasia, sampai pemujaan setan!

http://www.likecool.com/Gear/MediaPlayer/Nagra%20IV-S%20Professional%20Tape%20Recorder/Nagra-IV-S-Professional-Tape-Recorder.jpg

Siapa sangka di balik musik yang kita dengar ternyata mengandung pesan rahasia di dalamnya

Tangga ke Surga atau Neraka?

Pada tahun 1982 sebuah tayangan program dari Trinity Broadcasting Network mengulas fakta menggemparkan. Acara yang dipandu Paul Crouch ini mengungkap bahwa banyak pesan rahasia yang terkandung dalam musik rock. Pesan-pesan tersebut menyatu dalam musik dengan teknik backward masking. Salah satu contoh yang diangkat saat itu adalah single Led Zeppelin berjudul “Stairway to Heaven”.

Judulnya sih tangga ke surga, tapi ketika diputar terbalik isinya malah ajakan untuk ke neraka. Coba simak salah satu lirik di tengah lagu ini.

If there’s a bustle in your hedgerow, don’t be alarmed now…

Ketika diputar terbalik yang terdengar menjadi:

Here’s to my sweet Satan. I sing because I live with Satan.

Penasaran bagaimana lagunya. Coba simak lagu aslinya di bawah ini. Sedangkan versi terbaliknya ada di bawahnya lagi.

Tak lama setelah acara televisi tersebut, seorang anggota DPR dari California bernama Phil Wyman mengajukan rancangan peraturan daerah yang mewajibkan adanya label peringatan. Label tersebut berisi peringatan bahwa di dalam meteri kaset mengandung pesan backward masking. Hal ini ditindaklanjuti oleh Consumer Protection and Toxic Materials Committee dari DPR California. Mereka mengadakan uji dengar pada lagu-lagu populer yang terindikasi mengandung backmasking, salah satunya “Stairway to Heaven”. Dalamsesi tersebut seorang pakar peneliti ilmu syaraf, William Yarroll mengklaim bahwa backmasking dapat dimengerti otak manusia.

Setan juga Suka Musik

Klaim yang menarik dari William Yarroll. Klaim tersebut diutarakan pada tahun 1982. Namun tahukah Anda pada tahun 1913 Aleister Crowley menyarankan pada bukunya bahwa seorang yang tertarik dengan ilmu hitam harus bisa berpikir dan berkata secara terbalik. Bagi Anda yang belum tahu siapa itu Aleister, dia adalah salah satu tokohSatanism.

Ngomong-ngomong enam puluh tahun kemudian gitaris Led Zeppelin, Jimmy Page pindah ke rumah yang sebelumnya milik Aleister Crowley. Kebetulan?

Nampaknya tidak salah kalau sampai dari anggota DPR sampai pemuka agama mengait-ngaitkan backmasking dengan satanism. Karena fakta sejarah dan yang di lapangan sangat mendukung teori tersebut.

 

 

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment