Thursday 08th December 2016,

Music Features

Ξ Leave a comment

Kira-Kira Apa yang Akan Terjadi pada K-Pop di Tahun 2013?

posted by Aisyah Nawangsari
Kira-Kira Apa yang Akan Terjadi pada K-Pop di Tahun 2013?

Tahun 2013 baru saja dimulai. Pada tahun 2012, K-pop mengalami masa kejayaan terutama setelah Gangnam Style berhasil membuat seluruh dunia menjadi demam. Tidak hanya keberhasilna, berbagai masalah pun muncul di tahun 2012. Lalu apa yang kira-kira akan menjadi kehebohan di tahun 2013? Berikut ini adalah prediksi yang dilakukan oleh allkpop berdasarkan berbagai peristiwa yang terjadi sebelumnya.

U-Kiss akan menang di Music Show

Sudah dua tahun U-Kiss merajalela dia dunia K-Pop, namun belum sekali pun mereka menang di sebuah music show. Mereka sudah mencoba berbagai macam musik yang sekiranya bisa menarik keberhasilan, namun ternyata usaha mereka belum berhasil. Tampaknya tahun ini mereka akan melalukan sebuah terobosan yang bisa membuat mereka lebih dikenal banyak orang dan menang di music show.

Beberapa grup berpotensi bubar

Sudah lama tidak ada grup yang bubar, yang ada malah banyaknya grup baru yang debut. Di tahun 2012 ini ada grup-grup yang bermasalah yang mengundang banyak kebencian dan petisi pembubaran. Grup tersebut adalah T-ara dan Block B.

T-ara

T-ara memiliki banyak rencana di tahun 2012, seperti penambahan member. Namun karena suatu kecerobohan yang mereka lakukan dan pengeluaran Hwayoung dari grup membuat banyak orang kehilangan respect mereka terhadap pelantun Roly Poly ini. Pengeluaran Hwayoung dikait-kaitkan dengan adanya pembullyan di dalam grup. Masuknya member baru, Ahreum dan Dani juga tidak membuat kondisi T-ara menjadi lebih baik. Belum lagi cara Core Content Media (manajemen T-ara) dalam mengatasi kasus sangatlah buruk. Jika saja CCM melihat artis lain di bawah naungannya (seperti Co-Ed atau Davichi) lebih berpotensi, kemungkinan mereka tidak perlu repot-repot memperbaiki T-ara dan membubarkannya.

Sedangkan untuk Block B, mereka tampaknya akan bubar mengingat mereka tidak pernah dibayar oleh Stardom Entertainment (manajemen mereka) sejak April 2011! Mereka sudah mengajukan gugatan terhadap Stardom Entertainment. Kemungkinan mereka akan bubar atau tetap menjadi Block B dengan berlindung di bawah manajemen lain.

Block B

Lebih banyak sub-unit dan solo

Sebelum ini sudah banyak bermunculan sub-unit dan debut solo seperti Orange Caramel, SNSD TTS, Hyuna, Super Junior KRY, dan lain-lain. Tampaknya aktivitas tersebut akan menjadi trend di tahun ini. Awal tahun saja, sudah banyak yang melakukan aktivitas sub-unit seperti Infinite H dan 2Yoon. Keluarnya Sunye dari Wonder Girls karena pernikahan yang baru saja ia lakukan membuat member Wonder Girls akan fokus di kegiatan solo.

Akan lebih banyak live music daripada MR

Selama ini para artis Korea selalu menggunakan MR (music recorded) ketika mereka tampil di atas panggung. Ini wajar mengingat kebanyakan mereka adalah penyanyi sekaligus penari. Namun bagaimana dengan band yang menggunakan instrumen seperti CN Blue? Jika menggunakan MR mereka tidak bisa benar-benar menunjukkan kemampuan mereka dan hanya melakukan hand-sync. Jonghyun SHINee juga pernah mengatakan bahwa MR merupakan ‘dead music’ dan dia lebih menyukai live band.

Beberapa artis akan mengikuti wajib militer

Banyak artis pria yang lahir di sekitar tahun 1984-1986 yang berarti tahun ini adalah saatnya mereka mengikuti wajib militer. Beberapa artis yang memiliki kemungkinan untuk mengikuti wajib militer adalah seluruh personil JYJ, Yunho TVXQ, Yesung dan Shindong Super Junior, serta personil Block B. Jaejoong JYJ sempat beberapa kali menunda masuk ke militer, kemungkinan tahun ini dia akan mendaftar. Yunho kemungkinan akan masuk militer tahun ini atau tahun depan. Yesung dan Shindong Super Junior tampaknya tidak punya banyak pilihan, mereka sudah cukup umur untuk masuk militer, jika tidak tahun ini, kemungkinan awal tahun depan. Sedangkan Block B yang sedang didera masalah tampaknya memilih vakum dari kegiatan entertainment dan masuk militer.

Image baru Amber F(x)

Selama ini Amber terkenal dengan image-nya yang tomboy. Beberapa waktu lalu ia mengupload gambar dirinya memakai topi dan rambut palsu. Dia mengatakan bahwa member Miss A melakukan makeover terhadapnya. Victoria, leader F(x) mengatakan di weibo bahwa Amber saat ini sedang mencoba memanjangkan rambutnya untuk mengubah image. Image yang ia tampilkan belum tentu image yang girly, kita lihat saja nanti!

Banyak bintang baru yang akan bersinar

Bintang baru di sini bukan berarti baru debut, namun bintang yang sudah debut beberapa tahun lalu namun mendapatkan banyak perhatian di tahun ini. Siwan ZE:A dan Sistar adalah bintang yang mendapatkan perhatian tersebut di tahun 2012. Kemungkinan artis yang akan bersinar di tahun ini adalah B1A4 dan Jeongmin Boyfriend.

Banyak perusahaan yang semakin kuat

Selama ini ada tiga perusahaan entertainment yang paling disegani di Korea yaitu SM Entertainmet (Super Junior, Girls’ Generation, BoA, TVXQ), JYP Entertainment (2PM, Wonder Girls, Miss A), dan YG Entertainment (Big Bang, 2NE1, Psy). Namun di tahun ini, akan banyak perusahaan yang memiliki kekuatan yang setara dengan tiga perusahaan tersebut. Allkpop memprediksi akan ada dua perusahaan yang menjadi kuat yaitu Cube Entertainment (4Minute, B2ST, G.Na, A Pink) dan Pledis Entertainment (After School, Son Dam Bi, Kahi).

MOGEF akan kembali melancarkan serangan

MOGEF (Ministry of Gender Equality and Family) atau Kementrian Kesetaraan Gender dan Keluarga di Korea adalah musuh besar industri musik. Mereka membatasi karya-karya yang sekiranya buruk untuk rakyat Korea terutama anak-anak. Biasanya mereka mencekal karya-karya yang melibatkan cross dressing (atau masalah gender lain), kekerasan dan seks. Beberapa karya sudah terkena cekal di tahun lalu dan tidak menutup kemungkinan tahun ini MOGEF juga akan mencekal beberapa lagu dan MV.

Trend 2013

Akan banyak trend baru di tahun 2013. Dibuka dengan trend yang dibawa oleh Girls’ Generation di awal tahun. Tampaknya lagu dengan twist yang tidak terduga akan bermunculan di tahun ini. Akan ada banyak pula trend homoseksual, mengingat para fans sangat menyukai hal ini dan banyaknya isu-isu homoseksual yang diangkat di tahun kemarin.

Tahun 2012, banyak artis yang mengakui jika mereka sedang berpacaran, dan tampaknya trend tersebut masih berlanjut hingga tahun ini.

 

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment