Sunday 11th December 2016,

Music Features

Ξ Leave a comment

Saya Bosan Main Drum!

posted by Utario Esna Putra
Saya Bosan Main Drum!

Ya benar. Suatu waktu saya melihat satu set peralatan band di sebuah studio. Hari itu seharusnya saya nge-band buat senang-senang saja. Tapi entah mengapa rasanya begitu absurd memainkan instrumen yang sama. Kenapa tidak mencoba sesuatu yang baru? Keluar dari pakem, keluar dari kebiasaan.

Setelah googling ke sana ke mari akhirnya saya menemukan jawaban. Bila inti dari bermusik adalah menyalurkan kreatifitas, maka kreatifitaslah yang menggerakkan kita. Bukan instrumennya.

Saya tidak pelit. Jadinya di sini saya akan mempersembahkan instrumen musik yang out of the box!

Pakek Ember

Seperti apa drum yang Anda tahu? Seperti inikah?

http://img.swapz.co.uk/swapz/2012-02/big/4f44e7e05c42b_1.jpg

Terakhir saya lihat di toko alat musik harganya jutaan. Bagaimana kalau Anda hanya punya beberapa ratus ribu, tapi tetap ngebet main drum? Street Drum solusinya.

Tidak ada patokan yang jelas tentang Street Drum. Ini adalah barang-barang yang biasa kita temui di jalanan, apalagi Jalan Gembong atau Jalan Dupak. Karena Street Drum terdiri dari barang-barang apapun ynag enak dipukul. Coba pakai ember dan panci di rumah dan lembaran seng untuk pengganti simbal. Jadilah Anda siap memainkan Street Drum.

Lebih baik daripada sekedar kotekan kan? Lihat juga bagaimana Street Drum duet dengan Drum konvensional.

Modal Nyangkem

Konon Skrillex menciptakan musik dubstepnya dengan Mac. Sekarang saksikan video di bawah ini, masihkah Anda percaya dia menciptakannya dengan Mac?

Masih seputar musik mulut, mungkin karena begitu bokek-nya, beberapa orang main gitar, drum, atau alat musik lainnya hanya dengan mulut. Jangan ditanya bagaimana baunya. Yang penting suaranya bukan?

Dan hey! Masih ingat Michael Winslow (lihat artikelnya di sini)? Beberapa waktu lalu saya sempat menurunkan artikel tentangnya. Barangkali inilah contoh paling luar biasa bagaimana mulut digunakan untuk instrumen musik.

UFO

Awalnya saya tidak tahu alat musik apakah ini. Bagi saya malah mirip UFO. Jadi sekarang orang main musik dengan UFO? Kiamat memang makin dekat……

Setelah mencari tahu ke sana ke mari (nampaknya kata-kata saya ini akan jadi klise), baru saya tahu bahwa alat musik UFO itu punya nama. Hang Drum.

Gergaji

Berita gembira bagi mahasiswa teknik dan kuli bangunan! Ternyata gergaji bisa jadi alat musik. Sebenarnya ini agak kurang revolusioner. Seorang pedangdut di Indonesia telah menemukan goyang gergaji.

Kaisatsuko

Dari namanya Anda pasti tahu bahwa alt musik ini diciptakan di Arab. Bukan! Melainkan di Jepang. Kaisatsuko diciptakan oleh Yuichi Onoue. Bila biasanya dawai biola digesek untuk menghasilkan bunyi, di sini roda nilon diengkol. Putaran nilon ini yangg menghasilkan suara. Ada-ada saja kelakuan orang Jepang.

[divider]

Ada banyak lagi instrumen musik yang aneh-aneh. Jangan kuatir kunjungi selalu Kusukasuka, website kesukaan kita semua.

 

 

 

 

 

 

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment