Wednesday 07th December 2016,

Music News

Ξ Leave a comment

Apakah SHINee Melakukan Plagiat untuk Lagu “Dream Girl?”

posted by Aisyah Nawangsari
Apakah SHINee Melakukan Plagiat untuk Lagu “Dream Girl?”

Baru-baru ini boyband Korea, SHINee dituduh melakukan plagiat untuk lagu baru mereka yang bertajuk “Dream Girl”. Lagu tersebut dituduh mirip dengan lagu penyanyi Meksiko Luis Miguel yang berjudul “Vuelve”.

Vuelve

Dream Girl

Menanggapi hal tersebut, SM Entertainment selaku managemen yang membawahi SHINee, serta Shin Hyuk, produser dari “Dream Girl” telah memberikan statement mereka masing-masing.

SM Entertainment mengatakan pada situs berita Osen, “Kamu tahu bahwa (tuduhan penjiplakan tersebut) berasal dari netizens. Kami rasa mereka tidak tahu apa itu plagiarisme. Kalian dapat mengatakan lagu tersebut serupa, namun tidak benar bahwa lagu tersebut sama.”

Seorang komposer pun membenarkan dengan mengatakan Osen, “Untuk lagu bisa dianggap menjiplak dari segi hukum, empat bar harus benar-benar sama. Jika membandingkan kedua lagu tersebut, kalian tidak bisa mengatakan itu (adalah plagiat).”

Belum puas dengan penjelasan tersebut, produser Shin Hyuk turun tangan langsung untuk memberikan statement di twitter-nya sambil meng-upload video yang menunjukkan bahwa not lagu-lagu tersebut sama sekali berbeda.

Di video tersebut ia mengakatan, “Ketika aku mendengar lagu Luis Miguel ‘Vuelve’, aku terkejut. Aku mengerti mengapa beberapa orang berpikir seperti itu.”

Kemudian ia menunjukkan bagaimana lagu tersebut diciptakan dan menjelaskan setiap not dengan sangat detail untuk menunujukkan mengapa dua lagu tersebut sangat berbeda. Ia juga menunjukkan kunci-kunci mayor dan minor serta not dalam transisi.

Bagaimana menurut anda, apakah keduanya sama atau berbeda?

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment