Wednesday 07th December 2016,

Music Features

Ξ Leave a comment

Girlband Indonesia, Siapa yang Terbaik?

posted by Tyas Istiqomah
Girlband Indonesia, Siapa yang Terbaik?

Fenomena boyband dan girlband di Indonesia kini semakin semarak. Hal ini dikarenakan menjamurnya K-Pop yang banyak diisi oleh boyband dan girlband yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Setelah hadirnya Sm*ash dan 7 Icons, blantika musik Indonesia dibanjiri boyband dan girlband yang mencoba peruntungan. Munculnya fenomena ini terkadang tidak diikuti dengan kualitas, saya akui itu. Banyak dari mereka hanya bermodal wajah dan pandai menari, namun tidak diikuti dengan kualitas vokal yang baik. Namun mereka yang memang memiliki kualitas lengkap terbukti dapat terus eksis dan memiliki banyak penggemar. Kali ini saya menyimpulkan tiga nama yang layak masuk deretan girlband papan atas Indonesia. Mereka adalah 7 Icons, Cherrybelle, dan Princess. Tentu tidak mudah bagi mereka untuk bisa sampai seperti sekarang, mari kita simak kisah seru perjalanan mereka.

  • 7 Icons

Sesuai dengan namanya, mereka terdiri dari tujuh anggota yang berwajah cantik. Arti nama Icons yang mereka gunakan sudah jelas, yaitu mereka ingin menjadi icon yang dilihat oleh masyarakat. Diakui atau tidak munculnya ketujuh cewek cantik inilah yang menjadi awal membanjirnya girlband-girlband baru Indonesia.

7 Icons resmi dibentuk pada 28 Oktober 2010. Sebelumnya mereka memang sudah menjadi teman dan saling mengenal satu sama lain. Selanjutnya Atee, salah satu personelnya mengusulkan ide girlband tersebut. Setelah berunding dan mempertimbangkan segala hal akhirnya dimulailah perjalanan girlband yang terdiri dari Meistika Senichaksana (Mezty), Vani Lauw (Vanilla), Linda Novia Margaretha (Linzy), Grace Frashin Wohangara (GC), Angela Tee (Atee), Natalia Sashanti (Natly), dan Putri Jesica Andhesta (PJ) ini.

Perjalanan awal mereka dimulai ketika mereka sepakat untuk tinggal dalam satu rumah. Beberapa personelnya seperti Atee, PJ, Natly, dan Vanilla yang semula berdomisili di Surabaya mau tidak mau harus hijrah ke Jakarta. Begitu pula dengan Mezty yang berasal dari Bandung dan harus hijrah ke Jakarta. Dua anggota lainnya, GC dan Linzy sejak awal memang sudah di Jakarta. Tidak hanya berasal dari kota berbeda, profesi mereka juga berbeda. Vanilla sebelumnya adalah model. Atee, PJ, dan Natly adalah mahasiswa jurusan desainer di Surabaya. Mezty adalah seorang DJ, Linzy adalah mahasiswa yang bertempat di Bandung, dan GC adalah seorang guru TK.

Saat itu mereka belum mendapat label yang menaungi, namun hal ini bukan menjadi kendala bagi 7 Icons. Mereka harus merogoh kocek sendiri untuk mendatangkan pelatih vokal dan dance. Tidak ingin merepotkan orang tua, Metzy pun merelakan mobilnya untuk dijual. Mencari label pun tak semudah bayangan, karena tercatat mereka pernah beberapa kali ditolak. Setelah perjuangan mencari label tersebut, Keci Music kini menjadi label naungan mereka.

Perjuangan belum usai. Saat berada pada keadaan sulit, mereka rela bepergian naik angkot dan makan dua telur untuk bertujuh. Kini mereka sudah menuai hasil. Lewat single Playboy besutan Dewiq, nama 7 Icons sering menghiasi layar kaca, ditambah lagi mereka membintangi sinetron Go Go Girls tahun lalu yang ditayangkan oleh salah satu stasiun TV swasta. Selain itu kini 7 Icons juga telah memiliki single baru berjudul Jealous.

7 Icons juga ingin menunjukkan adanya persatuan dari tujuh karakter yang berbeda-beda. Atee digambarkan sebagai sosok yang boyish, PJ sosok cute, Vanilla yang elegan, GC yang misterius, Mezty yang seksi, Linzy yang feminin, dan Natly yang natural.

  • Cherrybelle

Datang dengan jumlah yang lebih banyak dari 7 Icons, Cherrybelle muncul dengan ciri khas yang centil dan feminin. Selalu muncul dengan baju yang seragam dan berjumlah 9 orang, Cherrybelle juga memiliki perjuangan panjang untuk bisa eksis di blantika musik Indonesia.

Jika 7 Icons ingin menjadi ikon atau pusat perhatian sebagai arti nama girlband mereka, Cherrybelle ingin dilihat sebagai girlband yang manis dan imut-imut. Cherry berarti manis sedangkan belle berarti cantik. Hal ini ditunjukkan dengan penampilan 9 cewek cantik yang tergabung dalam Cherrybelle. Berbeda pula dengan 7 Icons yang harus berjuang keras mencari label, Cherrybelle yang memang terbentuk dari proses audisi sudah mendapat naungan label dengan mudah yaitu Catz Records.

Kesembilan cewek-cewek cantik Cherrybelle yang berhasil lolos audisi itu adalah Cherly Yuliana Anggraini (Cherly), Anisa Rahma (Anisa), Margareth Angelina ( Angel), Devi Noviaty (Devi), Sarwendah Tan (Wenda), Yefany F (Felly), Christy Saura Noela Unu (Christy), Jessyca Stefani Auryn (Ryn) dan Brigitta Cynthia (Gigi). Tentu tidak mudah bagi mereka untuk bisa lolos, karena mereka harus mengalahkan ratusan saingan lainnya yang juga ingin menapaki jenjang karir sebagai penyanyi di Indonesia.

Bermodal wajah cantik, usia muda yang masih energik serta sikap ceria dan centil yang selalu menjadi ciri khas Cherrybelle, membuat mereka dengan mudah mencapai puncak karir walaupun saat itu baru satu single yang mereka keluarkan, Dilema.

Cherrybelle yang resmi dibentuk pada 27 Februari 2011 itu kini sudah memiliki tiga single, yaitu Beautiful, Love is You, dan tentu saja Dilema. Perjuangan Cherrybelle belum usai, karena beberapa waktu lalu mereka memutuskan untuk mendepak dua personelnya yang dianggap sudah tidak lagi mewakili karakter Cherrybelle. Mereka adalah Wenda dan Devi. Setelah itu mereka melakukan audisi untuk menggantikan Wenda dan Devi hingga akhirnya muncullah nama Stefanie dan Kezia. Kedua orang ini dipilih lantaran dirasa sangat mewakili karakter Cherrybelle.

Kini Cherrybelle siap kembali berkarir di dunia musik dengan personel lengkap dan tentunya tetap dengan ciri khas centil yang hanya mereka punya!

  • Princess

Kali ini saya beralih pada girlband yang paling terakhir muncul, namun popularitasnya tidak kalah dengan senior mereka. Yap! Girlband bentukan Kevin Aprillio ini diberi nama Princess, yang berarti puteri.

Sama dengan Cherrybelle, Princess dibentuk melalui audisi. Kevin Aprillio memang masih baru di dunia musik tanah air, namun keberaniannya untuk menjadi produser patut diacungi jempol. Saat ini Kevin tercatat sebagai produser termuda di Indonesia dan hal ini diikuti pula dengan kesuksesannya membuat nama Princess melejit dalam sekejap. Kini Kevin telah membuat manajemen musik baru untuk karirnya sebagai produser, yaitu Aprilio Kingdom yang juga sebagai label naungan Princess.

Beranggotakan lima cewek cantik bernama Elma, Hirania, Ana, Rachel, dan Danita, Kevin mulai melakukan karantina selama dua bulan untuk mengasah kemampuan menyanyi maupun menari mereka. Karantina ini juga dimaksudkan untuk saling mengenal satu sama lain, karena berbeda dengan 7 Icons, Princess berawal bukan dari hubungan pertemanan. Namun sebelum sempat melejit, Hirania memutuskan untuk keluar dengan alasan kuliah. Selanjutnya sosok Hirania digantikan oleh Alika, keponakan mantan puteri Indonesia, Alya Rohali.

Jika ditanya bagaimana ide awal Kevin membentuk girlband, ia dengan tegas menjawab ide tersebut muncul dari After School, girlband asal Korea. Kevin mengakui, After School termasuk girlband yang tidak hanya cantik tapi juga memiliki kualitas vokal baik. Namun tidak serta merta Kevin menelan mentah-mentah ide itu, ia juga memikirkan hal lain termasuk jumlah personel Princess yang tidak sebanyak After School. Menurutnya terlalu banyak personel malah akan merusak fokus menyanyi.

Lagu pertama Princess yang membuat mereka melejit berjudul Jangan Pergi. Berlatar belakang terang, wajah kelima cewek cantik ini terlihat begitu ceria dan sangat bersemangat. Tentu saja wajah cantik mereka ini mendapat perhatian luas dari masyarakat dan ini merupakan modal utama mereka untuk terus sukses.

Selanjutnya Princess merilis lagu baru berjudul Kekasihku. Dalam lagu keduanya ini, Princess tampil beda dengan mengusung tari balet pada video klip-nya. Sebagai girlband yang baru muncul tentu mereka tidak ingin kalah bersaing di blantika musik Indonesia dan tari balet menjadi salah satu wujud inovasi yang Princess berikan. Kevin Aprilio pun berani mengklaim jika Princess adalah girlband pertama di Indonesia yang menyanyi sambil menari balet. Namun memang tak semudah itu untuk dapat menari balet dengan baik. Diantara kelima personel Princess hanya Alika yang benar-benar pandai menari balet. Keempat personel lainnya memang tak sepandai Alika, namun mereka dapat menyesuaikan dengan cepat karena sebelumnya sudah pernah belajar balet.

 

Nah bagaimana menurut anda? Siapa yang paling baik di Indonesia? Apakah 7 Icons dengan tujuh karakter berbeda yang selalu mereka tampilkan dalam setiap penampilan, atau Cherrybelle dengan karakter centil dan selalu bersikap manis manja di setiap kesempatan, ataukah Princess yang tidak hanya cantik namun memiliki kemampuan lain seperti menari balet?

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment