Wednesday 07th December 2016,

Movie Features

Ξ Leave a comment

10 Adegan Pembuka Terbaik Dalam Film

posted by Akmal Fahmi
10 Adegan Pembuka Terbaik Dalam Film

Memang bukan pekerjaa yang mudah jika haru memilih sepuluh adegan pembuka terbaik dalam film sepanjang masa. Karena bayaknya film dan makin lama industri film makin berkembang, banyak sekali fil-film yang memenuhi unsur ini. Tapi akhirnya hal itu bisa teratasi dan berikut adalah 10 adegan pembuka terbaik dalam film:

  • Enter The Void

Film karya Gaspar Noe memang menunjukkan karakter Noe. DI awal film sudah disajikan daftar orang-orang yang terlibat dalam film yang pada film lainnya berada di akhir film. Saya rasa Noe ingin menunjukkan betapa besarnya film ini dengan menunjukkan unit produksinyya dari beberapa negara. Noe mengeluarkan semua teknik andalannya dalam membuat film di film ini, seperti materi, kekerasan, gaya, visi penulisan, dan beberapa variabel lainnya. Pada awal film anda sudah ditunjukkan indahnya kota Tokyo di Jepang.

  • Blade Runners

Ridley Scott benar-benar hebat mengadapasi novel karya Philip K., Do Androids Dream of Electric Sheep ke dalam film. Gaya dan desain sangat berpengaruh dalam sebuah film apalagi bergenre sci-fi. Membawa dunia futuristik ke dalam film bukanlah hal yang mudah tetapi Scott berhasil melakukannya dengan baik. Penampakan Los Angeles versi megapolis-pun digambarkan secara apik. Pada adegan opening, anda akan disuguhkan mata, mata ini sebenarnya adalah petunjuk bagi penonton tentang ending film ini.

  • A Matter of Life and Death

Film karya Terry Gilliam ini diadaptasi dari buku karya Thomas Pynchon yang berjudul Garvity’s Rainbow. Gilliam membuatnya menjadi 4 seri mengikuti bukunya yang keluar dengan 4 seri. Film ini sangat berpengaruh pada karya-karya Pynchon setelahnya. Sakin bagusnya adegan pembuka di film ini, para fanatik Pynchon sampai berkata, “Tonton film mini, tapi beri perhatian lebih pada adegan pembukanya.”

  • Once Upon a Time in the West

Film karya Sergio Leone ini menurut saya tidak pernah bosan untuk ditonton terus menerus. Film ini tidak hanya bagus di adegan pembukanya saja, tapi dari awal sampai akhir film ini benar-benar bagus. Leone benar-benar tahu cara menyeimbangkan antara visual dan cara penceritaan, mulai dari langkah kaki, jatuhnya air, kayu yang berdecit, angin sepoi-sepoi, dll.

  • Russian Ark

Film Russian Ark karya Alexander Sokurov ini benar-benar menggunakan teknik tingkat tinggi. Setelah insiden kecelakaannya saat bepergian ke Winter Palace di St. Petersberg, Kecelakaan itu terjadi saat dia akan memulai proses syuting di Winter Palace. Dia menantang dirinya sendiri untuk membuat film tentang sejarah Rusia ratusan tahun sebelum Sokurov lahir. Sokurov mampu menyulap Winter Palace ke abad 17.

  • The Seashell & the Clergyman

Sekarang Germaine Dulac seakan sudah menghilang dari dunia perfilman. Dulac dikenal sebagai surrealis di Paris. Tentunya dia membuat film yang surrealis juga dengan judul The Seashell & the Clergyman. Adegan pembuka film ini cukup artistik, dimana lorong gelap dengan diujungnya terdapat pintu terbuka dan membiarkan cahaya terang sedikit menghiasi lorong gelap tersebut. Tata cara pengambilan kameranya pun cukup bagus.

  • Werckmeister Harmonies

Pembuat film asal Hungaria, Béla Tarr dikenal sebagai pembuat film yang brilian. Tapi Werckmeister Harmonies adalah karyanya yang terbaik. Dengan menggunakan pengambilan gambar hitam-putih dan dengan puitisnya menceritakan tentang cerita dalam film ini. Penggunaan bar tua seakan begitu pas dan bagus untuk awal film ini.

  • Apocalypse Now

Bila ada daftar adegan pembuka terbaik dalam film lainnya, maka film ini pasti ada diantaranya. Dengan pintarnya Francis Ford Coppola membuat pembuka film yang menakjubkan. Dengan panorama hutan Vietnam disertai dengan asap hasil pembakaran, selanjutnya anda tiba-tiba akan disuguhkan ledakan besar dalam hutan tersebut. membuat anda serasa ikut dalam perang tersebut.

  • There will Be Blood

Film ini menggambarkan sisi gelap Amerika dimana menyerang daerah yang berpotensi mempunyai ladang minyak yang besar. P.T. Anderson tidak perlu menyajikan banyak kata-kata untuk menggambarkan film ini.

  • The Shining

Stanley Kubrick membuat adegan pembuka dalam film ini dengan memasang kamera statis dengan lensa wide-angle di depan helikopter dan mengambil gambar panorama pegunungan dan indahnya air danau. Musik pembuka dalam film ini cukup mengerikan dan cukup untuk memberitahukan ke penonton bahwa The Shining adalah film horor.

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment