Wednesday 07th December 2016,

Movie Features

Ξ Leave a comment

5 Komik Superman Wajib Baca Sebelum Man of Steel!

posted by Hyde
5 Komik Superman Wajib Baca Sebelum Man of Steel!

Yak! Man of Steel tiga minggu lagi! Banyak orang menghitung hari kemunculan film reboot Superman ini. Buat kamu yang mungkin juga suka baca-baca komik atau manga, nggak ada salahnya untuk coba membaca komik-komik ini. Kelima komik ini adalah komik yang punya alur cerita paling dekat dengan yang digunakan dalam film Man of Steel. Uniknya lagi, meski Superman adalah jagoan paling wahid dari kubu DC Comics, banyak orang (terutama generasi masa kini) yang kurang akrab dengannya. Kebanyakan malah lebih kenal baik dengan Batman, berhubung Batman sudah punya total tujuh film di era modern. Sedangkan Superman hanya satu, yaitu Superman Returns. Lainnya tergolong era klasik. Untuk menyambung “pengetahuan” tentang Superman yang merupakan kerja sama sutradara Zack Snyder dan Christopher Nolan selaku produser, coba baca komik-komik ini… Kalau enggan membeli, bolehlah usaha mencari versi download gratisnya, hehehe.

Superman: Birthright
Banyak orang yang menggunjingkan bila komik ini adalah dasar utama Snyder dalam menyusun cerita di Man of Steel. Dirilis sebelum komik Superman: Secret Origin, komik ini menjadi peralihan dari era komik Man of Steel versi John Byrne. Inti ceritanya mengisahkan segala usaha keras Kal-El, atau si Clark Kent, dalam mempelajari segala kekuatan supernya selama di bumi. Karena sebagai seorang alien, kekuatan super ini baru disadari ketika ia hidup di bumi. Di planet asalnya, tentu kemampuannya adalah biasa-biasa saja. Superman banyak bertualang di benua Afrika. Memberikan sentuhan yang sedikit berbeda, karena sebelumnya, komik-komik lain tentu didominasi kiprah Superman di Amerika, terutama di Metropolis.

supermanbooks01

 

Earth One
Komik Earth One tergolong edisi spesial. Karena DC Comics melansir seri terbatas ini terhadap kedua jagoan paling laris mereka, Superman dan Batman. Namun mereka menggunakan latar belakang kisah atau lingkungan cerita yang berbeda total dari pakemnya. Yang menangani Earth One: Superman adalah J. Michael Straczynski. Komik ini tergolong baru, karena direncanakan dalam sebuah trilogi, baru bagian pertama dan kedua yang sudah diterbitkan oleh DC Comics. Rencananya bagian ketiga akan rilis akhir tahun ini. JMS (inisial komikusnya) menceritakan ulang kisah Superman, bahkan menyebut bila Superman pertama tiba di bumi tahun 90-an, di kota Kansas. Jadi sudut pandang JMS di komik ini memang bermaksud menuturkan versi modern atau masa kini, dari Superman. Paling pas dan mendekati film Man of Steel atau kehadiran era The New 52.

supermanbooks02

 

All Star Superman
Komik berikutnya yang juga meraih hit tinggi dan digadang-gadang sebagai salah satu sumber inspirasi di film Man of Steel adalah seri All Star Superman, karya Grant Morrison. Grant menceritakan ulang beberapa kisah klasik Superman di komik-komik lama dengan sentuhan modern. Jadi boleh disebut mengandung semacam unsur remake dari komik-komik klasik. Begitu bagusnya bahkan DC Comics memilih karya Grant diadaptasi dalam versi animasi dengan tajuk DCU Animated Film.

supermanbooks03

 

Last Son of Krypton
Beberapa tahun lalu, Geoff Johns berduet dengan Richard Donner untuk membuat sebuah seri singkat Action Comis (salah satu seri khusus milik DC Comics). Dan seri khusus ini diberi judul Last Son of Krypton. Dalam komik ini, inti cerita mengisahkan datangnya dan General Zod dari Krypton dan konflik mereka dengan Superman. Yang memang boleh saja dianggap mirip dengan cerita film klasik Superman III sewaktu Christopher Reeves masih memerankan Superman. Dan kini, cerita dan konflik yang sama digunakan pula di film Man of Steel.

supermanbooks04

 

For Tomorrow
Komik kelima adalah For Tomorrow. Seri komik ini adalah hasil kerja sama Jim Lee dengan Brian Azzarello sebagai penulis naskah. Sebenarnya bukan tergolong komik Superman paling laris dari DC Comics. Namun inti ceritanya yang paling pas dan mirip dengan Man of Steel. Dalam For Tomorrow, sudut pandang baru diambil oleh Jim Lee. Menunjukkan pada kita bagaimana seorang Superman sebenarnya juga manusia juga (meski bukan manusia bumi). Artinya, ia punya kekhawatiran, ketakutan akan kegagalan, dan rasa tidak percaya diri. Hal-hal emosional seperti inilah yang juga ditonjolkan oleh Snyder di Man of Steel. Sisi naluri manusia dari seorang Superman.

supermanbooks05

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment