Sunday 11th December 2016,

Movie Features

Ξ Leave a comment

Bertahan Hidup di Dunia Resident Evil

posted by Utario Esna Putra
Bertahan Hidup di Dunia Resident Evil

Zombie bagaikan mata air tema perfilman yang tak habis-habisnya dibahas. Selalu saja muncul film bertemakan zombie. Ajaibnya, hampir semua memiliki plot yang sama. Zombie apocalypse adalah petaka akhir jaman dimana manusia yang tersisa harus bertahan hidup sebelum punah satu per satu. Yang berbeda biasanya faktor penyebab kemunculan zombie.

Terlepas dari itu semua ada satu pertanyaan yang muncul di imajinasi terliar saya. Apa yang terjadi apabila petaka serbuan zombie benar-benar muncul suatu saat nanti? Apa yang harus kita lakukan? Sempatkah kita menyelamatkan Sasha Grey? Tentu tidak. Sekarang marilah kita telaah satu per satu aspek zombie apocalypse.

Otak

http://www.proteinpower.com/drmd_blog/wp-content/uploads/2009/01/brain-scan.jpg

Zombie pada dasarnya manusia. Bedanya, dia mengalami kerusakan pada otak sehingga kehilangan sisi kemanusiaan. Singkatnya, tidak merasa dan berpikir seperti manusia normal. Perilakunya dikendalikan nafsu untuk memenuhi kebutuhan paling dasar manusia: makan.

Secara fisik, bisa diduga bahwa kelainan pada zombie timbul karena ada bagian pada otak yang mati atau rusak. Kerusakan ini bisa mengakibatkan efek yang bermacam-macam, sehinga perilaku khusus zombie sulit ditebak.

Zombie kikuk

Pada beberapa film digambarkan zombie bergerak lambat, bahkan kesulitan untuk mengontrol pergerakan anggota tubuh. Ini terjadi apabila bagian otak yang disebut dengan cerebelum yang mengalami kerusakan. Untuk mngatasi zombie yang berjalan kiku seperti ini mudah saja, cukup berlarilah lebih kencang daripada mereka. Namun yang perlu diingat, karena jumlahnya yang banyak Anda akan merasa bahwa kejar-mengejar ini layaknya lari marathon. Jadi jangan sok sprint sambil ngece di depan zombie. Ketika memang benar-benar harus sprint, lakukan sekencang-kencangnya.

Parkinson

http://images.icanhascheezburger.com/completestore/2009/3/24/128823933439300304.jpg

Terkadang bagian yang rusak pada otak zombie adalah hipopocampus. Artinya rentang ingatan mereka sangat pendek. Mereka tidak punya rencana. Apa yang mereka kejar hanyalah yang namapak di depan mata pada saat itu. Jadi cobalah untuk bersembunyi barang 5 atau 10 menit, zombie akan lupa dengan Anda.

Kebal rasa sakit

http://sphotos-a.xx.fbcdn.net/hphotos-snc6/c98.0.403.403/p403x403/165904_409718655730474_72647327_n.jpg

Menurut pengetahuan umum, zombie tidak mengenal rasa sakit. Hal ini ditambah hilangnya fungsi akal dan penalaran mengakibatkan dirinya tidak mengenal rasa takut. Sebesar apapun kepalan tinju Anda tidak membuat mereka gentar menggigit. Bahkan ketika ada anggota tubuh seperti tangan yang patah atau bahkan putus mereka tidak akan berhenti. Jurus satu-satunya hanyalah memisahkan pusat syaraf dengan baan mereka. Iya itu berarti penggal kepala mereka.

http://www.halloween-stuff.net/SFW2102.jpg

Apakah sekedar headshot tidak cukup? Berdasarkan catatan sejarah, beberapa korban perang dari Perang Dunia 2 dan Perang Vietnam  mampu bertahan hidup setelah mengalami headshot. Tidak serta merta lubang yang menganga di otak membuatnya berhenti bekerja. Cara paling aman adalah menghancurkan otak seluruhnya atau melepasnya dari tubuh.

Apakah Anda bersenjatakan senjata api? Perhatikan kalibernya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, headshot yang diakibatkan senjata kaliber kecil semacam .22 atau 5,56 NATO belum tentu bisa melumpuhkan zombie sekali tembak. Bersiaplah melakukan double tap atau menembak lebih dari sekali. Namun kalau Anda yang beruntung menggunakan kaliber 7,62×39 mm atau seri Kalashnikov, Anda cukup menembak sekali. Meskipun ukurannya hampir sama besarnya dengan 5,56 NATO. Namun daya hancur yang ditimbulkan jauh lebih hebat.

Beberapa kerusakan yang ditimbulkan berbagai kaliber pistol

Pertanyaan terbesar: Apa yang membuat zombie mengejar kita?

Karena dengan menjawab pertanyaan ini kita bisa mencegah agar zombie tidak mengejar-ngejar kita. Apakah dari bau? Apa beda bau kita dengan zombie? Karena teman saya yang belum mandi pun baunya seperti zombie. Ini relatif sekali. Apakah lewat penampilan? Jadi akan lebih aman bila kita pura-pura menjadi zombie. Apakah hal lain yang menyangkut kekuatan supernatural? Metafisika? Jawabannya ada di luar sana.

http://theaquariusbus.com/wp-content/uploads/2011/11/metaphysics.jpg

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment