Tuesday 06th December 2016,

Movie Features

Ξ Leave a comment

Jenis-Jenis Burung Hantu di Harry Potter

posted by Aisyah Nawangsari
Jenis-Jenis Burung Hantu di Harry Potter

Walaupun serial Harry Potter telah berakhir, namun membicarakannya bukanlah hal yang membosankan! Ada saja yang bisa diungkap dari film yang mengangkat nama Daniel Radcliffe ini.

Ada beberapa benda yang awalnya tidak begitu diperhatikan namun akhirnya menjadi penting setelah munculnya Harry Potter. Salah satunya adalah burung hantu! Hewan ini berperan sebagai pengantar surat dan hampir semua penyihir memilikinya. Satwa satu ini menjadi populer setelah kemunculan Harry Potter. Banyak sekali fans yang memutuskan untuk memelihara paling tidak satu burung hantu sebagai bukti kefanatikan mereka pada Harry Potter.

Sayangnya, begitu serial ini berakhir, banyak juga yang akhirnya tidak tertarik untuk merawat burung hantu mereka dan menelantarkannya begitu saja. Di Inggris, ada ratusan burung hantu yang dilepaskan ke alam liar secara ilegal oleh pemiliknya. Hal ini diakibatkan demam Harry Potter telah berakhir dan biaya untuk merawat burung hantu sangat mahal. Seseorang dari Owlcenter di Inggris, Pam Toothil mengatakan awalnya ia sudah memelihara 6 ekor burung hantu, namun setelah demam Harry Potter berakhir, ia menyelamatkan 100 ekor burung hantu yang dilepas secara ilegal dan merawat mereka.

Definisi burung hantu di dunia sihir adalah makhluk ajaib yang seringkali digunakan untuk mengirim surat dan paket. Mereka digunakan karena memiliki kecepatan, kebijaksanaan, dan bisa menemukan si penerima walaupun tanpa alamat. Burung hantu juga memiliki bulu yang lembut sehingga tidak menimbulkan bunyi bising ketika terbang. Mereka juga pandai berkamuflase sehingga ideal untuk memberikan surat, apalagi surat penting yang tidak boleh diketahui isinya oleh musuh.

Burung hantu dilatih untuk membawa surat-surat. Hanya beberapa jenis burung hantu yang bisa menunaikan tugas ini yaitu burung hantu yang mampu menemukan penyihir, di mana pun ia berada.

Burung hantu juga digunakan untuk tujuan komersial seperti Kantor Pos di Hogsmeade yang mengirimkan pos dengan burung hantu. Burung hantu juga bekerja untuk mengantarkan surat kabar dan majalah seperti Daily Prophet dan The Quibbler kepada para pelanggan. Kementrian sihir sempat menggunakan burung hantu untuk mengantarkan memo antar departemen. Namun karena burung hantu membuat kantor kotor dengan bulu dan kotoran mereka, akhirnya Kementrian beralih menggunakan pesawat kertas.

Pemeran Hedwig dan Errol bersama pelatih mereka

Tampaknya berbeda jenis burung hantu, berbeda juga jarak yang bisa mereka tempuh untuk mengirim surat. Burung hantu jenis scops seperti burung hantu milik Ron, Pig hanya bisa mengirim surat jarak dekat.

Hedwig

Hedwig merupakan burung hantu milik Harry Potter dan burung hantu paling terkenal di antara burung hantu lainnya karena ia adalah sahabat sejati Harry Potter. Hedwig diceritakan lahir sebelum tahun 1991 (ia menjadi peliharaan Harry pada tahun 1991) dan mati pada 27 Juli 1997 akibat pertempuran dengan Pelahap Maut. Hedwig adalah kado ulang tahun dari Hagrid untuk ulang tahun Harry yang kesebelas.

Hedwig merupakan burung hantu jenis snowy (Nyctea scandiaca) karena bulunya yang lembut dan putih seperti salju. Ada alasan mengapa J.K. Rowling memilih burung hantu jenis snowy sebagai burung hantu utama di novelnya. Ia menganggap bahwa burung hantu snowy adalah jenis burung hantu yang paling indah.

Hedwig diperankan oleh seekor burung hantu snowy bernama Gizmo. Untuk peran berbahaya, Gizmo digantikan oleh Ook dan Sprout. Gizmo merupakan burung hantu jantan sedangkan Hedwig yang ia perankan adalah burung hantu betina. Menarik bukan? Burung hantu snowy jantan memiliki warna bulu yang lebih putih dan memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding burung hantu snowy betina.

burung hantu pertama adalah snowy betina, sedangkan burung hantu kedua adalah snowy jantan

Pada novel Harry Potter dan Batu Bertuah, J.K. Rowling menulis bahwa Hedwig memiliki suara ‘uhu’, padahal burung hantu snowy memiliki suara seperti anjing menggonggong. J.K. Rowling mengakui kesalahannya, namun ia tetap menulis bahwa Hedwig ber-uhu di novel-novel berikutnya.

Errol

Errol adalah burung hantu jenis Great Grey (Strix nebulosa) milik keluarga Weasley. Errol yang sudah tua dan memiliki penglihatan yang buruk seringkali menabrak-nabrak ketika terbang. Ia muncul pertama kali di Harry Potter dan Kamar Rahasia. Di film ini terlihat ia menabrak kaca jendela dapur rumah keluarga Weasley, serta mendarat di meja makan Gryffindor ketika mengantarkan howler untuk Ron. Ia juga yang mengantar kado ulang tahun Harry yang ketiga belas di Hogwarts. Errol seringkali pingsan karena kelelahan setelah mengirim paket. Ron mengejeknya karena umurnya yang sudah tua.

Errol saat mengantar Howler untuk Ron

Errol bisa jadi berasal dari kata ‘error’ karena berbagai kekacauan yang biasa ia lakukan. Ron seringkali memanggilnya ‘burung hantu berdarah’ dan ‘ancaman’.

Hermes

Hermes adalah burung hantu jenis screech (Megascops) milik kakak Ron, Percy Weasley. Burung ini merupakan hadiah yang diberikan oleh ayahnya ketika ia menjabat sebagai prefek di tahun kelimanya di Hogwarts. Pada tahun kelima Ron, tahun 1995, Percy mengirim surat ke Ron menggunakan Hermes. Surat tersebut berisi peringatan untuk tidak mempercayai Harry Potter dan meminta Ron untuk berada di pihak Dolores Umbridge dan Kementrian Sihir.

Burung hantu jenis screech

Burung hantu screech masih merupakan genus Megascops yang akan dibagi lagi ke 21 spesies. Burung hantu screech dijual di Eeylops Owl Emporium seharga 15 Galleon.

Pigwidgeon

Atau yang sering dipanggil Pig ini merupakan burung hantu jenis scops berwajah putih (Otus leucotis) milik Ron Weasley. Ia mendapat burung hantu ini sebagai ganti tikusnya, Scabbers, yang ternyata adalah Peter Pettigrew.

Burung hantu scops merupakan burung hantu dengan ukuran paling kecil. Saking kecilnya, kita bisa menggenggamnya. Tidak salah jika ia tampak seperti snitch berbulu. Pig selalu bersemangat jika disuruh mengantar surat walaupun ukurat surat sangatlah besar dibanding dengan ukuran tubuhnya.

Pigwidgeon merupakan nama yang diberikan oleh Ginny Weasley. Ron tidak begitu menyukainya dan berusaha mengubah namanya, namun burung tersebut tidak mau dipanggil dengan nama lain.

Burung Hantu Keluarga Longbottom

Keluarga Longbottom memiliki burung hantu dengan jenis Barn (Tyto alba). Tidak banyak cerita mengenai burung hantu yang satu ini dan tidak muncul di film sama sekali.

Burung hantu jenis Barn

Burung Hantu Sirius Black

Ini burung hantu yang unik karena berwarna hitam. Sebenarnya tidak ada burung hantu yang berwarna hitam, namun sutradara Mike Newell memaksa untuk menggunakan burung hantu warna hitam supaya sesuai dengan novel. Akhirnya burung hantu yang akan digunakan di film ini diwarnai dengan pewarna makanan tidak beracun sehingga bulu-bulunya berwarna hitam.

Burung ini pernah ditugaskan oleh Sirius untuk mengirim surat ke Harry Potter pada tahun keempat Harry di Hogwarts. Burung ini suka sekali menggigit orang. Sirius sempat memperingatkan Harry di suratnya, “P.S. Burungnya suka menggigit.”

 

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment