Friday 09th December 2016,

Movie Features

Ξ Leave a comment

Momen Paling Kontroversial di “Django Unchained”

posted by Aisyah Nawangsari
Momen Paling Kontroversial di “Django Unchained”

Monolog Calvin Candie

Calvin Candie yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio melakukan monolog mengenai penyebab orang-orang kulit hitam mau diperbudak oleh kulit putih. Ia menjelaskan bahwa hal tersebut disebabkan oleh faktor biologi, lebih tepatnya struktur kepala mereka. Calvin Candie berniat untuk menakut-nakuti Django yang bekulit hitam. Ia menggunakan tengkorak sungguhan (tengkorak orang kulit hitam) untuk menjelaskan pada Django mengenai struktur kepala orang-orang kulit hitam untuk mempertegas bahwa mereka terlahir untuk menjadi budak.

Penggunaan kata ‘negro’

Bagi kita orang Indonesia, mungkin kata tersebut tidak banyak memiliki arti. Namun bagi orang kulit hitam, kata ‘negro’ adalah penghinaan yang paling rendah dan kata tersebut sangat terlarang. Di “Django Unchained’ kata-kata ini digunakan berkali-kali bahkan antar para kulit hitam sendiri.

Perjudian Mandingo

Mandingo adalah perkelahian antara kulit hitam dan kulit hitam. Mereka dijual belikan untuk berkelahi satu sama lain hingga mati. Sementara kulit hitam bertarung, para kulit putih (si pemiliki budak) menyaksikan mereka seperti kita menyaksikan balapan tamiya. Pemenang mandingo yang berhasil mengalahkan musuhnya hingga tewas berhak mendapatkan segelas besar bir.

Kebrutalan yang dilakukan Django

Saat Django dan Dr. King berjalan di Candyland, mereka melihat seorang budak yang sebelumnya berusaha melarikan diri sedang di kelilingi anjing yang buas. Sebagai hukuman karena ia telah mencoba melarikan diri, Calvin Candie mengijinkan pawang anjing untuk melepaskan anjing itu dan memakan si budak. Awalnya Dr. King tidak setuju atas perbuatan tersebut, namun Django malah mengijinkan ‘pembunuhan’ yang brutal tersebut dilakukan pada orang yang satu ras dengannya.

1 di antara 10.000

Berkali-kali Calvin mengatakan bahwa Django adalah 1 di antara 10.000 orang kulit hitam. Ia merasa bahwa ia tidak pernah bertemu dengam kulit hitam yang seperti Django. Ia juga merasa bahwa tidak mungkin ada orang kulit hitam yang memiliki kedudukan sejajar dengan kulit putih.

Respon terhadap Django di atas kuda

Sejak opening film, Dr. King memberi Django seekor kuda. Semua orang, baik kulit putih maupun kulit hitam memandang Django dengan aneh dan tidak percaya. Dr. King tidak tahu mengapa mereka melihat Django seperti itu, akhirnya Django menjelaskan “Mereka tidak pernah melihat negro naik kuda.”

Stephen

Aneh tapi ‘nyata’. Peran yang dimainkan Samuel L. Jackson bernama Stephen adalah tokoh yang kontroversial. Ia adalah kepala pelayan di Candyland dan tidak bisa menerima bahwa Django adalah kulit hitam yang bebas, menaiki kuda, dan diperlakukan seperti kulit hitam. Ia sangat tidak menyukai Django dan sangat setia pada Calvin Candie. Ia juga yang menyebabkan klimaks terjadi.

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment