Monday 05th December 2016,

Movie Features

Ξ Leave a comment

N250, Inilah “Truk Terbang”nya Habibie dan Ainun

posted by Utario Esna Putra
N250, Inilah “Truk Terbang”nya Habibie dan Ainun

Sudahkah Anda menonton “Habibie&Ainun”? Jangan sampai Anda melewatkan film Indonesia terbaik sebagai penutup tahun 2012 ini. Dalam film yang mengangkat kisah mantan orang nomor satu negeri ini, diceritakan pula karya paling fenomenal Habibie bagi Indonesia. Apalagi kalau bukan “truk terbang”nya? Truk terbang yang berkode N 250 ini adalah pesawat terbang pertama yang dirancang sepenuhnya oleh putra-putra terbaik bangsa.

http://warulengis.files.wordpress.com/2011/01/n250_.jpg

Truk terbang itu bernama Gatotkaca

Melihat film “Habibie&Ainun” membuat saya terkenang memori penerbangan perdana yang disiarkan langsung di televisi nasional. Tapi bagaimana dengan saat ini? Barangkali orang sudah lupa dengan pesawat berjuluk Gatotkaca ini? Berbagai tekanan politik dan ekonomi membuat Gatotkaca mulai terlupakan di langit Indonesia. Karena itulah semoga artikel ini bisa membuat Anda kembali mengenal lebih dekat truk terbang karya anak bangsa ini.

Berawal dari Sebuah Mimpi

Gatotkaca lahir dari mimpi besar Habibie untuk menyatukan rakyat Indonesia yang berserakan di 17 ribu pulau. Untuk penerbangan semacam itu tidak diperlukan pesawat yang berukuran jumbo. cukup sekitar 50-70 orang saja. Namun karena penerbangan perintis, maka harus siap dipacu di landasan seadanya. Dan tidak kalah penting, lebih diutamakan pesawat yang memiliki biaya operasional yang rendah. Hingga pesawat ini efisien dan ekonomis untuk keperluan tersebut.

http://img.antaranews.com/new/2011/01/ori/20110131032455bj-habibie1.jpg

“Kita harus mengembangkan industri strategis!”

Meskipun itu ide berasal dari pribadi Habibie sejak lama, namun baru pada tahun 1989 IPTN secara resmi mengumumkan kepastian pengerjaan proyek pesawat sesuai spesifikasi di atas. Yaitu tepatnya saat Paris Air Show.  Purwarupanya pun selesai dibangun pada tahun 1992.

20 tahun berselang sejak IPTN mengumumkan proyek N250. Ternyata memang benar apa yang diimpkan Habibie. Pesawat baling-baling dengan kapasitas 50-70 orang dengan tujuan penerbangan komuter laris di pasar dunia. Sayang saat ini bukanlah IPTN yang menjadi pemain utama. Melainkan perusahaan asal Kanada, Bombardier. Bombardier menurunkan pesawat berkode ATR 72-500 yang memiliki spesifikasi tak jauh beda dengan N 250. Di tahun 2009 saja Lion Air membeli sebanyak 20 buah pesawat ini, belum lagi Trigana dan maskapai lainnya. Jadi benarlah apa yang diimpikan Habibie.

Spesifikasi

Pesawat bermesin ganda ini mampu mengangkut 50-70 penumpang. Berat maksimum pesawat bermesin Allison 2439KW ini 22 ton, jadi mampu mengangkut penumpang, kargo, dan bahan bakar sampai 8 ton. Dengan rentang sayap 28 meter, lebarnya 26,3 meter.

Dapur pacu N 250 adalah lansiran Allison AE2100C berkekuatan 2439 KW. Masing-masing mesin dibekali 6 bilah baling-baling. Dengan mesin ini Gatotkaca sanggup dipacu sampai 610 km/jam. Kecepatan ekonomisnya sendiri pada angka 555km/jam. Meskipun begitu inilah kecepatan tertinggi yang bisa diraih pesawat penumpang berkapasitas 50  penumpang dan bermesin turboprop. Membanggakan bukan?

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/a/ac/250_3v.gif

Dengan ketinggian jelajah 25.000 kaki, jarak yang mampu dilahap N 250 sejauh 1480 km.

Saudara

Gatotkaca tidak lahir sendirian. Sebanyak 2 prototipe sudah diproduksi IPTN. Yang pertama tentunya Si Gatotkaca ini. yang kedua adalah varian 68 penumpang berjuluk Krincing Wesi yang terbang perdana pada 19 Desember 1996.

—————————————————————————————————————

Doa saya di akhir tahun 2012 ini, smoga dalam waktu dekat kita akan melihat Gatotkaca dan saudara-ssaudaranya kembali merajai langit Indonesia. Amin.

http://ahmadramadlan.files.wordpress.com/2011/05/n250-landing.jpg

Gatotkaca, kembalilah terbang!

 

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment