Friday 09th December 2016,

Movie Features

Ξ 2 comments

Nostalgia Bareng Film Kartun

posted by Tyas Istiqomah
Nostalgia Bareng Film Kartun

Kalau dulu sekitar tahun ’90 sampai awal tahun 2000, hari Minggu selalu menjadi hari yang paling membahagiakan. Kenapa? Karena di hari ini semua anak hampir di seluruh Indonesia akan tidur-tiduran manis di depan TV dan bersiap menonton film kartun kesayangan yang tayang secara berurutan mulai pagi sampai siang.

Nah apakah Anda dulu juga mengalami masa-masa ini? Saya sudah mencatat film-film kartun yang saat itu tayang dan menjadi favorit setiap anak. Apa saja?

1. Doraemon

Siapa sih yang tidak mau setiap keinginannya terkabul dengan mudah? Hanya dengan sebuah kantong ajaib, Doraemon sang robot masa depan ini bisa mengabulkan semua keinginan Nobita, anak lelaki kelas 5 SD yang bahkan tidak pernah mendapat nilai bagus di sekolah. Permintaan Nobita ini bisa apapun, mulai dari yang masuk akal sampai yang paling mustahil sekalipun. Saya juga mau kalau begini caranya!!

Doraemon ini diadaptasi dari komik terkenal karangan Fujiko F. Fujio yang berjudul sama. Hebatnya, sejak saya menonton Doraemon umur 6 tahun sampai 20 tahun, Nobita masih saja kelas 5 SD. Nah kan? Memang benar-benar cerita untuk anak-anak, kartun satu ini. Ini dia salah satu ceritanya…

2. Shinchan

Kalau Doraemon ibarat Dewa Penolong, kalau Shinchan justru sebaliknya. Dialah sang Dewa Perusak dan penghancur. Haaahh semua yang berdekatan dengannya bisa dipastikan bernasib sial dan malah mendapat musibah. Bagaimana tidak, bocah TK satu ini memang sangat menyebalkan dan selalu bertingkah konyol.

Memang, jika dibanding Doraemon yang sudah lebih dulu “lahir”, Shinchan tergolong masih muda. Namun tetap saja film kartunnya tidak bisa dilewatkan begitu saja. Ternyata tidak selalu bertingkah menyebalkan, Shinchan juga bisa menolong sesama lho. Dia juga sangat setia kawan dengan teman-teman sekolahnya seperti Kazao, Bo, dan Nene.

Entah apa yang dipikirkan oleh Yoshito Usui sang pengarang Shinchan, kenapa harus muncul karakter anak kecil yang super menyebalkan ini. Tapi yang jelas Shinchan tetap dicinta, benar kan?

3. Power Rangers

Nah sekarang pembahasan beralih ke sosok superhero. Anak kecil memang selalu suka dengan sosok pahlawan yang siap membasmi kejahatan dan membela kebenaran. Kali ini sang pahlawan bukan cuma satu, tapi lima sekaligus. Warnanya pun berbeda-beda. Ya, seperti pelangi, lima orang pahlawan ini memiliki lima warna baju yang berbeda pula. Ada merah, kuning, hijau, pink, dan biru.

Seperti apa mereka? Kelima pahlawan super ini pertama kali tayang tahun 1993 yang dibuat oleh Toei Company dan Haim Saban. Aksi terbaik mereka adalah ketika melawan monster raksasa yang ingin menghancurkan bumi. Mereka yang hanya bertubuh seperti manusia tentu tak kuasa melawan raksasa. Akhirnya diciptakan pula sosok robot raksasa dimana mereka berlima ada di dalamnya. Dan ciaattt…musuh pun lenyap! Ini dia sang robot pembasmi kejahatan.

4. Sailor Moon

“Dengan kekuatan bulan akan menghukummu!” ini nih kata-kata yang biasa muncul kalau Sailor Moon sedang beraksi.

Kalau Power Ranger pahlawan super yang memiliki peralatan canggih, Sailor Moon berbeda. Dia adalah pahlawan pembela kebenaran pembasmi kejahatan yang sama sekali tidak memiliki peralatan canggih. Hanya mengandalkan kekuatan magis yang dimiliki, Sailor Moon mulai beraksi. Kerennya lagi, sosok pahlawan ini tidak tampil dengan kostum keren ala superhero pada umumnya, melainkan berbalut baju seksi dan rok mini, wow!

Sailor Moon awalnya adalah sebuah serial manga karangan Naoko Takeuchi yang akhirnya dibuat menjadi sebuah anime. Tokoh utama Sailor Moon adalah seorang wanita seksi dan cantik bernama Usagi yang kemudian selama perjalanannya membasmi musuh, dia bertemu dengan empat wanita cantik lain yang bergabung menjadi satu tim bersamanya. Misi mereka sama, yaitu mencari Putri Bulan dan Kristal Perak. Ini dia cuplikan cerita aksi Sailor Moon…

5. Kamen Rider

Kalau Power Ranger dan Sailor Moon adalah sekelompok pahlawan, Kamen Rider harus berjuang sendiri. Kamen Rider adalah sebuah cerita fiksi ilmiah yang diciptakan oleh seniman manga Jepang bernama Shotaro Ishinomori. Pertama kali tayang sebagai serial televisi tokusatsu sudah sangat lama sekali, tepatnya pada 3 April 1971.

Perjuangan sang pahlawan tidak mudah. Sebagai tokoh utama adalah sosok bernama Takeshi Hongo yang harus berjuang melawan Shocker, sebuah organisasi teroris yang ingin menguasai dunia. Shocker sangat jahat dan cara yang digunakan untuk mengumpulkan anak buah adalah dengan menculik manusia lalu mencuci otak mereka dan menjadikan mereka mutant cyborg. Hongo bukan tidak pernah menjadi incaran anak buah. Saat akan tahap akhir pencucian otak, Hongo berhasil kabur dan dia mendapat kekuatan super yang bisa digunakan untuk menghancurkan rencana Shocker.

Sudah puas bernostalgianya???

 

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment