Sunday 11th December 2016,

Movie Features

Ξ Leave a comment

Parade Iklan Jadul

posted by Utario Esna Putra
Parade Iklan Jadul

Biasanya di penghujung tahun seperti sekarang ini stasiun TV berlomba-lomba menyajikan kilasan berita atau gosip terheboh sepanjang tahun. Biasa disebut dengan kaledoiskop. Mungkin untuk nostalgia apa yang pernah dilewati selama setahun. Kali ini Kusukasuka juga melakukan yang sama. Namun kilasannya lebih jauh ke belakang.

Kita tidak akan mengenang hanya dalam kurun waktu setahun ke belakang, tetaqpi 10, 20, atau malah 30 tahun ke belakang. Iya inilah iklan jadul! Para bintang iklannya menggunakan Ejaan Yang Disempurnakan, bahasa resmi yang jauh lebih resmi MC protokol kepresidenan sekarang. Penampilannya keren….untuk saat itu. Lebih tepatnya cupu jika dibandingkan dengan selera masa kini.

Terelepas dari segala ke-jadul-an yang melekat. Asyik juga melihat apa yang ditonton bapak dan ibu kita di sela-sela acara TV kesayangannya saat itu. Tidak perlu berpanjang-panjang lagi, inilah dia iklan jadul!

Indomie Rasa Kari Ayam

Animasinya itu loh. Jadi teringat era kartun Disney. Jaman dulu iklan lebih jujur. Ketika dalam packaging hanya ada mie dan bumbu, dia memperlihatkan apa adanya. Kalau iklan jaman sekarang topping bisa menutupi 90% penampakan mie. Padahal isinya juga sama: mie dan bumbu.

TV Sanyo

Ini TV jaman kakek-nenek. TV-nya besar lengkap dengan lemarinya. Kalau jaman sekarang TV cukup tipis untuk sekedar digantung di dinding. Kelihatannya pihak pabrikan bangga sekali dengan fitur remote. Padahal kalu dipikir-pikir hanya ada dua atau malah satu saluran televisi yang bisa ditangkap. Tentu saja: TVRI dan RCTI. Atau malah RCTI belum ada saat itu. Jadi kelihatannya pemiliknya tidak akan menyentuh tombol untuk mengganti saluran.

Iklan Colt T120

Kenapa oh kenapa iklan mobil pick up harus mempertontonkan orang baris-berbaris?]

Teh Sedap

Ini potret ibu-ibu arisan tahun 80an. Masih pakai kebaya lengkap dengan sanggulnya. Tidak hanya potret majikan, pembantunya pun tersorot di sini. Pembantu tidak lengkap kalau tidak menyampirkan kain lap di pundak. Gambaran majikan-pembantu ini masih bertahan di grup lawak Srimulat.

Toyota Dyna

Iklan ini sangat dramatis! Biasanya iklan yang dramatis itu iklan rokok untuk menunjukkan kesan berani dan macho. Tapi ini iklan truk niaga. Seberapa dramatis? Ada gunung meletus, tanah longsor, naik-turun gunung, sampai Muhammad Ali. Ini sutradaranya yang lebay atau memang produsen ingin sekali menampilkan kesan produknya yang super tangguh? Badass truck!

Kodak

Inilah penampakan Tante Titiek Puspa waktu masih muda. Suka foto-foto sebelum itu populer. Dan kalau sekarang kita familiar dengan yang namanya Instagram, jaman dulu adanya Insta-Matic.

Iklan Mi Won

Siapa yang tidak kenal dengan penyedap rasa satu ini. Apalagi kalau Anda penjaja makanan kaki lima. Mi Won ini sepertinya menjadi elemen wajib masakan, kalau perlu satu sak digebyor ke dalam kuali. Tapi jangan dilakukan di rumah ya.

Dana Paint

Bisa dibayangkan betapa sulitnya membuat iklan cat tembok di jaman dulu? Jaman dimana sebagian besar TV masih hitam-putih. Kalau pun berwarna pun sangat minimalis. Tapi Dana Paint cukup berani dalam hal ini. Dan iklannya pun cukup kreatif.

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment