Tuesday 06th December 2016,

Movie Features

Ξ Leave a comment

Psy, Oppa dari Gangnam!

posted by Aisyah Nawangsari
Psy, Oppa dari Gangnam!

“Oppan Gangnam Style!” siapa yang tidak tahu frase ini? Berkat lagu dan video yang konyol, sang penyanyi, Psy pun kini menjadi artis Internasional. Bahkan Britney Spears dan Nelly Furtado pun mengidolakannya. Namun tahukah Anda bahwa lagu ini sebenarnya menggambarkan Psy yang memang terlahir di Gangnam (sebuah distrik di kota Seoul)?

Psy lahir di Gangnam, Seoul, Korea Selatan pada 31 Desember 1877 dengan nama Park Jae Sang. Perlu diketahui bahwa Gangnam merupakan kompleks perumahan orang-orang kaya di Seoul. Psy kecil bersekolah di SD Banpo, SMP Banpo, dan SMA Sehwa. Kemudian ia lanjut berkuliah di dua universitas yaitu Boston University dan Berklee College of Music.

Perjalanan Karir dan Kontroversi

Psy debut sebagai penyanyi di bawah naungan YG Entertainment dengan full album bertajuk PSY… From the Psycho World! Ia sendiri menjadi penyanyi dengan konsep yang berbeda dengan konsep K-pop yang saat itu sudah menjamur di Korea. Ia memiliki style yang unik yang ia sebut dengan Bizarre Singer. Debut dengan konsep seperti itu sebenarnya tidak salah, namun karena ada yang salah pada album pertamanya, ia harus membayar denda.

Setahun kemudian ia merilis album yang kedua bertajuk Ssa 2. Yah, namanya juga artis yang memiliki style yang unik, ia masih tidak lepas dari tanggapan negatif dari masyarakat. Ia dianggap memberi pengaruh buruk pada generasi muda sehingga sejak saat itu ia dicap sebagai artis yang kontroversial. Pada tahun 2002 album Ssa 2 tidak boleh dibeli bagi yang masih berumur di bawah 19 tahun.

Kontroversi tidak membuatnya berniat untuk berhenti sebagai penyanyi. Ia kembali meluncurkan album 3 PSY pada September 2009.

Pada tahun 2010, agensi yang menaungi Psy mengalami kesulitan keuangan. Akhirnya, atas saran sang istri Psy pindah ke YG. Pada Oktober 2010 ia comeback di bawah naungan YG Entertainment.

Tahun 2012 merupakan tahun Psy. Perilisan álbum keenamnya dengan lagu andalan Gangnam Style rupanya membuatnya shock karena popularitasnya yang meroket hingga dunia Internasional.

Gangnam Style

Siapa yang tidak tahu Gangnam Style? Walaupun tidak pernah mengdengarkan lagunya, paling tidak frase ini akrab di telinga karena semua orang di seluruh dunia menyanyikannya sambil berjoget ala penunggang kuda.

Tidak hanya orang-orang biasa yang menyanyikan dan menarikannya. Ada Britney Spears, Nelly Furtado, dan Katy Perry yang turut  mempromosikan lagu ini dengan menyanyi dan menarikannya di media dan disaksikan oleh orang di seluruh dunia.

Apa sih yang membuat Gangnam Style ini begitu digemari?

Kebanyakan menyatakan bahwa Gangnam Style digemari karena lirik yang eye catchy, lagu yang mudah dinyanyikan dan akrab di telinga, goyangan yang mengasyikkan, serta video yang megundang gelak tawa. Namun saya lebih setuju pada faktor video yang membuat Gangnam Style sangat populer hingga dunia Internasional.

Music video yang mengandung lelucon inilah yang mengundang banyak orang untuk meng-klik videonya di YouTube dan menjadikannya video yang paling banyak ditonton dan paling banyak di-like di YouTube.

Debut di Amerika

Psy akan mengikuti jejak para Idol Korea yang mendahuluinya untuk debut di Amerika seperti BoA, Se7en, Rain, Wonder Girls, dan Girls’ Generation. Tidak dapat dipungkiri, dengan popularitas yang seperti ini, ia akan mudah masuk ke pasar Amerika dan meluluhkan hati para penggemar musik di sana. Kabarnya ia akan bernaung di agensi yang menangani Justin Bieber untuk debutnya di Amerika.

[toggle_box title=”Music Video” width=”Width of toggle box”]

Oppa is My Style

Gangnam Style

It’s Art

Right Now

[/toggle_box]

 

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment