Saturday 10th December 2016,

Movie Features

Ξ Leave a comment

SHINee, Boyband Korea yang Taklukan Jepang

posted by Aisyah Nawangsari
SHINee, Boyband Korea yang Taklukan Jepang

Shinee (umumnya ditulis sebagai SHINee, pengucapan bahasa Inggris: [ˈʃaɪniː] “shiny“; pengucapan dalam bahasa Indonesia: syaini) merupakan boyband asal Korea Selatan yang dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2008 dengan aliran musik R&B kontemporer. Boyband ini terdiri dari lima member yaitu Onew, Jonghyun, Key, Minho, dan Taemin. SHINee debut di acara musik SBS Inkigayo dengan membawakan single debut mereka, Replay atau Noona Neomu Yeppeo dalam bahasa Korea. Boyband ini dibentuk bukan hanya untuk memimpin dunia musik dan tari di Korea tetapi juga untuk memimpin dunia fashion remaja di Korea Selatan. Karena itulah style mereka selalu beda dari boyband yang lain. Nama SHINee merupakan kombinasi dari shine dan ee yang berarti “menerima cahaya” atau “menerima perhatian.”

Sejak debut hingga kini, SHINee telah merilis dua full album, dua album repackaged, empat mini album, satu live album dan beberapa single. Mereka juga sering ditunjuk untuk menyanyikan beberapa soundtrack drama seperti Princess Prosecutor, Haru, dan sebagainya. Shinee sering dipakai untuk mengiklankan berbagai produk, termasuk produk busana Smart, kosmetik Nana’s B, Reebok, ayam goreng cepat saji Mexicana, dan yang terbaru adalah kosmetik Etude House.

Fans dari SHINee bernama SHINee World dan mereka membentuk forum hanya 48 jam setelah SHINee resmi debut.

[toggle_box title=”Mengenal Member SHINee Lebih Dalam” width=”Width of toggle box”]

Onew Tanggal Lahir : 14 Desember 1989

Tinggi : 177 cm

Hobi/Keahlian : menyanyi, piano, bahasa Mandarin

Golongan darah : O

Julukan : Leader, Dubu (tofu), Sangtae

Fansclub : MVPs

Onew yang memiliki nama asli Lee Jinki ini terpilih menjadi salah satu trainee SM entertainment melalui SM Academy Casting yang diadakan pada tahun 2006. Onew awalnya tidak mengira bahwa ia akan terjun ke dunia hiburan. Ia mengakui bahwa ia sangat pemalu sehingga ia merasa tidak mungkin orang pemalu seperti dirinya menjadi artis. Onew yang memang usianya paling tua di antara member yang lain ditunjuk menjadi leader SHINee. Walaupun dia menyandang gelar Leader, namun seringkali tingkah lakunya seperti anak-anak dan suka bermain-main.

Sebelum debut, Onew pernah melakukan aksi duet dengan Lee Hyun Ji. Pada tahun 2009 ia kembali melakukan duet dengan Jessica dari SNSD dengan lagu berjudul ‘One Year Later’. Lagu ini masuk ke dalam mini álbum SNSD yang bertajuk ‘Genie’. Jessica pernah hampir menangis ketika menyanyikan lagu ini bersama Onew karena suara Onew yang sangat bagus. Selain suaranya yang mempesona, Onew memiliki satu bakat menarik lainnya yaitu Donald Duck Beatbox. Onew bisa menirukan suara Donald Duck dan ia sangat membanggakannya karena tidak semua orang bisa melakukannya. Selain itu ia juga bisa menirukan Jung In dan Gil dalam lagu The Girl Who Can’t Break Up, The Boy Who Can’t Leave. Baru-baru ini dia memamerkan bakatnya yang paling terbaru yaitu menaik-turunkan adam apple.

View on YouTube

Member SHINee suka sekali mengerjai Onew terutama ketika Onew sedang memperlihatkan Onew Condition. Onew Condition yaitu kondisi ketika Onew melucu namun tidak ada yang tertawa, bahkan tidak ada yang merasa bahwa guyonan dari Onew itu lucu. Onew pun mendapatkan julukan dari kejadian ini yaitu Sangtae Onew. Sangtae jika dalam bahasa Indonesia bisa dibilang ‘garing’. Ketika seseorang melawak namun tidak ada yang tertawa karena lawakannya.

Onew berasal dari keluarga pengusaha. Orang tuanya memiliki toko daging yang cukup besar dan terkenal di Korea (daging di korea harganya sangat mahal, tidak seperti di Indonesia). Sebelum membuka toko daging, kabarnya ayah Onew merupakan pejabat pemerintahan. Kemudian ia mengundurkan diri dan membuka usaha toko daging. Selain kaya, keluarga Onew juga terpandang dan dihormati. Ada yang bilang kalau kakek Onew adalah seorang pianis terkenal.  

Kim Jonghyun Tanggal Lahir : 8 April 1990

Tinggi : 173 cm

Hobi/keahlian : Menyanyi, menulis lirik, bahasa Mandarin

Golongan darah : AB

Julukan : Bling bling

Fansclub : Blingers

Kim Jonghyun atau yang akrab dipanggil dengan Jonghyun ini lahir pada 8 April 1990 dan ia bergabung dengan SM Entertainment satu tahun sebelum Onew yaitu pada tahun 2005 dengan melalui jalur yang sama yaitu SM Academy Casting. Awal karirnya pun hampir sama dengan sang Leader yaitu dengan melakukan aksi duet bersama Zhang Liyin dengan lagu berjudul ‘Wrongly Given Love’. Suaranya yang powerful membuat SM tidak ragu-ragu untuk merekrutnya sebagai lead vocal di SHINee. Saat kecil Jonghyun pernah kursus bass. Ia memang menyukai musik sejak kecil. Genre yang paling ia sukai adalah RnB dan hip hop. Selain ahli dalam musik, Jonghyun juga mahir dalam urusan menari. Karena itu walaupun ia bukan lead dancer, tapi seringkali ia berada di tengah formasi untuk memimpin dance. Jonghyun memiliki pribadi yang tegas dan suka berkata apa adanya. Ia berani mengakui kesalahannya jika ia memang bersalah.

Jonghyun berasal dari keluarga yang berkecukupan. Ia mampu kursus bass sewaktu kecil dan biayanya tidak sedikit. Jonghyun sendiri tidak pernah menyebutkan tentang ayahnya. Setiap kali mengirim salam melalui siaran radio, ia mengirimkan untuk ibu dan kakak perempuannya.  

Key

Tanggal lahir : 23 September 1991

Tinggi : 177 cm

Hobi/keahlian : Rap, dance, water ski, bahasa Inggris, bahasa Mandarin

Golongan darah : B

Julukan : Almighty Key

Fansclub : Lockets

Key memiliki nama asli Kim Kibum. Ia tidak menggunakan nama asli karena namanya sama dengan personil Super Junior, Kibum. Key pun dipilih karena pelafalannya sama dengan nama tengahnya, Ki. Ia bergabung dengan SM Entertainment pada tahun 2005. Key berbeda dengan member yang lain yang lahir dan tinggal di Seoul (Minho berasal dari Incheon, kota yang sangat dekat dengan Seoul), ia lahir dan besar di Daegu, karena itu ia merasa bahwa hari-harinya sebagai trainee sangat berat karena ia harus bolak-balik Daegu-Seoul.

Key memiliki kepribadian yang unik. Ia sangat perhatian terhadap member-member yang lain dan sangat cerewet apabila ada sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginannya. Karena itu ia dijuluki ‘Umma’ yang merupakan bahasa korea dari ibu. Selain cerewet, ia merupakan orang yang tidak suka dikerjai/dijahili. Dia akan membalas apabila dikerjai/dijahili. Jika semua member berhasil membalas perkataannya, ia akan memilih untuk berdiam diri. Anak tunggal dari keluarga kaya ini memiliki posisi yang penting di dalam grup. Dia jago menari (dia diterima oleh SM entertainment karena kemampuan dance-nya), suaranya bagus, dan jago nge-rap. Cara rap Key pun berbeda dengan Minho. Minho memiliki suara bass, sedangkan Key memiliki suara tenor sehingga jika mereka menyumbang rap maka keduanya dapat memberi warna dalam lagu-lagu SHINee.

Sepertinya Key memang dilahirkan dengan bakat cepat belajar. Ia sangat mudah mempelajari bahasa asing. Key merupakan member yang paling menguasai bahasa Inggris (ia pernah mengikuti pertukaran pelajar ke Amerika selama setahun), Mandarin, dan Jepang. Key juga orang yang sangat peduli terhadap fashion. Ia pernah dinobatkan sebagai peringkat kedua the most fashionable male kpop idol setelah G-Dragon dari Big Bang. Selera fashion-nya memang unik, terutama karena ia suka dengan warna pink sehingga ia tidak malu menggunakan item dengan warna feminim ini.

Key berasal dari keluarga yang cukup berada karena ayahnya bekerja di bidang keuangan dan berurusan dengan surat obligasi, stock exchange, investasi, dan masalah perbankan. Key sangat dekat dengan neneknya dan mereka memang tinggal bersama. Kabarnya nenek Key meninggal pada tahun 2010.

Minho Tanggal Lahir: 9 Desember 1991

Tinggi: 181 cm

Hobi/keahlian: sepak bola, basket, akting, bahasa Inggris, bahasa Mandarin

Golongan darah: B

Julukan: Flaming Charisma

Fansclub: Flames

Choi Minho lahir di Incheon pada tanggal 9 Desember 1991. Minho pertama kali ditemukan oleh SM Entertainment pada SM Casting System. Awalnya Minho di-casting sebagai model, namun rupanya SM menemukan bakat terpendam yang ada pada diri Minho sehingga memutuskan untuk menjadikannya member SHINee. Namun tentu saja bakat awalnya sebagai model tidak disia-siakan oleh SM. Minho pernah menjadi model pakaian Seoul Collection F/W 08-09 rancangan Ha Saeng Baek. Selain itu ia juga pernah menjadi model MV Gee dari SNSD baik yang versi Korea maupun versi Jepang serta MV debut dari VNT, girlgroup yang beranggotakan 3 orang. Selain menjadi model, Minho yang memiliki bakat akting pernah menjadi pemeran utama dari Drama The Pianist dan saat ini ia berperan sebagai Choi Minhyuk dalam sitkom Salamander Guru and The Shadow yang tayang di channel SBS.

Onew pernah berkata bahwa Minho mirip karakter manga Jepang karena ia memiliki kaki panjang, wajah mungil dan mata yang lebar. Tidak heran jika ia memiliki fans yang paling banyak di antara member SHINee yang lain. Minho juga merupakan member yang paling jago berolahraga. Ia memang suka berolahraga sejak kecil karena ayahnya merupakan pelatih sepak bola yang terkenal di Korea Selatan. Walau begitu ayahnya tidak pernah mengijinkan Minho untuk menjadi pemain sepak bola. Kesukaannya pada olahraga membawa Minho menjadi peserta variety show KBS Let’s Go Dream Team bersama dengan member Super Junior, Eunhyuk. Dalam acara ini Minho sering memenangkan berbagai pertandingan (kabarnya SM memang membayar mahal seorang pelatih khusus untuk Minho) sehingga dijuluki sebagai Ace. Namun suatu kali ia harus beristirahat karena cedera pada tulang kakinya saat beraksi. Cedera ini ia alami saat SHINee harus mempromosikan álbum Lucifer.

Minho juga berasal dari keluarga yang cukup berada karena ayahnya adalah seorang pelatih sepak bola yang terkenal yang tentu saja penghasilannya tidak sedikit. Kabarnya di Korea sendiri gaji pelatih sepak bola memang sangat tinggi.  

Taemin Tanggal lahir: 18 Juli 1993

Tinggi: 175 cm

Hobi/keahlian: mendengarkan musik, popping, piano, bahasa Mandarin

Golongan darah: B

Julukan: maknae, handy boy

Fansclub: taemints

Lee Taemin memiliki bakat dance yang luar biasa. Ia ditemukan oleh SM saat mengikuti 2005 SM Open Weekend Audio Casting. Anggota termuda SHINee yang lahir pada 18 Juli 1993 ini pernah menjajal dunia acting dalam sitkom TaeHee HyeGyo JiHyun sebagai Junsu. Taemin merupakan member yang sangat polos dan tidak bisa banyak bercanda. Kalaupun ia bercanda pasti candaannya sangat halus. Ia tidak bisa membuat candaan yang ‘berani’. Taemin juga merupakan artis yang tidak terobsesi dengan sorotan kamera. Ia lebih suka diam dan tidak banyak mengundang ‘perhatian’ kamera. Saat ia masih sekolah, Taemin sering dikerjai oleh teman-temannya karena ia adalah seorang artis. Taemin sangat mengidolakan Emma Watson. Ia terkenal sebagai kpop idol yang suka pada Emma Watson. Emma merupakan role model bagi Taemin. Hal ini seringkali membuat fans dari Taemin merasa cemburu pada Emma.

Tidak banyak informasi mengenai keluarga Taemin. Kabarnya, dia antara seluruh member SHINee, hanya Taemin yang berasal dari keluarga sederhana. Pada saat semua member masih menjadi trainee, hanya Taemin yang tidak memiliki mp3 player. Dia hanya berjalan-jalan sambil menggunakan headset yang kabelnya dimasukkan ke kantong celana tanpa disambungkan kemana pun. Taemin beralasan bahwa itu ia lakukan untuk menghindari cewek yang selalu menggodanya.

[/toggle_box]

[toggle_box title=”SHINee Discography” width=”Width of toggle box”]

Replay (2008) Merupakan mini album debut dari SHINee. Rilis pada 23 Mei 2008 dan pertama kali dinyanyikan pada tanggal 25 Mei 2008. Sambutan positif datang penonton dan pendengar terhadap single ini dan SHINee sendiri. Konsep remaja yang cute, muda, dan fresh memang baru pertama kali ini ada sehingga banyak fans yang bermunculan segera setelah mereka debut terutama dari kalangan noona (perempuan yang lebih tua). Lagu yang mereka nyanyikan juga sangat ringan dan gaya mereka sangat eye-catchy, terutama senyum polos dan gaya berpakaian mereka yang stylish.

View on YouTube

SHINee World (2008) Baru tiga bulan debut, SHINee segera merilis full album pertama mereka yang bertajuk SHINee World yang dirilis pada 28 Agustus 2008 dan berisi 12 lagu. Album pertama ini memiliki dua versi yang perbedaannya terletak pada cover album. Lagu yang dipilih untuk menjadi single andalan pada álbum ini adalah Love Like Oxygen yang diciptakan oleh composer Jerman. Lagu inilah yang membuat SHINee dikenal di luar negeri. Mereka pun melakukan promosi album di Thailand. Album ini juga dirilis di Taiwan

View on YouTube  

Amigo (2008) SM tidak mungkin hanya merilis full album tanpa merilis album repackaged. Hal ini juga mereka terapkan pada SHINee. Album repackaged dari SHINee World ini diberi judul Amigo dengan single yang juga berjudul Amigo. Amigo merupakan singkatan dari Areumdaun Minyeorueljoahamyeon Gosaenghanda yang artinya jika kamu mencintai seorang gadis cantik, maka kamu akan menderita. Album ini dirilis pada 30 Oktober 2008, namun single-nya dirilis terlebih dahulu pada 24 Oktober 2008.

View on YouTube  

Romeo (2009) SHINee kembali mengusung tema remaja yang sedang jatuh cinta pada mini álbum Romeo yang dirilis pada 21 Mei 2009. Single andalannya adalah Juliette. Pada álbum ini konsep SHINee lebih dewasa dan serius dalam percintaan, tidak seperti di álbum sebelumnya. Mini álbum Romeo berisi enam lagu.

View on YouTube  

Year of Us (2009) SHINee membuat perubahan yang cukup besar dalam mini álbum ini. Mereka tidak lagi ‘berwarna-warni’ namun mengusung tema gothic yang seksi. Ring Ding Dong merupakan single andalan dari album yang dirilis di akhir tahun.

View on YouTube

Lucifer (2010) SHINee kembali mengubah konsep mereka menjadi jauh lebih seksi di full album kedua mereka, Lucifer. Dari namanya saja sudah terbayang kesan yang jauh dari ceria dan kekanak-kanakan. Namun yang paling mengejutkan dari konsep album ini adalah potongan rambut dari para member yang berani menggebrak dunia tata rambut. Taemin memanjangkan rambutnya hingga ke bawah bahu, menimbulkan kesan maskulin kolosal. Kemudian Onew yang juga memanjangkan rambutnya walau tidak sepanjang Taemin dan memberinya efek gelombang. Kemudian Key (yang sangat berani) mencukur separuh rambut di kepalanya dan mewarnai sisanya menjadi pirang dan terdapat efek shadow berwarna pink. Jonghyun dan Minho tidak melakukan perubahan gaya rambut yang berarti. Jonghyun hanya kembali menghitamkan rambutnya (yang awalnya blonde) dan Minho memotong rambutnya menjadi sangat pendek (yang awalnya panjang sebahu). Musik dalam Lucifer lebih menekankan pada hentakan yang keras. Tariannya pun semakin rumit dan powerful.

View on YouTube  

Hello (2010) Hello, merupakan album repackaged dari full album Lucifer. Jika pada dua album sebelumnya SHINee mengusung tema yang seksi, maka di album ini mereka kembali menampilkan sisi cute dan romantis mereka. Konsep yang SHINee usung kembali ‘berwarna-warni’ dan mereka pun kembali menampilkan senyum cute mereka. Album ini dirilis pada tanggal 1 Oktober 2010.

View on YouTube

Sherlock (2012) Setelah ‘menghilang’ selama satu tahun enam bulan di Korea karena sibuk dengan jadwal mereka di Jepang, SHINee comeback dengan konsep yang jauh lebih dewasa. Fans tentu saja sangat antusias karena mereka sudah sangat merindukan SHINee di acara musik di Korea. Pada album ini, Taemin kembali dengan rambut panjangnya, bahkan lebih panjang dibandingkan dengan Lucifer. Sedangkan member lain tidak menampilkan perubahan yang berarti. Dengan comeback kali ini, selain mengobati rasa rindu fans, SHINee juga memberikan shock therapy gratis dengan mengeluarkan foto teaser mereka yang membuka seluruh baju atas mereka. Fans menarik napas lega ketika mengetahui bahwa video teaser-nya tidak se-vulgar itu. Menurut Minho, awalnya konsep foto teaser mereka tidak seperti itu, namun sang fotografer tiba-tiba mengubah pikirannya di tengah pemotretan.

View on YouTube

[/toggle_box]

[toggle_box title=”Taklukkan Jepang” width=”Width of toggle box”]

Pada tanggal 26 Desember 2010, SHINee menggelar konser tunggal mereka di Jepang yang bertajuk SHINee The 1st Concert “SHINee World” concert tour di Yoyogi National Gymnasium di Tokyo. Konser ini dihadiri oleh 24.000 fans yang dapat dijadikan bukti kepopuleran SHINee di Jepang. Pada tanggal 1 Januari 2011, SHINee menggelar konser tunggal mereka di Olympic Gymnastics Arena di Seoul, Korea Selatan. Dan pada tanggal 2, di hari kedua konser mereka, SHINee menggelar konferensi pers. Mereka menjawab berbagai pertanyaan mengenai rencana mereka ke depannya salah satunya adalah bahwa mereka akan debut di Jepang pada Maret 2011. Konser SHINee World Tour ini pun digelar sepanjang tahun 2011 di Taiwan, China, Singapura dan Jepang.

Pada 16 Mei 2011, EMI Music Japan merilis teaser untuk “Replay” versi Jepang di channel Youtube resmi mereka disusul dengan Music Video pada 27 Mei 2011. Single debut ini resmi dirilis pada 22 Juni 2011 di Jepang dan terjual lebih dari 91.000 keping dalam satu minggu pertama. Pada 19 Juni 2011, SHINee pergi ke London, lebih tepatnya di Abbey Road Studios untuk Japan Debut Premium Reception. Showcase ini sangat eksklusif dan hanya untuk 130 orang terpilih. Kebanyakan dari mereka merupakan pers. Pada 22 Juli 2011, SHINee memulai Japan Debut Premium Reception Tour. Mereka tampil pada sejumlah konser di berbagai kota di Jepang yaitu Fukuoka pada 22 Juli, Kobe pada 23 Juli, Tokyo pada 27 dan 28 Juli, Sapporo pada 8 Agustus dan Nagoya pada 11 Agustus 2011.

Pada 8 Agustus 2011, EMI Music Japan merilis Music Video untuk “Juliette” versi Jepang di channel Youtube mereka. Single tersebut rilis di Jepang pada 28 Agustus 2011 dilanjutkan dengan merilis “Lucifer” versi Jepang pada 15 September 2011. Oricon (tangga lagu Jepang) menyatakan bahwa SHINee merupakan artis luar pertama yang merilis tiga single dan ketiganya berada di deretan top three pada tangga lagu mingguan setelah 44 tahun lamanya.

EMI Music Japan mengumumkan bahwa SHINee akan merilis álbum pertama mereka, The First pada 23 November 22011. Namun sayangnya perilisan tersebut tertunda hingga tanggal 7 Desember 2011. Album tersebut berisi 5 lagu baru dan 7 lagu korea mereka yang dibuat versi Jepangnya. Setelah merilis album The First, SHINee kembali menggelar konser di Tokyo International Forum Hall A pada 24 Desember 2011.

Setelah comeback di Korea Selatan dengan Sherlock, EMI Music Japan kembali merilis Music Video untuk Sherlock versi Jepang pada 25 April 2012. Single-nya sendiri dirilis pada 16 Mei 2012. SHINee memulai tour nasional Jepang pertama mereka yang bertajuk The 1stJapan Arena Tour “SHINee World 2012”. Tour ini berjumlah total 20 konser di Fukuoka, Sapporo, Nagoya, Osaka, Kobe, Tokyo, dan Hiroshima yang digelar selama dua bulan.

[/toggle_box]

[toggle_box title=”SHINee Tour” width=”Width of toggle box”]

  • The 1st Concert “Shinee World” (2010-2011)
  • Japan Debut Premium Reception Tour (2011)
  • The 1st Japan Arena Tour “Shinee World 2012” (2012)

Concert participation

  • SMTown Live ’08 (2008-2009)
  • SMTown Live ’10 World Tour (2010-2011)
  • SMTown Live World Tour III (2012-2013)

Supporting act

  • TVXQ The 3rd Asia Tour “Mirotic” (2009)
  • Girls’ Generation The 1st Asia Tour “Into the New World” (2009-2010)

[/toggle_box]

[toggle_box title=”Penghargaan” width=”Width of toggle box”]

Tahun Penghargaan
2008
  • Cyworld Digital Music Awards : Rookie of the Month (May)
  • Mnet 20’s Choice Awards : Hot New Star
  • Asia Song Festival : Best New Artist
  • Style Icon Awards : New Icon Award
  • 15th Korea Entertainment Arts Awards : Best Newcomer
  • 10th Mnet Asian Music Awards : Best Male Rookie
  • 23rd Golden Disk Awards : YEPP Newcomer Album
2009
  • 18th Seoul Music Awards : Best Newcomer
  • 24th Golden Disk Awards : YEPP Popularity Award
2010
  • 16th Korea Entertainment Arts Awards : Male Group Award
  • 19th Seoul Music Awards : Bonsang Award
  • 2nd Singapore Entertainment Awards : New Generation Artist
  • 25th Golden Disk Awards : Popularity Award
  • 25th Golden Disk Awards : Disk Bonsang (Lucifer)
  • 26th Annual Korea Best Dresser : Best Dressed Singer
2011
  • 20th Seoul Music Awards : Bonsang Award
  • 20th Seoul Music Awards : Popularity Award
  • 6th Asia Model Festival Award : Popular Singer Award
  • SBS MTV Best Of The Best : Global Star
  • K-Pop Lovers! Awards 2011 : Single of the Year (Replay – You’re my Everything)
  • K-Pop Lovers! Awards 2011 : Artist of the Year
  • MBC Gayo Daejun 2011 : Most Anticipated Group for 2012

Penghargaan Pada Acara Musik

Music Bank

Tahun Tanggal Menang Lagu
2009 June 5 “Juliette”
June 19
October 30 “Ring Ding Dong”
November 6
2010 July 30 “Lucifer”
August 6
October 15 “Hello”
2012 April 6 “Sherlock (Clue + Note)”
April 13

Inkigayo

Tahun Tanggal Menang Lagu
2008 September 21 “Love Like Oxygen”
2009 June 28 “Juliette”
July 5
November 1 “Ring Ding Dong”
November 8
November 15
2010 August 8 “Lucifer”
August 15
October 17 “Hello”
2012 April 1 “Sherlock (Clue + Note)”
April 8
April 15

M! Countdown

Tahun Tanggal Menang Lagu
2008 September 18 “Love Like Oxygen”
2009 November 5 “Ring Ding Dong”
2012 March 29 “Sherlock (Clue + Note)”

Show Champion

Tahun Tanggal Menang Lagu
2012 March 27 “Sherlock (Clue + Note)”
April 3

[/toggle_box]

[toggle_box title=”SHINee Variety Show” width=”Width of toggle box”]

Berbicara tentang Kpop Idol biasanya tidak jauh-jauh dengan variety show yang pernah mereka isi. Mengisi sebuah variety show tentu saja sangat biasa, semua artis dapat melakukannya. Tetapi bagaimana jika sebuah variety show khusus diciptakan untuk sebuah grup berdasarkan lagu yang pernah mereka bawakan? Hal ini terjadi pada SHINee! Sebuah variety show sengaja dibuat berdasarkan lagu debut SHINee yaitu “Replay” atau yang lebih dikenal dengan Noona Neomu Yeppeo di Korea. Noona Neomu Yeppeo sendiri artinya adalah kakak (perempuan), kau sangat cantik. Lagu ini bercerita tentang seorang remaja pria yang jatuh cinta pada wanita yang lebih tua daripada dirinya. Variety show yang ditayangkan di channel Mnet ini bernama Yunhaman dan inti dari variety show ini adalah mencari wanita yang lebih tua dari SHINee untuk berkencan dengan mereka. Variety show ini berhasil menunjukkan sisi romantis dari masing-masing member, tentu saja tidak lepas dari tingkah konyol mereka.

Jika di Yunhanam SHINee harus mati-matian menunjukkan keromantisan mereka pada kekasihnya, maka di variety show mereka yang bernama Hello Baby mereka harus menunjukkan sisi kebapakan pada anak berusia 3 tahun! Hello Baby merupakan variety show pengasuhan anak/bayi oleh Kpop Idol. SHINee merupakan Idol kedua yang mengisi variety show Hello Baby setelah sebelumnya sukses dibawakan oleh SNSD. Selama kurang lebih tiga bulan, SHINee harus tinggal dengan seorang anak berusia 3 tahun yang bernama Jung Yoogeun atau yang sering dipanggil Yoogeun. Di variety show ini mereka seringkali menghadapi kesulitan-kesulitan dalam menjalani hidup sebagai seorang ayah. Tidak ketinggalan, berbagai tingkah laku konyol dan kekanak-kanakan dari SHINee (yang tidak jauh berbeda dengan ‘anak’ mereka) juga muncul di sini. Bahkan ada fans yang berkomentar, “SHINee membesarkan seorang bayi? Yang benar adalah mereka tumbuh besar bersama bayi itu!”   Walaupun acara ini sudah berakhir di tahun 2010, namun kabarnya hubungan SHINee dan Yoogeun masih erat. Mereka sering berkomunikasi dan Yoogeun pun sering menirukan tarian-tarian SHINee.

[/toggle_box]

[toggle_box title=”Skandal Percintaan Member SHINee” width=”Width of toggle box”]

Sama seperti artis-artis lainnya yang penuh dengan skandal, sebagai artis yang populer, SHINee juga memiliki berbagai skandal percintaan walaupun pada akhirnya semua skandal itu hanya dianggap bohong, namun ada juga yang berharap bahwa skandal-skandal tersebut benar-benar terjadi. Diawali dengan munculnya sebuah foto dimana Key tengah berjalan dengan seorang personil girlband populer di Korea, Nicole KARA.  Gambar tersebut sedikit buram sehingga tidak dapat dokonfirmasi apakah yang ada di foto itu benar-benar Key dan Nicole. Lagipula laki-laki di foto tersebut memakai masker sehingga wajahnya tidak terlihat jelas. Namun, pada kenyataannya Key dan Nicole memang berteman baik karena mereka lahir di tahun yang sama (orang Korea cenderung lebih akrab dengan orang yang lahir di tahun di sama daripada yang lebih tua atau lebih muda). Member lainnya, Jonghyun juga suatu ditemukan berjalan dengan aktris populer, Shin Sekyung (yang juga seumur dengan Jonghyun). Sebelum ini Jonghyun seringkali berkata bahwa Shin Sekyung adalah tipe wanita idealnya di samping Lee Minjung. Namun fans melihat berbagai kejanggalan dari foto yang beredar sekitar satu bulan setelah SHINee pulang dari Indonesia ini. Biasanya Idol jika berjalan-jalan (apalagi kencan) selalu menggunakan masker atau atribut lain yang menyamarkan identitas mereka, namun Jonghyun dan Sekyung tidak memakai atribut apa pun dan mereka terlihat sangat santai. Foto yang diambil pun terlihat tidak natural dan mereka terkesan berpose untuk difoto. Skandal yang langsung dikonfirmasi oleh SM Entertainment dan agensi Sekyung ini dikabarkan hanyalah dibuat-buat untuk menaikkan kepopuleran kedua artis tersebut. Ada juga yang bilang kalau skandal ini sengaja dibuat untuk menutupi skandal Jessica SNSD dengan salah satu personil 2PM. Skandal ini berakhir beberapa bulan lalu dengan kabar bahwa Jonghyun dan Sekyung putus. Kabar ini pun dikonfirmasi oleh kedua manajemen, bukan dari Jonghyun sendiri maupun Sekyung.

Minho juga tidak luput dari skandal. Kali ini dengan personil girlband se-agensi yaitu Yuri SNSD yang dua tahun lebih tua darinya. Skandal ini muncul karena terdapat foto Minho dan Yuri yang menggunakan gelang yang sama. Minho mengenakan gelang ini bukan hanya sekali dua kali. Dia sering memakainya.

Tidak ada konfirmasi mengenai skandal ini. Beberapa fans mengatakan bahwa gelang itu berasal dari sponsor. Onew dan Taemin juga tidak lepas skandal, namun tidak ada bukti atau konfirmasi mengenai skandal mereka. Onew dikabarkan dekat dengan Luna f(x) dan Taemin dikabarkan dekat dengan Sulli f(x). Namun itu semua hanyalah kedekatan karena mereka berasal dari agensi yang sama dan sering melakukan aktifitas bersama.

[/toggle_box]

[toggle_box title=”Galeri Foto SHINee” width=”Width of toggle box”]

[/toggle_box]

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment