Saturday 03rd December 2016,

Movie Features

Ξ Leave a comment

Timothy Dalton, 2 Kali Tolak Peran Bond

posted by Akmal Fahmi
Timothy Dalton, 2 Kali Tolak Peran Bond

Para pecinta agen 007 atau James Bond pasti tahu tentang Timothy Dalton, tapi mungkin juga banyak yang tidak tahu mengenai dia. Hal ini wajar karena dari sekian banyak seri James Bond, Timothy Dalton hanya berperan sebagai agen 007 sebanyak 2 judul saja,  The Living Daylights (1987) dan Licence to Kill (1989). Berikut adalah biografi mengenai Timothy Dalton.

Kehidupan Pribadi

Dalton lahir di Colwyn Bay, Denbighshire, Wales Utara pada 21 Maret 1946. Ayah Dalton adalah seorang kapten di Special Operations Executive selama Perang Dunia II dan menjadi eksekutif advertising saat Dalton lahir. Ibu Dalton adalah orang Amerika keturunan Italia-Irlandia. Sebelum Dalton berumur 4 tahun, mereka sekeluarga pindah ke Inggris lalu pindah lagi ke Belper di Derbyshire. Di Belper, Dalton bersekolah di Herbert Strutt Grammar School. Saat remaja, dia menjadi anggota Air Cadets. Dalton tertarik pada dunia akting saat berumur 16 tahun setelah melihat proses produksi film Macbeth. Dalton keluar dari sekolah pada 1964 dan memutuskan untuk masuk Royal Academy of Dramatic Art dan melakukan tur bersama National Youth Theatre. Dalton tidak menyelesaikan pendidikannya di RADA dan meninggalkan akademi itu pada tahun 1966 dan bergabung dengan Birmingham Repertory Theatre.

Dalton mempunyai seorang anak laki-laki bernama Alexander (kelahiran 7 Agustus 1997), dengan musisis Rusia, Oksana Grigorieva. Dalton pernah berhubungan aktris Inggris, Vanessa Redgrave antara tahun 1971 sampai 1986. Dalton juga penyuka sepak bola dan tim favoritnya adalah Manchester City F.C.

Karir

Dalton memulai karir berakting di BBC pada tahun 1968 dan film pertamanya adalah berperan sebagai Philip II of France di The Lion in Winter lalu dilanjutkan berperan sebagai Heathcliff di Wuthering Heights pada tahun 1970. Setelah bermain beberapa film, pada tahun 1971 Dalton memutuskan beristirahat dari film dan memutuskan berkonsentrasi pada teater. Dalton melakukan pertunjukannya bersama Royal Shakespeare Company ke seluruh dunia. Pada tahun 1975, Dalton dan Vivien Merchant menjadi pemeran utama di The Vortex.

(Timothy Dalton sebagai Philip II of France di The Lion in Winter)

Pada tahun 1978, Dalton membintangi film Sextette sebagai seorang suami berumur 85 tahun, Mae West, Di Amerika, Dalton juga bermain film pada tahun 1980 sebagai Prince Barin dalam film sci-fi Flash Gordon dan bermain sebagai Mr. Rochester di serial TV BBC, Jane Eyre pada tahun 1983. Dalton bermain bersama Jonathan Pryce pada tahun 1985 dalam film The Doctor and the Devils. Dalton juga menjadi pemeran pembantu bersama Joan Collins dalam mini seri, Sins (1986).

(Timothy Dalton sebagai Prince Barin di Flash Gordon)

Dalton juga pernah batal berakting di 2 film. Dalton telah terdaftar memerankan Wakil Perdana Menteri Inggris, William Lamb dalam film Lady Caroline Lamb, tapi posisinya digantikan oleh Jon Finch at the last moment. Lalu Dalton juga akan bermain sebagai Don Alfonso de la Torré di film Pirates, tapi tiba-tiba peran tersebut digantikan oleh Damien Thomas.

James Bond (1987-1994)

Dalton beberapa kali ditawari berperan sebagai James Bond. Sebelum The Living Daylights, Dalton diajak berperan sebagai Bond pada tahun 1968 pada On Her Majesty’s Secret Service, namun diumurnya yang masih 25 tahun, Dalton merasa masih terlalu muda untuk menjadi agen 007 dan menolaknya. Dalton merasa belum bisa menandingi Sean Connery yang sebelumnya telah berperan sebagai Bond. Pada tahun 1979, Dalton bermain dalam TV seri Charlie’s Angels dan berperan sebagai Damien Roth yang seorang playboy jutawan yang hampir persis dengan karakter James Bond. Melihat itu, pihak produksi James Bond ingin mengganti aktor James Bond dengan yang lebih segar dan ingin Bond dengan karakter yang berbeda. Pada tahun 1987, Dalton akhirnya mendapat peran Bond menggantikan Roger Moore di film Bond yang berjudul The Living Daylights.

(Timothy Dalton sebagai James Bond di The Living Daylights)

Film

Peran Dalton sebagai Bond dalam The Living Daylights (1987) menuai sukses dan bersaing di puncak box office dengan Die Hard dan Lethal Weapon. Tetapi, peran Dalton kedua kalinya sebagai agen 007 di Licence to Kill (1989) tidak sesukses saat Dalton bermain di The Living Daylights, Film ini kurang laris bukan karena pemainnya melainkan karena strategi pemasarannya yang salah. Jadwal rilis Licence to Kill bersamaan dengan film yang lagi booming saat itu, seperti Indiana Jones and the Last Crusade, Batman, dan Lethal Weapon 2. Beda cerita di Inggris, film ini menuai sukses besar disana dan menerima 15 sertifikat dari British Board of Film Classification.

(Timothy Dalton sebagai James Bond di Licence to Kill)

Dengan pendapatan sebesar $191 juta dari seluruh dunia, The Living Daylights menjadi film Bond tersukses ke empat disaat itu. Semenjak Dalton dikontrak memerankan Bond untuk 3 seri film Bond, proses produksi film Bond ketiga untuk Dalton dimulai pada tahun 1990 dan dijadwalkan rilis pada 1991 dengan jalan cerita kehancuran laboratorium senjata kimia di Skotlandia dan juga akan melakuakn pengambilan gambar di London, Tokyo, dan Hong Kong. Namun film ini dibatalkan terkait isu antara UA/MGM dan Eon Productions, selama 4 tahun terakhir.

Perselisihan ini berakhir pada tahun 1993 dan Dalton diharapkan akan kembali memerankan James Bond di film Bond selanjutnya, GoldenEye, tapi tidak bisa karena kontrak Dalton sudah kadaluarsa. Pihak produksi ingin memperbarui kontrak Dalton. GoldenEye memulai proses produksinya pada tahun 1994, tapi Dalton memutuskan untuk menolak kelanjutannya berperan sebagai James Bond dengan alasan dia sedang terikat kontrak dengan mini seri Scarlett. 2 bulan setelah pengumuman Dalton itu, pihak produksi GoldenEye mengumumkan Pierce Brosnan sebagai James Bond.

Dalton sebagai Bond

Tidak seperti Moore, yang bermain sebagai Bond dengan sangat terlihat playboy-nya, Dalton memerankan Bond dengan lebih serius dan kelam. Dalton mengatakan produser ingin membuat Bond yang lebih serius dalam menghadapi musuh-musuhnya yang juga lebih kejam. Dalam melakukan aksi-aksi yang berbahaya pun Dalton sangat jarang menggunakan pemeran pengganti dan dia lebih suka melakukan aksi berbahanya sendiri.

Pasca Era Bond

Setelah Dalton tidak lagi memerankan Bond, dia terus berkutat di dunia panggung, TV, dan film, ditambah lagi dia harus lepas dari karakter Bond yang membawanya semakin bersinar di dunia perfilman. Dalton mendapat peran sebagai mata-mata Nazi, Neville Sinclair dalam film The Rocketeer (1991), dan menjadi Rhett Butler di Scarlett, untuk miniseri TV Dalton bermain di Gone with the Wind.

(Timothy Dalton sebagai  Julius Caesar di Cleopatra)

Selama pertengahan tahun 90an, Dalton telah membintangi beberapa film TV seperti Irish Republican Army, The Informant, Made Men. Pada tahun 1999, Dalton menjadi Julius Caesar di film TV Cleopatra. Pada tahun 2003, Dalton bermain dalam film parody James Bond sebagai Damian Drake dalam film Looney Tunes: Back in Action. Pada awal tahun 2004, Dalton kembali bermain teater sebagai Lord Asriel dalam His Dark Materials. Pada tahun 2007, Dalton bermain sebagai Simon Skinner dalam film action-komedi Hot Fuzz. Pada tahun 2010, Dalton menjadi pengisi suara karakter Mr. Pricklepants di Toy Story 3,

[toggle_box title=”Filmografi” width=”Width of toggle box”]

Tahun Judul Peran
1968 The Lion in Winter Philip II
1970 Wuthering Heights Heathcliff
1970 Cromwell Prince Rupert
1970 The Voyeur Mark
1971 Mary, Queen of Scots Henry – Lord Darnley
1975 Permission to Kill Charles Lord
1978 Sextette Sir Michael Barrington
1978 The Man Who Knew Love Juan di Dios
1979 Agatha Col. Archibald Christie
1980 Flash Gordon Prince Barin
1981 Chanel Solitaire Boy Capel
1985 The Doctor and the Devils Doctor Thomas Rock
1987 The Living Daylights James Bond
1988 Hawks Bancroft
1989 Brenda Starr Basil St. John
1989 Licence to Kill James Bond
1990 The King’s Whore Le Roi Vittorio Amadeo
1991 The Rocketeer Neville Sinclair
1993 Naked in New York Elliot Price
1996 Salt Water Moose Lester Parnell
1997 The Beautician and the Beast Boris Pochenko
1997 The Informant DCI Rennie
1999 Made Men Sheriff Dex Drier
1999 The Reef Charles Darrow
1999 Cleopatra Julius Caesar
2000 Time Share Matthew “Matt” Farragher
2001 American Outlaws Allan Pinkerton
2003 Looney Tunes: Back in Action Damien Drake
2006 Tales from Earthsea Ged/Sparrowhawk
2007 Hot Fuzz Simon Skinner
2010 Toy Story 3 Mr. Pricklepants
2010 The Tourist Chief Inspector Jones
2011 Hawaiian Vacation Mr. Pricklepants
2011 Small Fry Mr. Pricklepants
2012 Partysaurus Rex Mr. Pricklepants
2012 Secret of the Wings Lord Milori

[/toggle_box]

[toggle_box title=”Galeri Timothy Dalton” width=”Width of toggle box”]

[/toggle_box]

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment