Monday 05th December 2016,

Movie News

Ξ Leave a comment

AFI (Apresiasi Film Indonesia) Menitik Beratkan Pada Kualitas!

posted by Octavia
AFI (Apresiasi Film Indonesia) Menitik Beratkan Pada Kualitas!

Saking santernya produksi film Indonesia, membuat beberapa insan perfilman papan atas membuat satu lagi ajang penghargaan yang bertajuk Apresiasi Film Indonesia (AFI).

Ajang yang baru saja berdiri ini ternyata berbeda dengan Festival Film Indonesia loh, seperti yang dikatakan oleh Tjipta Lesmana, ajang ini merupakan ajang dimana kualitas adalah segala-galanya. Penilaian dari AFI sendiri berdasarkan tiga titik, yaitu  berbasis nilai budaya, kearifan lokal, dan pembangunan karakter bangsa. Dan karena penggagas ajang ini adalah Wakil Menteri  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Wiendu Nuryanti, maka ajang ini  didukung penuh oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pada ajang yang akan dihelat tanggal 2 Desember 2012 nanti, akan ada 4 ppiala yang diperebutkan kedalam 4 kategori berbeda, yaitu  untuk kategori Film Cerita Panjang/Bioskop Terunggul, Film Pendek Terunggul, Film Dokumenter Terunggul, dan Film Animasi Terunggul.

Progress pematangan acara ini cukup cepat. Setelah menyeleksi 90 film untuk kategori  Film Cerita Panjang/Bioskop, kini telah terdapat 26 judul yang siap memperebutkan satu dari tiga piala yang lain. FIlm-film tersebut antara lain: Ayah Mengapa Aku Berbeda, Garuda di Dadaku 2, Umi Aminah, Hafalan Shalat Delisa, My Last Love, Malaikat Tanpa Sayap, Republik Twitter, Negeri 5 Menara, Seandainya, Keumala, Sampai Ujung Dunia, Mata Tertutup, Soegija, Ambilkan Bulan, Di Timur Matahari, Jenderal Kancil The Movie, Rumah Di Seribu Ombak, Brandal-Brandal Ciliwung, Perahu Kertas 1, Tanah Surga, Katanya, Cinta Suci Zahrana, Perahu Kertas 2, Cita-Citaku Setinggi Tanah, Pasukan Kapiten, Perempuan Sasak Terakhir, dan Atambua 39 Derajat Celcius.

Sebelum memasuki hari nominasi, pihak AFI akan melakukan serangkaian agenda, diantaranya adalah   3 November 2012 akan diumumkan film unggulan di AFI, dan dilanjutkan pemutaran film di 9 kota pada 24 – 29 November.

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment