Saturday 10th December 2016,

Movie Reviews

Ξ Leave a comment

“CZ12: Chinese Zodiac”, Jackie Chan Telah Kembali!

posted by Utario Esna Putra
“CZ12: Chinese Zodiac”, Jackie Chan Telah Kembali!

 Review Rating

Story
Effect
Music

Genre: Action, Adventure

Director: Jackie Chan

Actor: Jackie Chan, Oliver Platt, Laura Weissbecker, Xingtong Yao, Alaa Safi, Caitlin Dechelle

Release Date: 12 Desember 2012 (Hong Kong), 13 Januari 2013 (Surabaya)

 What We Like : 

Nostalgia film laga khas Jackie Chan era 80-90an. Adegan berantem yang sangat bagus koreografinya. Penuh pesan yang penting kepada dunia.

 What We Dislike :

Dialog dan jalan cerita tidak digarap dengan baik. Akting terkesan kaku, sekaku Tembok Cina

Awalnya saya bingung apa yang harus saya tulis untuk judul film Jackie Chan yang satu ini. Akhirnya setelah mendapat konfirmasi bahwa judul yang digunakan di Indonesia adalah “CZ12: Chinese Zodiac”, jadilah ini yang saya gunakan. Membingungkan karena film tentang perburuan pusaka ini memiliki beberapa versi judul. Yang pertama adalah “Armour of God III”, kedua adalah “Rising Dragon”, ketiga adalah “Shi Er Sheng Xiao” (versi Kanton), yang keempat tentu saja “CZ12: Chinese Zodiac”.

Lupakan dengan banyaknya versi judul. Hey, Jackie Chan telah kembali! Kalau Anda penggemar berat model-model film Jackie Chan tahun 80-90an, film ini wajib ditonton. Sebagai sekuel “Armour of God”, yang mana disutradarai dan dibintangi oleh Jackie pastinya “rasanya” tetap dipertahankan.

Jadi seperti apakah film ini?

Sinopsis

JC atau Asian Hawk dikontrak sebuah perusahaan yang mengumpulkan pusaka Kerajaaan Cina yang hilang pada masa perang opium. Pusaka berupa 12 kepala binatang yang melambangkan 12 shio menjadi aset yang menguntungkan karena harganya yang tinggi di balai lelang. Sementara itu protes dari aktivis pecinta heritage gencar meneriakkan agar tiap pusaka yang telah dicuri agar dikembalikan ke bangsa memilikinya. Akankah JC tergiur dengan uang berlimpah? Ataukah rasa nasionalisme mengalahkan keserakahan? Well, happy cuan Jackie!

Jackie 101

Dulu saya kira “1911” adalah filmnya yang terakhir karena saat itu angka film yang dibintanginya mencapai angka 100. Ternyata saya salah. “Chinese Zodiac” adalah yang ke-101. Ini saatnya kita bilang WOW mengingat usianya sudah 58 tahun.

Masih memakai “rumus” turunan “Armour of God”, Jackie berperan sebagai Lara Croft versi cowok. Namun bukannya memburu pousaka untuk koleksi pribadi, dia menerima order dari pebisnis yang mengambil untung dari perdagangan pusaka curian. Target utamanya adalah kepala patung 12 shio yang terbuat dari perunggu. Dan petualangan dimulai dari Paris!

Yang menarik pada tahun 2000an Jackie membintangi versi kartun dirinya dalam “Jackie Chan Adventures”. Kartun yang ditayangkan di SCTV ini secara kebetulan menampilkan kedua belas patung shio dari Istana Musim Panas Cina persis seperti dalam “Chinese Zodiac”. Apakah mungkin film ini obsesi Jackie Chan yang terpendam lebih dari satu dasawarsa? Wallahu alam. Kalau saya bandingkan alur cerita dan dialog antara “Chinese Zodiac” dengan “Jackie Chan Adventures” rasanya satu episode film kartun tersebut digarap lebih baik daripada keseluruhan film. Film ini jauh lebih konyol dan banyak adegan tidak masuk akal. Mulai pakaian roller blades sampai bajak laut negro yang bicara bahasa Mandarin. Anda harus bersiap menyaksikan banyak kejutan di sini.

Akting Sekaku Tembok Cina

Entah Jackie yang gagal mengarahkan para pemain atau casting terburu-buru atau memang naskahnya yang tidak ciamik, jadinya akting para pemain sangat kaku. Banyak dialog yang tidak jelas tujuannya apa. Jadinya adegan mengalir sekaku Tembok Cina. Dan hanya satu yang tidak kaku. Apalagi kalau bukan adegan berkelahi khas Jackie Chan!

Nyelip-nyelip di antara furniture dan anak tangga

Namun segala kekauan itu membuat kesan tersendiri. Begitu kakunya sampai menjadi lucu. Anda akan tahu maksud saya waktu adegan berhadapan dengan para bajak laut. Kaku tapi lucu.

Secara umum ini mengingatkan saya film-film Hong Kong era 80-90an. Jangan sebut daftar film yang memang dibuat serius. Tengok saja film semacam “Project A”, “Armour of God”, atau sekalian Stephen Chow punya. Tak terasa Jackie Chan membawa atmosfer masa-masa tersebut ke hadapan penonton.

Menjanjikan stunt darat,laut, dan udara

Pesan Penting

Terlepas dari segala kekauan dan kekonyolan itu, ternyata film ini memiliki tujuan yang mulia. Ternyata Jackie Chan memberikan dukungan terhadap usaha pengembalian pusaka yang dicuri ke negara asalnya. Dan ini tersampaikan secara jelas di ending title.

Selain itu, dia mencoba mengangkat perseteruan permusuhan antara dua bangsa yang dulu berperang. Diceritakan Coco yang berjiwa nasionalis harus bertemu dengan Katherine, keturunan tentara Perancis yang turut menjarah isi Istana Musim Panas di Cina. Beberapa barang jarahan ditemukan di rumah Katherine, sedangkan Katherine tidak paham bertul barang tersebut. Muncullah perang mulut antara Coco yang merasa barang tersebut warisan berharga bangsanya dan katherine yang merasa barang tersebut adalah warisan kakeknya. Mau tahu bagaimana Jackie mengeksekusi ide ini dan mengakhirinya dengan bijak? Lihat saja filmnya.

Rekor Dunia

Satu lagi nilai plus film ini, walaupun tidak berhubungan dengan kualitas film adalah rekor yang diraih. Tidak hanya satu melainkan dua rekor Guiness berhasil dipecahkan Jackie Chan dalam film ini. Yang pertama adalah rekor sosok yang paling sering disebut dalam screen credits dan rekor aksi stunt terbanyak yang dilakukan oleh seorang aktor. Saya ingatkan lagi kalau umurnya sudah 58 tahun #kalem. Tapi yang jelas penyutradaraan dan penulisan naskahnya tidak akan mendapat rekor apa-apa.

Cameo

Ternyata banyak aktor/artis terkenal yang jadi cameo. Jangankan pemain film, musisi terkenal pun jadi cameo. Simak saja daftar cameo “Chinese Zodiac” lalu cocokkan sendiri dimana dan kapan mereka muncul.

  • Kenny G (saxophonis)
  • Lin Feng-jiao (istri Jackie Chan)
  • Shu Qi (artis)
  • Daniel Wu (aktor)
  • Bolin Chen (aktor)

Ending Credits

Jangan lupa kalau ini film yang dibintangi Jackie Chan. Salah satu ciri khasnya adalah ending credit yang berisi cuplikan adegan gagal,konyol atau bloopers saat syuting. Jadi jangan keburu beranjak dari tempat duduk Anda setelah film selesai.

http://www.chinesefilms.cn/mmsource/images/2012/09/10/sz20120910022.jpg

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment