Saturday 10th December 2016,

Movie Reviews

Ξ Leave a comment

Epic, Versi Kanak-Kanak dari Avatar

posted by Aisyah Nawangsari
Epic, Versi Kanak-Kanak dari Avatar

Tampaknya terjadi kesalahan pemilihan judul untuk film ini. Epic seharusnya menjadi judul film yang benar-benar epik dan tidak akan terlupakan. Epic hanya tampak seperti replica dari film Avatar dengan visual yang lebih sederhana dan cerita yang lebih sederhana untuk memenuhi kebutuhan segmentasi anak-anak. Ditonton dengan versi 3D pun rasanya tidak begitu mengagumkan karena mereka tidak menciptakan scene yang sekiranya membuat penonton merasakan perbedaan menonton film 2D dan 3D seperti yang dilakukan oleh The Croods, Life of Pi, atau The Great Gatsby.

91503_gal.png

Sinopsis

MK (Amanda Seyfried) seorang remaja perempuan pergi mengunjungi ayahnya yang seorang arkeolog dan tinggal di tepi hutan. Sifat ayahnya yang terlalu terobsesi dengan manusia-manusia kecil di hutan membuat MK dan ibunya pergi meninggalkan ayahnya beberapa tahun lalu, namun kini ia kembali berharap ayahnya berubah.

Sementara itu di hutan memang terdapat pasukan-pasukan pelindung hutan yang berukuran mini bernama Leafman dipimpin oleh seorang ratu, Queen Tara (Beyonce).  Ketika mereka mengadakan upacara pencarian kelopak yang akan menggantikan Queen Tara, hutan diserang oleh pasukan Boggans, mereka memiliki panah beracun dan membunuh Queen Tara. MK yang sedang berjalan di dekat kejadian pun ‘dipanggil’ oleh Queen Tara untuk menyelamatkan kelopak yang ia pilih. Kelopak itulah yang nantinya akan menyelamatkan hutan dari serangan Boggans. MK yang tidak tahu menahu tiba-tiba mengecil dan harus membantu Leafman untuk menyelamatkan kelopak tersebut.

91504_gal.png

Serba Kurang

Sayang sekali walaupun diproduksi oleh Blue Sky yang juga memproduksi Ice Age, Epic memiliki banyak kekurangan baik dari segi cerita maupun teknik. Film ini hanya fokus pada pesan moral yang ingin disampaikan hingga ‘lupa’ membuat jalan cerita yang lebih menarik, lebih kuat, dan lebih menyentuh. Sebagai film animasi semestinya Epic memiliki lebih banyak guyonan daripada yang mereka sajikan. Teror dan ketegangan yang ditawarkan sangat lemah, pertarungan kurang seru, dan tentu saja segalanya kurang epik.  Bisa dibilang cerita ini hanya mencotek Avatar dan mengubahnya menjadi cerita yang lebih ramah dan bisa dinikmati oleh anak-anak.

91506_gal.png

Cast yang menjanjikan

Dengan jajaran cast yang menjanjikan seperti Amanda Seyfried, Colin Farell, Josh Hutcherson, dan Beyonce, judul yang epik, dan trailer serta soundtrack yang keren, tidak heran jika banyak yang tergoda untuk menonton film ini walaupun perilisannya berbarengan dengan film-film blockbuster seperti Star Trek dan Fast & Furious. Sayang seribu sayang, film-nya tidak se-epik judulnya dan rasanya tidak mungkin bisa menandingi kepopuleran film-film action tersebut.

91507_gal.png

Seluruh cast tampil secara oke di film ini, termasuk Beyonce yang bisa membawakan peran yang sangat berkarisma (walaupun tampil hanya sebentar). Amanda, Colin, Christoph Waltz, dan Josh juga tampil tanpa cacat, hanya saja mereka tersandung oleh naskah yang lemah dan (sekali lagi) terlalu kekanak-kanakan.

91513_gal.png

Film yang biasa ini membuang-buang uang untuk menghadirkan aktor suara yang namanya sudah melejit. Jika hanya untuk menghibur anak-anak saja semestinya mereka tidak perlu menghadirkan aktor-aktor tersebut, akan lebih baik jika memberi kesempatan bagi aktor-aktor pendatang baru. Film dengan jajaran bintang-bintang besar pun tidak akan bisa terlihat epik jika tidak dibarengi dengan visual yang keren dan naskah yang kuat.

Sutradara: Chris Wedge

Produser: Lori Forte, Jerry Davis

Cast: Amanda Seyfried, Colin Farrell, Beyoncé Knowles, Josh Hutcherson, Christoph Waltz

Release date: 24 Mei 2013

Genre: Animation, Drama

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment