Saturday 10th December 2016,

Movie Reviews

Ξ 2 comments

F&F6: …Dan Joe Taslim Berujar, “Ve, Hantam Mereka!”

posted by Erwind Prasetyo
F&F6: …Dan Joe Taslim Berujar, “Ve, Hantam Mereka!”

Fast & Furious 6 terasa spesial, sangat spesial malah. Banyak alasannya…
Pertama, ini adalah sekuel terbaik dari semua yang pernah dibuat dalam franchise Fast & Furious. Kedua, ada Joe Taslim, si Sersan Jaka di The Raid Redemption sebagai aktor yang mewakili nama Indonesia di Hollywood. Dan ketiga, hmm…sebaiknya saya simpan di bagian paling akhir. Sebagai penggoda saja, saya sebut nama Jason Statham sebagai alasan terakhir. Ketiga alasan tersebut rasanya cukup jadi modal pendukung mengapa film ini melewati sesi Midnight dan diberondong penonton. Tidak mampu melampaui Iron Man 3 memang, tapi jelas lebih tinggi hype-nya dibanding Star Trek: Into Darkness.

fast01

Kisah Yang Nyambung Sejak Tahun 2009
Fast & Furious 6 dimulai sesuai akhir film sebelumnya. Dominic Toretto mengasingkan diri bersama pacar barunya, Elena. Brian menikah dengan Mia dan memiliki seorang putra, Jack. Han bersama Gisele berkelana ke Asia. Sedangkan Roman dan Tej berfoya-foya menikmati uang bagi hasil “kegiatan” mereka di Rio de Janeiro. Hingga kemudian Luke Hobbs muncul tiba-tiba di kediaman Dom, memberikan foto-foto bukti bahwa Letty masih hidup seraya meminta bantuan menangkap grup Owen Shaw. Sebuah kelompok pencuri kelas atas semi teroris, dimana Letty kini ikut bergabung. Atas alasan mengembalikan keluarga yang utuh, tim inti Fast & Furious ini kembali bersatu, ke Eropa, di mulai dari Rusia. Dom kemudian mendapati fakta bahwa Letty memang masih hidup, namun menderita amnesia dari kecelakaannya yang terakhir. Kini, Dom bersama Brian dan rekan satu tim berpartner dengan Hobbs untuk membekuk kelompok Owen Shaw. Tidak gampang, karena Owen adalah jebolan Pasukan Khusus Inggris. Dan ia juga punya tim yang solid dan kuat, salah satunya adalah Jah yang diperankan Joe Taslim. What the…nama macam apa pula itu Jah? Tidakkah Chris Morgan bisa mengarang nama yang lebih normal, seperti misalnya Ahmad, Slamet, atau Kuncoro supaya lebih terasa Indonesia? Hehehe…

fastshot09

Film ini kemudian, seperti biasa, akan menyuguhi kamu dengan tontonan penuh aksi. Kini lebih keras dan banyak faktor akrobatik terutama dengan mobil-mobilnya. Beda dengan film-film sebelumnya yang banyak bertabur mobil sportcar, kali ini banyak didominasi mobil-mobil muscle car dengan mesin 8 silinder ke atas ber-turbocharge. Bahkan Owen menggunakan mobil custom bergaya Formula 1 yang dipakai untuk misi-misi khususnya di jalan raya.

fastshot13

 

fastshot07

Ini Sekuel Terbaik…Bagi Yang “Ngerti” Film Aksi
Buat kebanyakan yang kurang demen film aksi, atau mobil, mungkin menganggap Fast & Furious 6 sebagai film sepele asal pamer gebuk-gebukan dan balap mobil. Atau mungkin sekedar datang nonton karena penasaran dengan akting Joe Taslim. Tapi bagi yang suka dengan film aksi penuh pergelutan dan balap mobil, pasti bakal menyukai sekuel ini. Fast & Furious 6 di bawah arahan Justin Lin menjelma jadi film aksi keras dan penuh adegan berbahaya. Tidak ada lagi parade mobil cantik, efek-efek CGI mesin mobil, atau pamer perut dan belahan dada cewek seksi (setidaknya sedikit saja). Semua digantikan dengan adegan ala film-film James Bond dan spionase, kombinasi balap, adu fisik, dan adegan berbahaya. Chris Morgan selaku penulis naskahnya pandai dan jeli menjalin cerita. Menyambung dari kisah di Fast Five, dan kemudian memberikan teaser di belakang untuk kelanjutan cerita di Fast Seven (bukan titel resmi).

fastshot06

 

fastshot04

Alasan kedua saya menyebut film ini sangat layak ditonton adalah Joe Taslim. Joe hebat.
Karakternya, Jah, punya banyak scene di film ini. Joe bahkan sempat menyelipkan sekalimat bahasa Indonesia (seperti yang saya gunakan di titel artikel ini) dan pasang aksi bela diri Judonya melumpuhkan Tyrese Gibson dan Sung Kang. Jadi perkiraan kebanyakan orang sebelum film ini tayang yang menyangsikan bahwa jangan-jangan Joe hanya tampil sebagai figuran, adalah salah. Hell, he even had more scenes than Jason Statham in the movie, hehehe…

fastshot02

Alasan terakhir saya, adalah acungan jempol buat Chris Morgan. Ia mulai dewasa sejak pertama bergabung dalam tim penulis naskah di sekuel The Fast and the Furious: Tokyo Drift yang (maaf) super jelek. Chris mulai menggariskan kisah keluarga Dom dan krunya secara terpisah, namun masih berhubungan antar sekuel. Terbukti dengan kehadiran Jason Statham di akhir film yang menunjukkan cikal-bakal atau teaser film Fast & Furious 7 nantinya… Dan satu lagi, Fast & Furious 6 ternyata luar biasa menghibur. Candaan renyah banyak menghiasai film ini, di sela aksi keras yang jadi sajian utama. Kebanyakan didominasi Tyrese Gibson dan Ludacris (atau nama aslinya Chris Bridges). Bahkan lebih lucu ketimbang semua film sebelumnya.

fastshot01

 

Fast and Furious Franchise
Supaya kamu nggak bingung, andaikan sedikit lupa dengan seri film ini, franchise Fast & Furious sudah resmi terjabar hingga 7 film saat ini. Ya, tujuh! Fast Seven saat ini sudah mulai diproduksi dan akan ditayangkan perdana tanggal 11 Juli 2014 mendatang. Nah, film-film ini hadir dengan banyak sutrada dan penulis naskah yang berbeda, coba simak dan perhatikan bahwa (entah mengapa) mereka tidak menggunakan pakem judul film resmi yang tetap…

fastshot12

The Fast and the Furious (2001)
Ini adalah film pertama franchise ini. Titik temu antara dua tokoh utama film, Dom Toretto dan Brian O’Conner. Selaku rival. Satu sebagai pimpinan geng balap mobil liar, satunya sebagai polisi yang menyamar dengan tujuan menangkap mereka. Film ini juga menunjukkan siapa-siapa tim inti dan “keluarga” Fast & Furious nantinya. Disutradarai oleh Rob Cohen dengan naskah cerita bikinan Gary Scott Thompson. Kesannya? Film ini banyak menampilkan aksi anjing dan kucing antara Dom dan Brian, serta penuh hiasan mobil dan cewek seksi, plus hiasan efek CGI mesin mobil. Seperti perjalanan percikan api busi, atau penggunaan NOS, dan sebagainya. Film pertama ini menunjukkan cast Vin Diesel (Dom), Paul Warker (Brian), Jordana Brewster (Mia), dan Michelle Rodrigues (Letty) selaku tokoh paling utama.

fastshot15

2 Fast 2 Furious (2003)
Sutradara John Singleton mengambil alih pengarahan sekuelnya. Dan Gary kini dibantu oleh Michael Brandt dan Derek Haas untuk menyusun naskah cerita. Film ini mulai menunjukkan jalinan persahabatan Brian dengan Dom, ketika Brian meminta bantuannya menangkap Carter Verone, mafia obat telarang, demi menghapuskan catatan kriminal yang ia (dan Dom sekeluarga) dapatkan di akhir kisah film pertama. Eva Mendes, Ludacris, Tyrese Gibson, dan Devon Aoki muncul sebagai cast utama yang baru.

The Fast and the Furious: Tokyo Drift (2006)
Ini adalah sekuel yang merusak nama baik franchise Fast & Furious. Merupakan sekuel paling gagal. Terlebih karena tidak satu pun aktor dan aktris utama yang tergabung dalam tim inti muncul di sini, kecuali Han Seoul-Oh (diperankan Sung Kang). Kisahnya menuturkan perjalanan pemuda sok bernama Sean Boswell meniti “karir” di arena balap liar jalanan Tokyo yang lagi ngetren dengan teknik drifting. Film ini kembali mengalami pergeseran sutradara, yang kini ditangani oleh Justin Lin yang berduet bersama Chris Morgan selaku penulis naskah. Sebenarnya mereka cukup jeli menyusun cerita bersambung. Sayang, dengan tidak mengundang cast orisinilnya, membuat film ini dicap sebagai sekuel “sampah” dari seri Fast & Furious.

fastshot03

Fast & Furious (2009)
Melihat film sebelumnya kurang sukses, Justin Lin dan Chris Morgan putar haluan. Mereka mengembalikan tim orisinil Dom dan rivalnya, Brian. Awalnya, mereka punya misi pribadi masing-masing. Dom hadir karena menyelidiki berita/isu tentang pembunuhan Letty. Sedangkan Brian punya misi meringkus pimpinan kartel, Arturo Braga (yang juga muncul di Fast & Furiuous 6). Ternyata, Letty berada di tim yang sama dengan Brian, membantunya. Poin inilah yang dijadikan “reuni” hubungan Dom dan Brian. Sekaligus mempertegas hubungan antara Brian dan Mia, adik kandung Dom.

Fast Five (2011)
Film kelima ini mulai menunjukkan komitmen Justin Lin dan Chris Morgan untuk terus menyambung kisah di sekuel-sekuel Fast & Furious berikutnya. Film dimulai tepat di adegan terakhir Fast & Furious sebelumnya. Dan di film ini, pertama kalinya Brian 100% berbelok, dari seorang agent rahasia FBI menjadi bagian keluarga dan kru Dom. Mereka kini ada di pihak yang sama, dan sebagai rival, dihadirkan Dwayne “The Rock” Johnson, sebagai Luke Hobbs, agent US DSS. Bisa ditebak, kehadiran Dwayne di sini mulai menggeser adegan aksi yang bisa didominasi balap mobil dan baku tembak, ke aduk fisik dan pergelutan. Tapi cukup cocok kok, mengingat baik Vin Diesel dan Dwayne Johnson notabene sama-sama aktor laga berbadan “Hulk”… Film Fast Five mulai mengangkat kembali pamor franchise ini. Audiens kembali percaya bila seri film ini sudah “sembuh” dan kini punya alur cerita yang layak diikuti.

fastshot11

Fast & Furious 6 (2013)
Film keenam, yang berhasil saya tonton di hari pertama 21 menayangkannya. Meski terpaksa duduk di kursi deretan huruf P. Film ini kembali menaikkan grafik franchise ini. Justin Lin sukses mengembalikan nama baik franchise Fast & Furious. Kini dengan menampilkan hubungan “baik” antara Dom (bersama Brian) dan mantan rivalnya, Hobbs, untuk membekuk Owen Shaw. Sekaligus misi pribadi Dom untuk mencari Letty yang dikira sudah tewas sebelumnya…

Fast Seven (2014) (WARNING, SPOILER ALERT!)
Fast Seven sudah disiratkan di akhir cerita Fast & Furious 6. Kemunculan Jason Statham mencelakai Han di Tokyo menunjukkan kehadiran dirinya sebagai Ian Shaw sebagai tokoh antagonis utama di film ketujuh. Ian (Jason Statham) diceritakan mencelakai Han di sebuah balapan liar di jalanan Tokyo. Ia kemudian mengangkat ponsel dan memberikan kabar pada Dom, bila Dom akan segera mengenal namanya. Menandakan bila kisah ini akan berlanjut dengan tema balas dendam Ian Shaw pada keluarga Dominic.
Filmya sendiri sudah masuk dalam masa pre-produksi dan dijadwalkan rilis 11 Juli 2014 mendatang. Sayangnya, Justin Lin disebut-sebut tidak akan kembali. Dwayne Johnson juga mungkin tidak kembali berperan sebagai Hobbs di sini, karena kontraknya menyelesaikan film Hercules. Yang pasti, film ini WAJIB ditunggu. Karena rivalitas baru yang panas. Dulu antara Dominic Toretto lawan Brian O’Conner. Lalu Dom dan Brian melawan Luke Hobbs. Nanti, hadir Ian Shaw yang diperankan Jason Statham!

Mobil-mobil Eksotik di Fast & Furious 6
Simak mobil-mobil eksotik yang muncul di film ini…

Barracuda 1970 Hemi-powered (Dominic)

Barracuda 1970 Hemi-powered (Dominic)

Ford Escort Rally (Brian)

Ford Escort Rally (Brian)

Custom Car (Owen)

Custom Car (Owen)

Ford Mustang 1970 (Roman)

Ford Mustang 1970 (Roman)

Lucra LC470 (Tej)

Lucra LC470 (Tej)

...dan Tank (Jah, atau Joe Taslim!)

…dan Tank (Jah, atau Joe Taslim!)

 

Dan Ini, Cewek-cewek Seksi di Fast & Furious 6!

 

Michelle Rodriguez

Michelle Rodriguez

Jordana Brewster

Jordana Brewster

Gal Gadot

Gal Gadot

Gina Carano

Gina Carano

 

Directed by: Justin Lin
Produced by: Neal H. Moritz
Written by: Chris Morgan

Cast:
Vin Diesel, Paul Walker, Dwayne Johnson, Michelle Rodriguez, Jordana Brewster, Tyrese Gibson, Chris “Ludacris” Bridges, Sung Kang, Luke Evans, Gina Carano, Joe Taslim

Release date: May 22, 2013

 

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment