Friday 09th December 2016,

Movie Reviews

Ξ Leave a comment

Habibie & Ainun, Hujan Air Mata di Akhir Tahun

posted by Tyas Istiqomah
Habibie & Ainun, Hujan Air Mata di Akhir Tahun

 Review Rating

Story
Effect
Music

Genre: Drama

Director: Faozan Rizal

Actor: Bayu Oktara, Bunga Citra Lestari, Hanung Bramantyo, Hengky Sulaiman, Ratna Riantiarno, Reza Rahardian

Release Date: 20 Desember 2012

 What We Like : 

Indonesia punya orang sehebat Pak Habibie!!!

 What We Dislike :

Gambaran kereta dan pesawat buatan Pak Habibie kurang “mengena”

Ya, dan inilah klimaks kisah cinta sepanjang masa Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie. Sebelum Anda menonton filmnya, sempatkan untuk menonton trailernya dulu dan saya yakin Anda pun sudah terharu hanya dengan melihat trailernya saja!

Film yang didaptasi dari novel berjudul sama ini jelas menjadi salah satu film kebanggan tanah air. Ternyata memang pesona kisah cinta sejati Pak Habibie dan Bu Ainun banyak menginspirasi pasangan lain di seluruh Indonesia. Buktinya, saat saya menonton film ini di hari Sabtu lalu, hampir seluruh bangku penuh! Wow! Hebatnya lagi, tidak hanya pasangan bapak-ibu sebagai suami istri saja yang ingin menonton film ini, bahkan gerombolan remaja sampai pasangan muda-mudi pun ingin ikut larut merasakan kisah cinta dua insan manusia ini.

Bertemu lagi setelah berpisah…

Film dimulai dengan masa SMA Pak Habibie (Reza Rahardian) dan Bu Ainun (Bunga Citra Lestari) yang memang bersekolah di tempat yang sama. Saat itu memang belum ada benih-benih cinta diantara keduanya sampai masing-masing melanjutkan pendidikan demi meraih cita-cita.

Kembalinya dari Jerman, Pak Habibie “sowan” ke rumah keluarga besar Bu Ainun di Rangga Malela 11B, Bandung. Pertemuan singkat hari itu membuat hidup Pak Habibie berubah. Tidak butuh waktu lama sampai akhirnya mereka menikah dan melanjutkan kehidupan berdua di Jerman.

Romantisme di Jerman

Ada dua sisi positif yang sangat sangat sangat saya banggakan dari film ini. Pertama, kisah cinta mereka yang tak sekalipun goyah. Kedua, kecerdasan luar biasa Pak Habibie saya yakin bisa membuat Anda terpacu untuk menjadi seperti beliau.

Untuk alasan pertama, sama sekali tak ada celah. Sang sutradara sudah sangat hebat menggambarkan romantisme Pak Habibie dan Bu Ainun. Tidak bisa dipungkiri, memang dalam rumah tangga selalu ada pasang surut, begitu pula rumah tangga Pak Habibie. Semua kisah cinta itu jelas membuat penonton yang melihat hujan air mata. Ya, film yang rilisnya berdekatan dengan akhir tahun ini bisa dibilang sebagai film penyebab datangnya hujan air mata. Anda pasti setuju dengan saya!

Saya menyebutnya bapak dirgantara yang sangat setia!

Sayang, di film ini tidak terlalu banyak cerita detil tentang gambaran kehebatan Pak Habibie. Memang, ada saat Pak Habibie terlihat sibuk dengan kertas-kertas dan bagaimana Pak Habibie melihat serta mengawasi langsung pembuatan pesawat pertama milik Indonesia, N250. Namun tidak begitu ditonjolkan apa yang Pak Habibie pikirkan dan ungkapkan. Menurut saya akan lebih bagus kalau ada adegan Pak Habibie menuliskan rumus bagaimana pesawat bisa begitu ringan dan kokoh di papan tulis. Yaahh, paling tidak Anda mendapat ilmu baru bukan?

Ini dia pesawat pertama Indonesia

Kisah romantis Pak Habibie dan Bu Ainun tidak saja menginspirasi dan mengundang decak kagum dari penonton bioskop dan rakyat Indonesia. Pak Jokowi dan Pak SBY pun tidak mau kalah menyaksikan romantisme dan kehebatan Pak Habibie.

“Saya terharu betul,” ungkap Pak SBY usai menonton Habibie dan Ainun seperti dilansir Republika.

Gubernur DKI Jakarta yang baru, Pak Jokowi juga turut berkomentar. “Dalam film itu, Pak Habibie dan Ibu Ainun bisa saling mengisi. Bisa saling memberi dan menerima juga,” ungkap Pak Jokowi seperti dilansir Tempo.

Satu lagi, saat di awal film saya sempat mengharapkan munculnya Pak Habibie asli dalam film ini. Namun sampai akhir cerita, sepertinya harapan saya sia-sia. Namun siapa sangka jika pada menit akhir film Pak Habibie benar-benar muncul dan diceritakan sedang melayat ke makam Bu Ainun.

Akhirnya harapan saya terwujud…

Nah kan, benar-benar kisah inspiratif!

 

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment