Friday 09th December 2016,

Movie Reviews

Ξ Leave a comment

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

posted by Octavia
Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Review Rating
Story
Effect
Music


Genre: Aksi
Director: Christopher McQuarrie
Actor: Tom Cruise, Rosamund Pike, David Eyelowo, Werner Herzog, Jai Courtney, Richard Jenkins
Release Date: 28 Desember 2012

What We Like :
Cerita detektif yang realistis, tidak mengada-ada.

What We Dislike :
Untuk bintnag sekaliber Tom Cruise, seharusnya dapat menyajikan yang lebih dari pada yang terlihat di layar lebar.

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali muncul di layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well, ingin tahu seperti apa filmnya? jangan kemana-mana.

Bercerita tentang penembakan 5 orang secara acak, film ini dapat dikatakan cukup sukses dengan topik yang diangkatnya. Film yang diangkat dari novel karya Lee Child ini memiliki cerita yang cukup bagus untuk rating film detektif. Oke, kembali lagi ke film, dengan teknologi dan kemampuan analisis polisi Amerika, jelas tidak butuh waktu lama untuk menangkap siapa dalang yang melakukan penembakan tersebut. Dan inilah wajah dari pelaku tersebut.

Alih-alih mengaku atau melakukan pembelaan diri, Barr malah meminta polisi untuk mencari pembelaan dari Jack Reacher yang telah hilang selama bertahun-tahun. Well, disinilah aktor utama kita muncul. Mari kita sambut kedatangan Jack Reacher!.

Reacher, yang sebenarnya tidak tahu apa-apa yakin bahwa seperti sebelumnya, Barr memang bersalah saat ini. Semua bukti memang mengacu kepadanya, mulai dari sidik jari hingga ke keahlian khusus Barr, yakni penembak jitu (Sniper). Meskipun demikian, pengacara Barr, berusaha untuk membuat hukuman mati Barr lebih diperingan. Sang pengacara yang diperankan oleh Rosamund Pike, masih mempertanyakan keinginan Barr untuk mengundang Reacher. Lewat Reacher dirinya menggali latar belakang Barr hingga kemudian Reacher dan Helen Rodin (nama karakter yang diperankan oleh Rosamund Pike) bekerjasama dan mengumpulkan bukti-bukti dari kasus tersebut, dan bagaimanakah hasilnya?.

Berbicara tentang film detektif, tidak mungkin mengesampingkan analisis dan alur cerita dari film ini. Alur cerita dari film ini memang cenderung tidak ada yang istimewa, akan tetapi analisis yang dibuat didalamnya cukup mengagumkan. Tidak terkesan terlalu mengada-ada seperti anime detektif Jepang yang sangat terkenal, sangat realistis. Saya sempat berpikir di dunia nyata, kasus seperti ini pasti banyak dilakukan dan karenanya kemampuan polisi negara ini yang sangat biasa-biasa saja, banyak orang berasib seperti James Barr diatas. Dituduh atas hal yang tak dilakukannya sama sekali.

Hanya saja, satu yang sedikit mengecewakan. Apabila di banyak film-film detektif lain sosok pembunuh sebenarnya tidak diperlihatkan, tidak demikian di film ini. Saat awal pembukaan film, kronologis serta sosok pembunuh dipaparkan dengan sangat gamblang. Sehingga dari awal penonton akan tahu sebenarnya siapa pembunuh sebenarnya. Awalnya saya sempat bingung, tetapi setelah mengikuti film dengan seksama, barulah saya dapat mengambil hal apa yang menjadi titik berat dari film ini, yakni bukan untuk mencari siapa pembunuhnya, tetapi untuk menelusuri motif dari dilakukannya pembunuhan ini. Well, kebiasaan dan logika ternyata dapat cukup menyesatkan bukan?.

Diatas saya telah mengatakan bahwa untuk kategori film detektif, film ini dapat dikatakan bagus, akan tetapi untuk kategori film yang dibintangi oleh Tom Cruise, film ini sangat-sangat standar sekali. Dengan absennya alat-alat canggih dan aksi-aksi akrobatik menegangkan ala Mission Impossible, Tom Cruise harusnya lebih berusaha untuk memberikan nilai plus lain untuk film ini. Yang saya lihat disini apa yang disuguhkan oleh Cruise (selain tubuh sixpack dan wajah menarik tentunya), sangat standar. Jujur, saya sedikit kecewa, untungnya kekecewaan saya dapat ditutupi oleh alur cerita film ini, thanks Mr. Child!.

Untuk film dan musik yah cukup menunjang untuk genre dari film ini lah. Masih standar film Hollywood, tidak lebih dan tidak kurang. Yang jelas gambar masih halus dan dapat diterima mata dengan baik, bahkan untuk adegan dibawah hujan sekalipun. Sedangkan untuk musiknya sendiri cukup dapat bercampur dengan adegan dari film ini, sehingga dapat menjadi satu kesatuan yang menarik.

Screenshot

 

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment