Sunday 11th December 2016,

Movie Reviews

Ξ Leave a comment

Kungfu Hip Hop ala “The Man with the Iron Fists”

posted by Utario Esna Putra
Kungfu Hip Hop ala “The Man with the Iron Fists”

 Review Rating

Story
Effect
Music

Genre: Action, Fantasy

Director: RZA

Actor: Byron Mann, Daniel Wu, Dave Bautista, Jamie Chung, Lucy Liu, Rick Yune, Russel Crowe, RZA

Release Date:  2 November 2012 (USA) 19 Desember 2012 (Surabaya)

 What We Like : 

RZA berani menabrakkan hip hop dengan kung fu. Make up, kostum, senjata dan koreografi dua jempol

 What We Dislike :

Keberanian RZA menabrakkan hip hop dengan kung fu bisa jadi blunder. Nampak jelek untuk orang yang tidak bisa menerima konsep ini. Pemeran utama tidak jelas siapa

Film ini unik sekali. Kalau Anda ingin melihat film yang “keluar jalur” ada baiknya menonton “The Man with the Iron Fists” (TMWTIF). Acungan 2 jempol atas keberanian sutradara RZA. Sutradara bernama asli Robert Fitzgerald Diggs ini mencampuradukkan cita-rasa film laga Mandarin dengan Negro.

Apa sih maksudnya? Barangkali Anda menemukan kata-kata saya yang absurd di atas. Tapi memang begitulah. Anda pernah menonton film-film bertema gangsta? Film yang  menyorot lingkungan orang-orang negro (in the hood, bro!). Dengan tokoh utama super cool. Dan tidak lupa soundtrack yang kental nuansa RnB dan Hip Hop. Yah, film semacam: “Training Day”, “Above the Rim”, “Boyz n the Hood”, “Trois”, “Craddle 2: The Grave”, “Ghost Dog: The Way of the Samurai”. Film terakhir yang saya sebutkan juga dibintangi oleh RZA. Nah bayangkan nuansa film yang saya sebutkan tadi dicampur dengan latar Cina abad ke 19. Plus kungfu, plus kerajaannya, plus amoy cantik-cantik.

Amoy lovers: Cungkwok di mana-mana

Baiklah kita mulai membedong film ini. Anda jangan mengharapkan ini adalah film full kungfu semacam “Once Upon A Time In China” atau laga kolosal semacam “The Lost Bladesman”. Ini film yang benar-benar fresh. Melihat RZA sebagai aktornya, saya tidak berharap terlalu banyak. Meskipun begitu dia cukup bagus memainkan perannya. Plot cerita serta dialog cukup solid, meskipun tidak sedalam “Inception” tentunya, solid tapi tidak kompleks.

Soundtrack-nya cukup sulit dinilai. Saya merasa aneh saja ada film kung fu dengan musik Hip Hop. Bagi beberapa orang, mungkin ini sangat mengganggu. Tapi sekali lagi, ini idenya segar.

http://www.joblo.com/video/media/screenshot/the-man-with-the-iron-fists-character-trailer-bronze-lion.jpg
Koreografi kung funya yahud!

Lanjut ke kostum. Di TMWTIF ini produsernya memang terlihat niat sekali. Kostum sangat kuar biasa dan mencerminkan karakter pemerannya. Belum lagi senjata. Meskipun ini Cina abad ke-19, tapi bukan berarti adanya cuma golok, tombak, dan musket. Golok bukan sekedar golok, tapi golok pembunuh naga. ah tidak, saya cuma melebih-lebihkan. Setiapo senjata tidak ada yang tampil polosan. Selalu punya fitur khusus. Hebatnya lagi, nampaknya tiap pemain di sini memiliki set senjatanya sendiri-sendiri.

Make up, kostum, dan senjatanya istimewa
http://i2.listal.com/image/3889815/600full-the-man-with-the-iron-fists-screenshot.jpg
Apa itu yang dipegang Russel Crowe? Pistol atau pisau?

Kalau senjatanya aneh-aneh, tentunya tidak lucu kalau adegannya hanya pedang-pedangan biasa. Di sini orang mati dengan cara seksama dan dilakukan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Perlu diperhatikan bahwa rating film ini adalah untuk DEWASA. Film ini sangat berdarah dan sadis. Sebagai bandingannya adalah “Saw”. Anda bisa melihat orang dibunuh dan disiksa dengan cara bermacam-macam. Di sini pun sama, tetapi temponya lebih singkat. Ada yang ditebas kek, digorok kek, dipukul sampai matanya copot. Saya sangat menyarankan Anda untuk makan popcorn selagi nonton film ini di bioskop. Saya kuatir Anda mulai mempertanyakan apa yang baru saja dimakan: popcorn kah? Atau bola mata korban pertarungan?

Bagi Anda yang meragukan kemampuan RZA menggarap film kung fu, jangan kuatir. Karena koreografi dan sinematografinya luar biasa bagus.

Hal yang lucu adalah karakter yang dimainkan RZA itu sendiri. Saya kira dia merangkap sebagai pemeran pembantu saja. Russel Crowe lah tokoh utamanya. Tapi aneh rasanya, kalau Rusel Crowe yang jadi tokoh utama, seharusnya film ini berjudul “The Man with the Knife”. Atau Rick Yune yang memerankan X-Blade. dia bisa saja menjadi pemeran utama. Nanti judul filmnya berubah menjadi “The Man with the X-Blades”. Entah rendah hati atau apa, RZA lupa memberikan porsi lebih pada pemeran utamanya….yaitu dia sendiri. Sehingga saya baru tahu siapa itu man with the iron fists (manusia bertinju besi) menjelang akhir film. Hayo siapa itu yang memainkan man with the iron fists?

[divider]

Kalau Anda butuh hiburan yang fresh, film ini layak tonton. Ngomong-ngomong desain posternya keren! Retro banget.

http://wpc.556e.edgecastcdn.net/80556E/img.site/PHiddsy10VkRll_2_m.jpg

 

 

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment