Thursday 08th December 2016,

Movie Reviews

Ξ Leave a comment

Looper, Perjalanan Waktu Dunia Mafia

posted by Akmal Fahmi
Looper, Perjalanan Waktu Dunia Mafia

 Review Rating

Story
Effect
Music

Genre: Science Fiction

Director: Rian Johnson

Actor: Bruce Willis, Emily Blunt, Joseph Gordon-Levitt

Release Date: 28 September 2012

 What We Like : 

Bruce Willis dan Gordon-Levitt bermain bagus, awal film yang tidak diduga-duga

 What We Dislike :

Minim hi-tech dan efek animasi, pengembangan adegan yang kurang pas

Satu lagi film yang mengangkat tema time travel, ya Looper. Sebelum menonton film ini, saya mencoba tidak membaca sinopsisnya terlebih dahulu. Ok,  tidak berfikir bahwa ini adalah film tentang masa depan dan time travel. Pertama kali film dimulai pun tidak menunjukkan unsur masa depan dan time travel. awal film dimulai dengan seorang pria yang sedang berdiri di tengah ladang dan sedang memegang senjata lalu tiba-tiba ada seorang pria yang tidak diketahui muncul dan ditembaklah pria itu. saya sempat speachless di adegan awal itu.

Looper menggunakan latar tahun 2044, jangan berfikir akan banyak hi-tech dan alat-alat menakjubkan. Pada film ini, 2044 digambarkan Amerika Serikat sedang mengalami krisis ekonomi karena masalah sosial yang tidak kunjung usai dan tumbuhnya organisasi kriminal yang tidak terkendali. Pada tahun itu, tidak ada yang namanya perjalanan waktu (time travel), tapi 30 tahun kemudian, sudah ada perjalanan waktu tetapi sangat dilarang, hingga yang bisa melakukannya hanya organisasi kriminal besar yang tentunya secara diam-diam. Organisasi kriminal selalu mempunyai target untuk dibunuh, tapi karena membunuh target mereka pada jaman 30 tahun setelah 2044 sangat mudah diketahui polisi, karena itu mereka menggunakan alat perjalanan waktu dan mengirim target yang akan dibunuh ke tahun 2044, setelah sampai, target akan langsung ditembak. Penembak inilah yang disebut Looper. Saat organisasi kriminal tahun 2074 mengirim korbannya, mereka juga menyertakan kepingan perak sebagai bayaran untuk para Looper. Tapi, para Looper adalah orang yang dikontrak. Kalau kontrak mereka habis, para Looper ini akan dieksekusi dengan mencari para Looper 30 tahun kemudian dan mengirimnya ke 2044, dan dieksekusi sendiri oleh dirinya di tahun itu.

Pada tahun 2044, 10% dari penduduk Bumi memiliki kekuatan telekinesis, awalnya itu adalah hal yang hebat, seiring berjalannya waktu mereka dianggap orang aneh. Salah satu dari Looper terbaik adalah Joseph “Joe” Simmons (Gordon-Levitt), yang bekerja untuk mafia di Kansas, Abe (Daniels). Abe sebenarnya adalah mafia yang dikirim dari masa depan untuk mengatur para Looper, selain mafia, Abe juga pemilik sebuah club dan kepala polisi. Suatu malam, Seth (Dano), teman baik Joe, berlari ke apartemen Joe untuk meminta pertolongan. Seth menuturkan bahwa dia menerima kiriman korban dan ternyata orang itu adalah Seth saat tua, dan Seth mrmbiarkannya kabur. Seth dikejar-kejar oleh anak buah Abe dan dibunuh dengan memutilasi jasadnya.

Saat Joe akan mengeksekusi korbannya lagi, dia melihat korbannya adalah dirinya saat tua (Bruce Willis). Joe tua kabur dan Joe muda mengirm pesan ke Joe tua untuk menemuinya di tempat dirinya biasa makan. Disana Joe tua menceritakan semua bahwa dimasa depan ada ketua mafia baru yang disebut Rainmaker yang salah satu programnya adalah memusnahkan para Looper. Alasan Joe tua kembali adalah untuk membunuh anak kecil yang akan menjadi Rainmaker dimasa depan. Joe muda masih saja ingin menjalankan tugasnya untuk memusnahkan Joe tua, tapi tiba-tiba mereka diserang oleh anak buah Abe yang dipimpin oleh Kid Blue (Segan), tetapi, sebelum mereka berpisah, Joe tua sempat memberikan sobekan kertas yang menunjukkan beberapa digit angka dan koordinat lokasi.

 

Joe muda mengikuti lokasi tersebut dan tibalah dia di rumah petani yang ditempati oleh Sara (Blunt), yang tinggal bersama anaknya, Cid (Gagnon). Saatt Joe menunjukkan petanya ke Sara, Sara menyadari bahwa angka-angka yang ada di peta tersebut adalah penggabungan dari tanggal lahir Cid dan nomor rumah sakit Cid dilahirkan. Joe menceritakan ke Sarah tentang Rainmaker. Joe tua mendapat lokasi para tergetnya dari anak yang lahir dan dirumah sakit yang sama dengan Rainmaker dilahirkan. Joe tua telah membunuh 3 targetnya dan yang tersisa hanya Cid.

Sara adalah seorang telekinesis dan Cid masih tidak mempercayai bahwa Sara adalah ibunya. Suatu hari Jesse (Dillahunt) yang berniat mengejar Joe muda membuat Cid jatuh dari tangga dan marah, disinilah hal hebat terjadi, sesuatu yang hebat lainnya juga akan terjadi saat Joe tua akan membunuh Cid. Apa yang terjadi dengan Cid dan Joe tua? dan akankan Cid menjadi Rainmaker?

Berbicara tentang sang aktor utama, Gordon-Levitt, saya rasa 2 film  terbarunya, Premiun Rush dan Looper, dia mendapat peran karakter yang sepertinya memiliki insting yang sangat bagus, seperti dia bisa mengetahui apa yang akan terjadi pada dirinya saat akan mengambil jalan tertentu. Saya sempat bingung saat menonton film ini. film ini mempunyai alur maju mundur guna menjelaskan semuanya. Hal yang hebat adalah film masa depan ini sama sekali tidak seperti film-film bernuansa masa depan lainnya, suasana lingkungannya sama seperti jaman sekarang dan minim hi-tech.

Selain minim hi-tech, film ini juga minim efek dan animasi. Ambil contoh saat para terget yang akan dibunuh muncul dengan tiba-tiba di depan Looper, kemunculan target ini tidak ada efek apa-apa, hingga kesannya seperti jin yang tiba-tiba muncul dan menghilang. Dan satu lagi yang sedikit mengganjal saya adalah kemampuan telekinesis yang ditampilkan dalam film semakin lama semakin berlebihan dan lebih mirip cerita X-men dengan Charles Xavier.

Ok, selamat menonton dan temukan jawabannya…

Screenshot Looper

Trivia

  • Looper adalah film ketiga hasil kerja sama antara sutradara Rian Johnson dan aktor Joseph Gordon-Levitt, Film pertama berjudul Brick, dan yang kedua berjudul The Brothers Bloom dimana Gordon-Levitt menjadi cameo sebagai penjaga bar dengan gitar.
  • Emily Blunt menyetujui bermain dalam film ini seteah membaca setengah skrip yang diberikan, bahkan dia tidak tahu apa yang akan dia perankan dan bagaimana karakternya.

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment