Saturday 10th December 2016,

Movie Reviews

Ξ Leave a comment

Modus Anomali, Misteri Di Tengah Hutan

posted by Akmal Fahmi
Modus Anomali, Misteri Di Tengah Hutan


Review Rating
Story
Effect
Music


Genre: Thriller
Director: Joko Anwar
Actor: Aridh Tritama, Hannah Al Rashid, Izzi Isman, Jose Gamo, Marsha Timothy, Rio Dewanto, Sadha Triyudha,Surya Saputra
Release Date: 26 April 2012

 What We Like : 
Kejutan tidak terduga, cerita seperti puzzle, sudut pandang kamera yang bagus

 What We Dislike :
Bahasa Inggris kurang “lentur”


Dengan Janji Joni sebagai pengecualian, Joko Anwar memiliki kecenderungan membuat otak dan jantung penonton bekerja lebih keras dengan film-filmnya, terlihat dari 2 film sebelumnya, Kala (2007) dan Pintu Terlarang (2009). Film keempatnya sekaligus yang paling baru, Modus Anomali tetap menunjukkan ciri khas dari Joko Anwar tetapi terlihat lebih matang dari film-film sebelumnya.

  • Sinopsis

Dibuka dengan sorotan kamera yang menampilkan kesejukan suasana ekosistem hutan. Panca indera dimanjakan dengan tebaran warna daun hijau segar, pohon-pohon yang kokoh berdiri, intipan genit sinar matahari, sejumlah hewan yang berkeliaran, hingga perpaduan suara hembusan angin dan kicauan burung.

Namun ternyata semua itu hanya jebakan. Secara mengejutkan, sebuah tangan muncul dari dalam tanah. Bagian tubuhnya yang lain kemudian menyusul. Wajah pria yang diperankan Rio Dewanto itu panik, jelas sudah bahwa ia baru saja dikubur oleh seseorang. Parahnya lagi, ia tak ingat namanya sendiri. Tidak memiliki secuil petunjuk pun, pria itu berlari tak karuan hingga sampai pada sebuah kabin di mana satu mobil keluarga terparkir di depannya.

Pria itu masuk ke dalam kabin dan menemukan sebuah handycam dengan tempelan selotip bertuliskan “PRESS PLAY”. Ia menurutinya dan apa yang diputar adalah video wanita hamil yang perutnya sedang ditikam oleh seorang figur bertopeng. Ketakutan, ia berjalan pelan-pelan menjauhi televisi dan mendadak tergelincir karena lantai yang digenangi darah.

Wanita hamil tersebut ternyata tergeletak tak bernyawa di belakang pria itu. Pertanyaan demi pertanyaan langsung bermunculan. Siapa pria tersebut? Kenapa ia dikubur? Siapa wanita hamil itu? Apa yang membuat mereka ada di hutan? Dan yang terpenting, siapa pembunuh sadis itu?

Dengan melihat ciri khas dari Joko Anwar, tentu saja untuk menemukan jawaban itu semua dengan memutar otak, memacu jantung, menyuguhkan sinematografi sedap dipandang, dan menampilkan banjir darah.
  • Opini
Cerita Berat Yang Minim Dialog

Setting hutan antah berantah yang gelap, karkater yang terbatas  (bahkan mungkin anda akan bertanya-tanya dimana Marsha Timothy dan Surya Saputra), miskin dialog dan rentetan misteri membingungkan bisa jadi berpotensi membuat penontonnya merasakan kebosanan dan penasaran sama besarnya. Tapi saya sangat menikmati setiap scene Rio Dewanto, bukan hanya karena rentetan misterinya yang membuat saya tidak bosan, tapi juga bagaimana Joko Anwar menyajikannya. Saya suka efek shaky dari kamera genggam dan pengunaan banyak long take rumit membuat aroma ketegangan begitu kuat, seperti membuat kita juga sedang berada di sana, merasakan kebingungan dan ketakukan yang dirasakan karkater Rio.
Berpikir Mencari Pelaku Sebenarnya
Salah satu hal yang saya sukai dari ciri-ciri film Joko Anwar dan Modus Anomali adalah kita diajak untuk berpikir bagaimana cerita selanjutnya? apa yang akan terjadi berikutnya, dan yang paling utama, siapa pelaku sebenarnya?. Saya sudah bersiap menyiapkan otak saya untuk coba memecahkan dan menebak kira-kira bagaimana akhirnya nanti. Pada akhirnya sedari pertengahan film ada beberapa detil-detil yang membuat saya sudah bisa sedikit mengira-ngira bagaimana fakta dan kejutan yang akan ditampilkan nanti. Tetapi tetap saja akhir yang disajikan tetap mengejutkan. Didukung dengan ketegangan dan misteri yang disajikan membuat film ini semakin enak untuk ditonton.
  • Kesimpulan
Menurut saya film ini sangat recomended untuk dilihat bagi para penyuka film “mikir”, karena cerita pada Modus Anomali seperti puzzle-puzzle berserakannya yang sudah siap menguji rasa pensaran anda. Dilengkapi minim dialog dan suasana tengah hutan yang mencekam semakin membawa anda ikut dalam ketegangan, kebingungan, dan ketakutan kerakter yang diperankan oleh Rio. Kejutan-kejutan banyak dihadirkan dalam film ini bahkan dari hal yang tidak diduga sebelumnya. Bagi yang tujuan menonton hanya untuk santai, maka siapkan bantal dan selimut, karena bila tidak berpikir film ini tersa begitu membingungkan. Kelebihan dalam film ini adalah pemanfaatan latar hutan yang begitu baik sehingga kesan misteri begitu kental dan penggunaan sudut pandang kamera yang bagus. Kekurangannya hanya pemakaian bahasa Inggris pemainnya yang masih ketara dialeg Indonesianya terlihat sedikit aneh. Tapi himbauan saya jangan langsung dibandingkan dengan Hollywood.

 

Trailer, Teaser, Dan Behind The Scene Modus Anomali
Galeri Modus Anomali

Karakter Dalam Modus Anomali

  • Rio Dewanto (Karakter Utama)
Rio adalah aktor berbakat yang kabarnya diincar pihak Hollywood. Pada film karya Joko Anwar ini Rio bermain sebagai pria yang harus membuka serangkaian misteri dan melakukan hal-hal yang tak terbayangkan untuk menyelamatkan keluarganya.
  • Hannah Al Rashid (Istri Karakter Rio)
Setelah menjawab panggilan casting melalui Facebook, aktris kelahiran Inggris ini membuat transisi dari VJ MTV dan aktris televisi untuk debut layar lebar pertamanya. Hannah bermain sebagai istri karakter yang dimainkan Rio yang tidak membayangkan adanya bahaya besar ketika ia dan keluarganya memutuskan untuk pergi berlibur di hutan.
  • Surya Saputra (Pria Misterius)
Aktor produktif yang sebelumnya pernah bekerja sama dengan Joko Anwar dalam film Janji Joni. Dalam Modus Anomali, Surya Saputra memainkan peran penting sebagai seorang suami dengan tidak diketahui latar belakang yang ada di hutan ketika semua keanehan terjadi.
  • Marsha Timothy (Istri Karater Surya Saputra)
Setelah bekerja sama dengan Joko Anwar sebelumnya di Pintu Terlarang, Marsha diajak bermain lagi dalam Modus Anomali sebagai ibu dua anak yang sekaligus istri dari karakter Surya Saputra yang ikut terlibat dalam pusaran misteri.
  • Sadha Triyudha (Anak Pertama Pasangan Karakter Surya Saputra Dan Marsha Timothy)
Aktor yang sebenarnya mempunyai jadwal kuliah yang padat ini memilih menjawab panggilan casting melalui Twitter dan telah menjalani audisi dengan baik. Dalam Modus Anomali, dia berperan sebagai anak pertama dari pasangan Surya Saputra dan Marsha Timothy yang juga tergolong misterius.
  • Jose Gamo (Anak Kedua Pasangan Karakter Surya Saputra Dan Marsha Timothy)
Setelah menjadi bintang di beberapa drama di sekolahnya, tim pencari bakat melihat Jose sebagai aktor muda yang cerdas dalam salah satu pertunjukan itu. Di Modus Anomali, Jose memainkan peran yang harus benyak bermain fisik sebagai anak yang harus membela keluarganya dan tidak peduli apapun.
  • Izzi Isman (Anak Perempuan Karakter Rio Dan Hannah)
Gadis berumur 13 tahun ini menjawab panggilan casting melalui Twitter dan belum pernah berakting sebelumnya. Izzi terpilih dari 80 calon dan berperan sebagai gadis muda anak dari karakter Rio dan Hannah.
  • Aridh Tritama (Anak Laki-Laki Karakter Rio Dan Hannah)
Setelah pencarian yang melelahkan untuk aktor untuk memainkan peran anak kecil,ternyata calon yang sempurna hidup hanya empat rumah jauh dari kantor produksi Modus AnomaliGambar hidup.Dan Aridh yang ternyata berbakat akting bergabung menjadi pemain hanya satu minggu sebelum pengambilan gambar dimulai. Ini juga debut akting pertamanya.

Trivia

Proyek film yang memenangkan penghargaan Bucheon Award di ajang Network of Asian Fantastic Film (NAFF) yang merupakan Bagian tidak bahasa Puchon International Fantastic Film di Korea Selatan.  Modus Anomali menyisihkan 23 hasil seleksi dari sekitar 100 proyek dari berbagai negara termasuk dari Amerika Serikat, Jepang, Taiwan, Hong Kong, Malaysia, dan Afrika Selatan. NAFF adalah ajang pitching dan market untuk proyek-proyek film yang akan diproduksi. Tayang perdananya berlangsung di The South by Southwest (SXSW) Film Festival 9-17 Maret 2012

Film Serupa Modus Anomali

Tentu saja Modus Anomali bukan satu-satunnya film thriller teka-teki satu satunya di Indonesia, berikut adalah beberapa film Indonesia yang serupa dengan Modus anomali:

  • Kala (2007)

Film Kala adalah film yang disutradarai Joko Anwar dan dimainkan oleh Fachri Albar, Ariyo Bayu, Shanty, Fahrani, Tipi Jabrik, dan Agus Melasz. Film ini menceritakan seorang polisi yang bernama Eros (Ario Bayu) menyelidiki kematian lima orang laki-laki yang dibunuh masa. Bertepatan dengan hal itu, seorang jurnalis bernama Janus (Fachri albar) juga meliput insiden untuk korannya.

Cerita mulai berkembang ketika Janus menghampiri istri korban yang menunggui jasad lakinya. Karena masih dalam keadaan shock, Janus tak mendapatkan cerita dean meninggalkan alat rekamannya dimana wanita tersebut berada. Permasalahan mulai timbul, ternyata wanita tersebut menyebutkan sebuah lokasi yang pada akhirnya diketahui sebagai tempat penyimpanan harta karun peninggalan presiden Soekarno.

Kemudian harta karun tersebut seperti menyimpan petaka. Pasalnya hanya satu orang yang berhak tahu dimana lokasi tersebut. Cerita film makin berkembang dengan banyaknya orang yang menginginkan harta tersebut. Orang demi orang mengalami kematiannya.Hingga pada akhir cerita ternyata Janus yang memiliki penyakit tidur ditakdirkan unjtuk memegang rahasia tersebut. Sementara Eros sang polisi ditakdirkan untuk menjaga keberadaan orang yang memegang takdir tersebut.

  • Pintu Terlarang (2009)

Film yang disutradari Joko Anwar dan dimainkan oleh Fachri Albar, Marsha Timothy, Ariyo Bayu, Otto Djauhari, Tio Pakusadewo, dan Henidar Amroe ini menceritakan tentang hidup seorang pematung yang sukses bernama Gambir (Fachri Albar) mulai berantakan setelah dia mulai menerima pesan-pesan misterius dari seseorang yang meminta pertolongannya. Dari sebuah tayangan TV illegal yang menempatkan kamera tersembunyi di rumah-rumah orang, dia mengetahui bahwa yang mencoba menghubunginya adalah seorang anak laki-laki berusia 7 tahun yang disekap dan disiksa oleh dua orang misterius.

Saat Gambir berusaha untuk mencari tahu di mana anak itu, dia curiga kalau istrinya yang bernama Talyda (Marsha Timothy) mungkin ada hubungannya dengan misteri yang sedang dia coba pecahkan. Tak lama kemudian, Gambir harus memilih, apakah menyelamatkan anak kecil itu atau kehilangan semua milik dan hidupnya. Akhirnya Fachri pun mencari tahu siapa dan dimana anak kecil itu untuk diselamatkannya. Tapi, semua teka-teki membawanya ke sebuah pintu rahasia di dalam rumahnya sendiri, yang tidak pernah ia ketahui sebelumnya, yang mungkin merupakan jawaban dari semua misteri.

  • The Witness (2012)

 Film yang disutradarai oleh Muhammad Yusuf dan dimainkan oleh Gwen Zamora, Marcellino Lefrandt, dan Febby Febiola ini bercerita seputar Angel (Gwen Zamora), General Manager sebuah hotel yang baru ditransfer dari cabang Manila ke Jakarta, dihantui mimpi aneh tentang seorang pemuda yang mencoba bunuh diri dengan menembakkan senjatanya sendiri ke mulutnya. Hal ini tampaknya pengaruh dari pembantaian terhadap keluarganya. Angel sendiri tertembak ketika mencoba meloloskan diri dari kejaran sang pelaku. Adiknya Safara, kedua orang tuanya, pembantunya dan satpam rumahnya semua tewas. Angel satu-satunya yang selamat dari tragedi tersebut.
Dihantui oleh kejadian itu dan mimpi aneh yang terus menerus mendatanginya, Angel kemudian berniat mencari tahu sendiri rahasia di balik semua mimpi dan peristiwa yang menghantuinya itu. Apalagi sang detektif yang menangani kasusnya tidak mempercayai keterangannya yang dinilai aneh dan mengada-ada.

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment