Sunday 11th December 2016,

Movie Reviews

Ξ Leave a comment

“Olympus has Fallen”, Seharusnya “Die Hard 5” Dibuat Seperti Ini

posted by Utario Esna Putra
“Olympus has Fallen”, Seharusnya “Die Hard 5” Dibuat Seperti Ini

 Review Rating

Story
Effect
Music

Genre: Action, Thriller

Director: Antoine Fuqua

Actor: Gerard Butler, Morgan Freeman, Aaron Eckhart, Rick Yune

Release Date: 22 Maret 2013 (USA)

 What We Like : 

Die Hard versi Gedung Putih. Film laga dengan visualisasi menjanjikan tapi tidak melupakan plot cerita

 What We Dislike :

Banyak detail yang tidak masuk akal. Mereka punya roket anti serangan udara di atap gedung putih tapi tidak bisa mendeteksi AC-130 mendekat? blah blah blah

Awalnya saya meng-underestimate-kan film ini. Siapa tahu “Olympus has Fallen” cuma jadi film semacam “The Hurt Locker” atau “Codename Geronimo” lainnya. Ternyata tidak. Bisa dibilang, film ini melebihi ekspektasi saya.

Sinopsis

Ketika Presiden Amerika Serikat diculik oleh seorang teroris dan menguasai Gedung Putih, mantan agen rahasia Mike Banning (Gerard Butler) ikut terperangkap di dalam gedung. Saat tim keamanan nasional berusaha merespon teroris, Mike menggunakan ilmu dan pengalamannya membantu tim keamanan mengambil alih kembali Gedung Putih, menyelamatkan Presiden dan  menghentikan tindakan teroris dari terjadinya bencana yang lebih besar

Petak Umpet ala “Die Hard”

Setelah kecewa berat dengan sekuel “Die Hard” yang terlalu sederhana dan meninggalkan pakem petak-umpet, tak disangka-sangka justru muncul “Olympus has Fallen”. Saya rasa ini ironis mengingat Gerard Butler yang keturunan Skotlandia memerankan karakter Agen Rahasia Mike Banning, lebih bisa memperlihatkan semangat petak-umpet ala John McClane lebih daripada yang bisa diperlihatkan Bruce Wilis di “Die Hard 5”.

Meskipun karakter Mike Banning suka berpetak-umpet, namun dia tidak meng-copy-paste karakter John secara keseluruhan. Jika tidak, saya yakin judulnya bukan “Olympus has Fallen”, melainkan “Die Hard in White House”. Jika John menghabisi para penjahat layaknya Rambo..menyerbu seperti orang gila, Mike melakukannya seperti gabungan Jason Bourne dan Rambo. Nekat tapi terlatih dan metodis.

Formula Lama

Dari tadi saya menyebutkan film-film yang berjaya pada era 90an. Pengecualian untuk Bourne. Mengapa rasanya relevan sekali saat saya membandingkan “Olympus has Fallen” yang diluncurkan 2013 dengan “Rambo” dan “Die Hard”? Tak lain karena semuanya dikemas dengan formulka yang sama. Adalah sutradara Antoine Fuqua yang berjasa mengembalikan atmosfir kejayaan film laga 90an.

Dibilang sebagai film laga, Olympus sanggup membawa penonton berlari marathon. Dari awal adegan laga tidak berhenti di-geber habis. Orang tak bersalah terkena peluru nyasar dan ledakan dari darat dan udara. Lakonnya mencerminkan kebebasan dan keadilan. Penjahatnya mencerminkan segala mimpi buruk Amerika Serikat. Formula yang sebenarnya klise bukan? Tapi semua dikemas dengan sangat menghibur.

Tidak hanya lakonnya saja yang perlu diacungi jempol, sang penjahat pun perlu diapresiasi. Rick Yune (Kang) secara mengejutkan mampu menampilkan penjahat yang bengis dan efektif. Dia dingin dan penuh rencana. Sebuah formula penjahat yang tak lekang oleh waktui sejak jaman “SuddenDeath” dan “Die Hard”. Kalau tidak rusak, tidak perlu diperbaiki. Barangkali itu yang ada di dalam benak Antoine Fuqua?

Plot Mulus

Satu lagi keberhasilan Antoine mengemas film laga. Dia tidak melupakan unsur cerita. “Olympus has Fallen” ini memiliki cerita yang sederhana. Namun plotnya begitu mulus. Antara adegan dengan adegan lain memiliki keterkaitan. Kalau dalam dunia sains istilahnya kohesi. maksud dari tiap adegan dapat dimengerti dengan jelas. Dan yang paling utama tiap karakter jelas perannya, dan motif masing-masing jelas untuk dimengerti.

http://www.impawards.com/2013/posters/olympus_has_fallen_ver6.jpg

 

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment