Sunday 04th December 2016,

Movie Reviews

Ξ Leave a comment

Paranormal Activity 4, Masih Menggantung Nih!

posted by Rani Sukma
Paranormal Activity 4, Masih Menggantung Nih!

 Review Rating

Story
Effect
Music

Genre: Horror

Director: Ariel Schulman, Henry Joost

Actor: Aiden Lovekamp, Alexondra Lee, Brady Allen, Kathryn Newton, Katie Featherston, Matt Shively, Stephen Dunham

Release Date: 18 Oktober 2012 (USA)

 What We Like : 

Menegangkan!!!

 What We Dislike :

Cerita dan format tidak ada perubahan, membosankan

Inilah franchise film berbudget rendah, namun meraih kesuksesan diluar dugaan. Film proyek Paramount Pictures yang dimulai sejak tahun 2007 ini kini sudah mencapai sekuel yang ke-4. Masih dengan format yang sama yaitu kisah fiksi yang menampilkan rekaman live mengenai kejadian aneh di sebuah rumah. Walaupun dengan format yang sederhana, Paranormal Activity selalu membawa ketegangan.

Sutradara Paranormal Activity 4 sama dengan film sebelumnya yaitu Henry Joost dan Ariel Schulman, serta dengan naskah yang kembali ditulis oleh Christopher B. Landon.

Gara-gara anak tetangga

Paranormal Activity 4 memulai kisahnya dengan melakukan kilas balik peristiwa yang terjadi pada Paranormal Activity 2. Kilas balik tersebut berlatar di California, USA tahun 2006. Menceritakan masa ketika Katie (Katie Featherstone) dikisahkan membunuh keluarga kakak kandungnya sendiri dan kemudian menculik anak mereka, Hunter (Jackson Xenia Prieto/William Juan Prieto). Katie dan Hunter kemudian dikisahkan tidak lagi diketahui keberadaannya setelah peristiwa tersebut. Paranormal Activity 4 lantas dilanjutkan dengan sebuah struktur cerita yang melibatkan deretan karakter yang berbeda dari tiga seri sebelumnya.

Berlatar belakang cerita di Nevada, Amerika Serikat pada tahun 2011, Paranormal Activity 4 memfokuskan kisahnya pada pasangan Doug (Stephen Dunham) dan Holly Nelson (Alexondra Lee) serta kedua anak mereka, Alex (Kathryn Newton) dan Wyatt (Aiden Lovekamp). Terlepas dari konflik pernikahan yang sedang dihadapi oleh Doug dan Holly, keluarga Nelson sendiri terlihat seperti layaknya keluarga biasa.

Namun, hal tersebut secara perlahan berubah ketika anak tetangga mereka, Robbie (Brady Allen), dititipkan kepada mereka karena ibunya, Katie, harus dirawat di rumah sakit. Kedatangan Robbie memberikan pengaruh buruk pada sikap keseharian dari Wyatt dan sekaligus menghadirkan beberapa momen horor di rumah tersebut. Merasa curiga, Alex kemudian meminta bantuan kekasihnya, Ben (Matt Shively), untuk memasang beberapa kamera di berbagai bagian sudut rumah sehingga dirinya dapat memantau apa yang sebenarnya terjadi di dalam rumah keluarganya.

Menegangkan namun membosankan

Paling tidak, Paranormal Activity 4 membuat saya menutup mata lebih sering daripada The Possession yang baru saja dirilis di Indonesia pada 27 Oktober 2012 lalu. Karena memang filmnya lebih menegangkan, bahkan lebih menegangkan dari film-film Paranormal Activity yang sebelumnya. Penampakan hantunya juga terlihat lebih jelas dengan penggunaan teknologi Xbox 360 dari Microsoft Kinect. Namun secara keseluruhan, tidak ada hal yang baru dari film ini. Jalan cerita dan formatnya masih sama persis seperti Paranormal Activity yang biasanya, sehingga terasa monoton dan membosankan.

Sesuatu yang baru dari film ini adalah penggunaan teknologi. Tiga film Paranormal Activity menggunakan handy cam atau CCTV untuk merekam kejadian aneh di rumah, kali ini kamera digantikan dengan kamera laptop yang diinstall software tertentu untuk merekam sepanjang waktu. Ditambah lagi dengan adanya Xbox 360 yang dapat merekam kehadiran hantu. Selain itu, Paranormal Activity tidak hanya menyuguhkan full horor namun juga dibumbui dengan sedikit humor dan scene yang bikin cegek.

Bagi Anda pecinta film horor, tentunya tidak boleh ketinggalan film ini. Tapi siap-siap merasa kecewa atau merasa ‘menggantung’ seperti biasanya, karena Paranormal Activity 4 juga belum menjawab misteri tentang si Katie dan aliran sesat yang diikutinya. Apabila dilihat dari endingnya, masih akan ada Paranormal Activity 5. Kita tunggu saja.

Trailer Paranormal Activity 4

 

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment