Tuesday 06th December 2016,

Movie Reviews

Ξ Leave a comment

Sadako 3D, Apaan Sih?

posted by Utario Esna Putra
Sadako 3D, Apaan Sih?

 Review Rating

Story
Effect
Music

Genre: Horror

Actor: Koji Seto, Satomi Ishihara, Yusuke Yamamoto

Release Date: 12 Mei 2012

 What We Like : 

Sadakonya cantik. Itu saja

 What We Dislike :

Jalan cerita yang luar biasa cacat. Adegan 3D-nya juga mengusik hati sanubari terdalam

Terjawab sudah pertanyaan saya, “Mengapa Sadako 3D tidak ditayangkan di Cineplex?” atau “Mengapa Sadako diputar sebentar saja di Blitz Megaplex?”. Semua terjawab setelah saya menyaksikan DVD-nya dengan mata kepala sendiri. Setelah 109 menit durasi film, kesimpulan saya hanya satu: “apaan sih?”.

Plot

Sulit untuk menebak apa maunya sutradara di Sadako 3D. Bahkan saya juga mempertanyakan apa tujuan hidupnya. Jalan cerita Sadako 3D ini begitu sulit dimengerti. Bukan karena cerita yang penuh twist, namun dialog dan jalan ceritanya saja yang kacau. Ctarr!

Dewasa  ini perkembangan teknologi begitu cepat. Perubahan media dan sarana informasi dalam urun waktu 2 dekade ini mengarah ke arah yang lebih kompak dan ringkas. Teknologi multimedia contohnya. Apabila dulu di awal kemunculannya Sadako menggunakan media kaset VHS dan televisi tabung, kini Sadako bisa di-summon lewat Youtube atau media sosial-multimedia lainnya. Entah mengapa gaya bahasa saya kali ini jadi mirip kata pengantar skripsi.

Sebut saja Kiyoshi Kashiwada (Yusuke Yamamoto). Kurtang jelas apakah dia psikopat, freak, atau urat tertawanya lagi putus saja. Karena di awal film dia menjatuhkan cewek memakai gaun tidur warna putih ke dalam sumur…sambil tertawa. Sungguh ini cara membangunkan orang tidur teraneh yang pernah saya lihat.

Selanjutnya beredar rumor ada video klip di internet yang bisa membunuh penontonnya. Hiiii…apaan sih? Akhirnya Detektif Koiso (Ryosei Tayama) seorang detektif yang bertugas menyelidiki kematian bunuh diri misterius, Akane Ayukawa (Satomi Ishihara) seorang guru yang muridnya jadi korban Sadako, dan Takanori Ando (Koji Seto) pacarnya Akane harus bahu-membahu menyelamatkan Jepang dari serbuan Godzilla..bukan! Tapi Sadako tentunya.

Tidak banyak yang bisa diceritakan dari film ini. Seharusnya film ini bisa selesai dalam 30 menit saja. Mungkin sutradara membuatnya menjadi 109 menit supaya cukup panjang untuk diputar di bioskop. Banyak adegan yang tidak jelas maknanya dan dialog yang absurd.

Sudahlah saya sudah hilang harapan untuk membahas jalan ceritanya lebih jauh. Daripada saya hujat lebih jauh film ini, kita bahas hal-hal yang membuat saya bertahan selama 109 menit menonton  film ini.

3D

Sutradara Tsutomu Hanabusa memakai formula lama untuk mengangkat kembali franchise film legendaris. Beri saja efek 3D! Dan hasilnya? Sesuatu banget! Anda akan menyaksikan adegan 3D yang tak terlupakan. Yaitu saat Sadako keluar dari layar TV dan saat teriakan akane memecahkan layar TV, kaca jendela, cermin, piring, gelas dan lainnya. Sesuatu bukan?

Sayang mungkin karena kehabisan ide atau menghemat biaya, 2 adegan tersebut diulang-ulang. Jadi ya dengan 2 adegan tersebut yang diulang-ulang sepanjang film jadilah Sadako kali ini ditahbiskan menjadi Sadako 3 D.

Sadako Mini

http://1.bp.blogspot.com/-QcO9WEz2elk/T9NObedzv2I/AAAAAAAAFOY/g3Cy9cdyGBo/s1600/Ringu+Sadako+Screenshot+1.jpg
Apakah ini Sadako yang Anda kenal?
http://1.bp.blogspot.com/-yoaQChqVJGQ/UHGO8j6Q9xI/AAAAAAAADrM/feJci6P9MOE/s1600/sadako.jpg
Ini versi Hollywood. Seram bukan?

Ini kesalahan fatal Tsutomu Hanabusa. Jika Sadako bisa muncul lewat media apapun termasuk ponsel, maka ini akan mengerdilkan sosok Sadako….dalam artian sebenarnya. Dulu Sadako harus diputar lewat TV untuk bisa keluar. Sadako sukuran dengan manusia biasa, jadi perlu lebar layar televisi untuk keluar. Bagaimana dengan layar ponsel?

http://www.biskom.web.id/wp-content/uploads/2008/09/smartphone.jpg

Apakah yang keluar Sadako dengan ukuran mini? Apakah karena tidak cukup, jadi hanya jarinya saja yang keluar?

http://3.bp.blogspot.com/_kiwYQ_VUbyk/TCj0kn-W2GI/AAAAAAAADeI/u7Mu7VyjojY/s1600/jari.jpg
Bayangkan jari Sadako muncul dari layar ponsel Anda. Seram bukan?
http://alanmn.files.wordpress.com/2010/08/img_9659.jpg
Toko HP pinggir jalan

Jadinya toko HP adalah tempat paling menyeramkan di dunia. Dan pekerjaan paling berbahaya adalah penjual HP. Bayangkan bagaimana nasib mas-mas penjual HP di pinggir jalan WTC seperti gambar di atas tiba-tiba harus menghadapi kemunculan ribuan Sadako mini yang keluar dari layar ponsel? Kiamat sudah dekat bung!

Tapi Tsutomu punya jurus jitu untuk mencegah hal-hal absurd seperti di atas mengganggu. Jika lewat ponsel atau laptop, Sadako akan menghipnotis korbannya untuk melakukan bunuh diri. Sempurna!

http://1.bp.blogspot.com/_OrNDs4qOgQQ/S7WV9sG3ZlI/AAAAAAAACrw/tF8aM-JXTLg/s1600/image1.jpeg
Saatnya kita bilang….SEMPURNA!

Sadako Sempurna dan Tidak Sempurna

Bicara tentang kesempurnaan, ada fitur menarik yang ditawarkan dalam Sadako 3D. Ternyata Sadako ada banyak. Ketika dia dalam wujud yang sempurna, maka dia kan seperti ini.

http://asianflixs.files.wordpress.com/2012/10/sadako-3d-screenshot.jpg
Duh cantiknya!

Serius. Gambar di atas adalah screenshot dari Sadako 3D. Bukan dari iklan Pantene atau apa. Dan ketika dia dalam wujud tidak sempurna, maka Sadako akan berubah menjadi manusia laba-laba.

 

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment