Saturday 10th December 2016,

Movie Reviews

Ξ Leave a comment

“The Number Station”, Film Spionase Yang Miskin Aksi

posted by Octavia
“The Number Station”, Film Spionase Yang Miskin Aksi
 Review Rating
Story
Effect
Music

Genre: Aksi, thriller
Director: Kasper Barfoed
Actor: John Cusack, Malin Akerman, Liam Cunningham, Lucy Griffiths, Bryan Dick, Joey Ansah, Richard Brake
Release Date: 26 April 2013

 What We Like :

Angle film yang cukup menarik, tidak seperti film-film spionase biasanya.

 What We Dislike :

minim dialog, karakter yang masih ‘ngambang’, ending tidak spesial.

Apa jadinya jika agen yang terbiasa bekerja di lapangan tiba-tiba dialih tugaskan untuk menjadi ‘babysitter’ dari seorang penyiar sipil, berpikir berlebihan?. Tapi jika penyiar tersebut bukanlah penyiar biasa, melainkan penyiar yang bertugas untuk memberikan kode operasi kepada seluruh agen di Eropa? Masih tetap berpikir berlebihan?.

The number station1

Emerson Kent (John Cusack) Merupakan seorang agen lapangan yang sangat brillian, well setidaknya sebelum dia ditugaskan untuk melenyapkan mantan rekannya sendiri hanya karena rekannya tersebut ingin hidup ‘normal’. Misi tetap bisa dipenuhi, hanya saja semenjak saat itu Emerson sudah bukan lagi seorang agen yang efektif (penggemar film spionase tentunya tahu bahwa dalam menjalankan tugas, sang agen tidak boleh melibatkan emosinya). Setelah melalui pemeriksaan psikis, akhirnya diputuskan bahwa Emerson diberhentikan sementara waktu sebagai agen lapangan. Sebagai gantinya, dirinya harus menjadi babysitter a.k.a penjaga dari seorang penyiar kode operasi yang sebenarnya adalah ahli kriptologi.

Malin-Akerman-and-John-Cusack-in-The-Numbers-Station-2013-Movie-Image1

Mulanya memang tidak ada masalah, bahkan tugas yang diberikan kepada mereka berdua cenderung mendapatkan report baik. Hingga akhirnya ada beberapa orang pihak musuh yang berhasil membobol stasiun siaran tempat Emerson dan Katherine (Malin Akerman) dan menyiarkan kode operasi illegal. Emerson dan Katherine pun berjuang untuk bertahan hidup di dalam stasiun yang notabene adalah bekas bunker USA.

7QVhe3GIDl

Secara umum, film ini memang bukanlah film spionase tingkat dewa dengan banyak teknologi tinggi seperti James Bond atau Mission Impossible. Film ini menceritakan kehidupan dan pergulatan batin seorang mata-mata dengan angle yang tidak biasa. Melihat tokoh Emerson disini saya merasa bahwa Kasper Barfoed, sang sutradara, ingin menegaskan bahwa mata-mata juga manusia biasa, bukan robot yang bisa disetel semaunya. Ada kalanya, sedingin apapun seorang manusia, suatu saat dia akan kembali kepada hati nuraninya, inilah yang coba dijelaskan sutradara kepada para penontonnya.

John-Cusack-and-Malin-Akerman-in-The-Numbers-Station-2013-Movie-Image-2-600x439

Dari sisi plot, bisa dikatakan film ini bergerak dengan lambat. Tidak banyak scene aksi yang ditunjukkan karena memang bukan sisi ini yang ingin ditonjolkan oleh Barfoed. Yah bisa dikatakan film ini lebih bermain di area psikis daripada fisik, jadi memang aksi yang disuguhi hanya seperlunya saja.

PHkricOio61cms_1_m

Untuk akting, saya tidak meragukan kemampuan Cusack dalam hal ini, perfect!. Akting dari pemeran pendampingnya, Malin Akerman, juga sangat baik, mampu menandingi peringkat Cusack. Hanya saja yang cukup disayangkan, karakter Emerson disini sedikit ‘ngambang’, tidak jelas seperti apa, sehingga penonton sedikit kebingungan dengan kelakuannya. Selain itu, film ini juga bisa dibilang minim dialog, entah memang di setting seperti ini atau sang penulis naskah sedang kehabisan ide, saya tidak tahu. Yang jelas dengan minimnya dialog, saya hanya bisa menerka dan menyimpulkan maksud dari adegan-adegan didalamnya.

Overall, film ini berada pas digaris standar film spionase barat. Jika kamu adalah penggemar film spionase dengan banyak senjata dan teknologi, dapat dipastikan dalam waktu 10 menit saja kamu akan tertidur saat melihat film ini.

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment