Monday 05th December 2016,

Movie Reviews

Ξ Leave a comment

The Silent War, Spionase 50-an Tanpa Pesan

posted by Akmal Fahmi
The Silent War, Spionase 50-an Tanpa Pesan

 Review Rating

Story
Effect
Music

Genre: Thriller

Director: Alan Mak, Felix Chong

Actor: Mavis Fan, Tony Leung, Xuebing Wang, Xun Zhou

Release Date: 7 Agustus 2012

 What We Like : 

Spionase jaman dulu sajikan tontonan yang berbeda, akting semua pemainnya patut diacungi jempol

 What We Dislike :

Latar cerita sempit, tidak ada pesan, terkesan monoton di satu tempat

Anda penggemar Korea film Mandarin dan ingin merasakan sensasi film yang berbeda dari drama? Mungkin film The Silent War bisa dijadikan alternatif. The Silent War adalah film ala James Bond atau Bourne tapi dengan gaya yang berbeda. Yang sama dari film ini dengan 2 film yang saya sebutkan tadi adalah bertemakan spionase, bisa dibilang The Silent War adalah spionase jaman lawas.

Sinopsis

Film ini berlatar Shanghai, tahun 1949. Saat Jepang telah diusir mundur dari Cina, tidak serta merta membuat Cina damai. Perang sipil masih terjadi tapi tidak dilakukan terang-terangan, melainkan diam-diam dengan saling menyadap. Partai Komunis Cina telah banyak mendapat wilayah di Cina, tetapi Kuomintang masih teguh mempertahankan basisnya yang berada di kota. Partai Komunis Cina tahu bahwa kunci mengalahkan Kuomintang adalah dengan menyadap komunikasinya.

Selama ini, Partai Komunis Cina membuat sebuah badan rahasia yang diberi nama 701 dengan ketuanya mempunyai kode nama Devil yang saat itu dipegang oleh Guo Xingzhong (Xuebing Wang), mereka telah mengirim mata-mata di Kuomintang sambil 701 ini menyadap komunikasi Kuomintang. Beberapa waktu awal memang berjalan lancar, tapi selama beberapa waktu tiba-tiba komunikasi 701 dengan mata-matanya hilang begitu juga dengan saluran komunikasi Kuomintang yang juga tiba-tiba hilang. Dengan segera sinyal itu muncul lagi tetapi ada yang aneh, informasi-informasi yang ada bukanlah informasi penting. 701 menduga bahwa Kuomintang tahu saluran mereka disadap dan mereka mengubah frekuensi saluran mereka.

701 mengirim seorang agen wanita cantik dengan kode nama 200, agen Zhang Xue Ning (Xun Zhou) untuk membawa tukang reparasi piano yang mempunyai pendengaran diatas manusia biasa bernama He Bing (Tony Leung). Setelah bertemu dengan He Bing, Xue Ning menyadari bahwa He Bing adalah orang buta. Singkat cerita, dengan perjuangan sedikit keras, akhirnya He Bing mau bekerja sama dengan 701. He Bing dilatih cara menyadap frekuensi dan dengan segera Bing siap bekerja. Bing telah membatu dengan menemukan kembali ratusan saluran Kuomintang. Bing sempat jatuh cinta dengan Xue Ning, tapi karena tindakan Xue Ning yang membuat Bing kecewa, Bing menemukan tambatan hati lain. Dia dari divisi pengkodean bernama Shen Jing (Mavis Fan).

Suatu hari hal gawat terjadi dimana agen mata-mata 701 telah tewas, 701 curiga Kuomintang masih mempunyai saluran rahasia. Bing melakukan tugas paling beratnya untuk melacak frekuensi rahasia ini. Setelah menemukannya, Xue Ning diutus untuk melanjutkan investigasi. Apakan Xue Ning akan kembali? Bagaimana kehidupan Bing selanjutnya?

Temukan semua jawabannya di The Silent War…

Spionase Lawas Tanpa Pesan

Bagi saya tema yang diambil sangat menarik, yaitu spionase di tahun 50-an. Sayangnya mungkin sang sutradara, Felix Chong dan Alan Mak kurang mengeksekusinya dengan baik. Tidak ada pesan yang dapat diambil dari film ini. Alhasil yang saya lakukan saat menonton film ini adalah memperhatikan alat dan cara menyadap di tahun 50-an supaya tidak bosan.

Latar Cerita Kurang Kaya

Film tema spionase ini mungkin bisa disandingkan dengan Bourne atau James Bond, tapi kedua film itu lebih fokus pada agen mata-mata / agen lapangan, tapi pada The Silent War, lebih fokus pada organisasinya. Film ini terlalu banyak berkutat di 701, sehingga saya pribadi sempat merasa “sumpek” melihat bangunan markas seperti bunker dan tampil di hampir keseluruhan film. Film ini mungkin akan lebih menarik bila Xue Ning yang pergi menginvestigasi bisa dibahas dalam lebih dalam di film.

Aksi Buta Tony Leung

Tony Leung benar-benar bagus bermain sebagai Bing buta. Walaupun dia diberi anugerah pendengaran yang sangat sensitif, gerakannya sebagai orang buta waktu berjalan sangat nyata dan seperti tidak dibuat-buat. Mungkin perlu diketahui bahwa Tony Leung sebelumnya pernah menjadi orang buta dan hal ini mampu dikerjakannya dengan baik. Good job Tony….

Screenshot The Silent War

 

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment