Friday 09th December 2016,

Movie Reviews

Ξ Leave a comment

Wreck-It-Ralph, Animasi Berlatar Game

posted by Akmal Fahmi
Wreck-It-Ralph, Animasi Berlatar Game

 Review Rating

Story
Effect
Music

Genre: Animation

Director: Rich Moore

Actor: Jack McBrayer, John C. Reilly

Release Date: 2 November 2012

 What We Like : 

Latar film unik, banyak karakter game yang dikenal, efek bagus

 What We Dislike :

Cerita cenderung standar, terlalu fokus di Sugar Rush

Apakah anda pernah bermain game di ding-dong sebelumnya? Ya, bisa dibilang Wreck-It-Ralph adalah film animasi berlatar game ding-gong. Ternyata semua karakter game di ding-dong saling terhubung dan saling berkomunikasi setelah ding-dong tutup.Memang karakter game satu dapat masuk ke game lain, tapi aturannya, bila karakter game mati tapi bukan di game-nya sendiri, maka ia akan mati selamanya. Ralph adalah salah satu karakter dari game ding-dong yang berjudul Fix It Felix Jr. dimana dia menjadi penjahat yang suka menghancurkan gedung dan Felix lah yang sebagai jagoan membetulkan apa yang telah dirusak oleh Ralph dengan palu ajaibnya. Jujur harus saya bilang, sutradara Rich Moore memang sangat kreatif tentang apa yang dilakukannya terhadap film ini.

Sinopsis

Wreck-It-Ralph dimulai dengan game ding-dong lawas berjudul Fix It Felix Jr. dimana Ralph (John C. Reilly) menjadi karakter jahat dan Felix menjadi karakter pahlawan. Ralph mengalami kecemburuan karena Felix (Jack McBrayer) selalu mendapat medali, dielu-elukan, dan tinggal di tempat bagus sedangkan Ralph tidak pernah dianggap hanya karena dia penjahat, dibenci, dan tinggal di tempat sampah. Ralph sangat ingin sekali dianggap, dihargai, dan ingin mendapat medali. Singkat cerita, Ralph dan beberapa karakter penjahat dari game lain berkumpul di game Pacman dan menceritakan keluh kesahnya, disana Ralph mengungkapkan bahwa dia ingin menjadi baik dan disambut negatif oleh karakter lain.

Ralph tetap bersikeras dengan ambisinya ingin mendapatkan medali dan dihargai hingga ia bertemu dengan salah satu karakter prajurit yang sedang frustasi. Ralph berbicara dengan karakter tersebut dan ternyata prajurit tersebut adalah karakter baik dari game Hero’s Duty dan dia harus mengalahkan musuh dan mendapat medali. Ralph tertarik dan menyamar sebagai prajurit dan masuk ke game Hero’s Duty. Disana Ralph bertemu Sersan Calhoun (Jane Lynch) dan memberitahukan bahwa misinya melindungi pemain melawan musuh hingga pemain dapat medali pahlawan. Ralph sangat tertarik dan mengambil medali itu sendiri dan berhasil, tapi Ralph telah mengaktifkan serangga alien dan salah satunya menyerang Ralph hingga membawanya ke game lain berjudul Sugar Rush.

Sugar Rush adalah game balapan mobil berlatar dunia permen. Disana Ralph berhasil mengalahkan serangga alien di kolam krim, tapi Ralph kehilangan medalinya dan ternyata tersangkut di pohon permen. Saat akan mengambilnya, dia bertemu dengan Venellope (Sarah Silverman) yang juga menginginkan medali itu untuk bisa mengikuti balapan karena dia adalah program malfungsi. Disisi lain, karena Ralph pergi terlalu lama dari permainannya sendiri, maka game Fix It Felix Jr. terancam tidak akan terpakai lagi dan bahaya bagi para karakternya. Hal ini membuat Felix pergi mencari Ralph ke game Hero’s Duty. Disana dia bertemu Sersan Calhoun dan Felix jatuh cinta.

Sersan Calhoun dan Felix mencari Ralph hingga ke Sugar Rush dan mulai mencari Ralph. Kembali ke Ralph, singkat cerita dia akhirnya berteman dengan Venellope dan membantunya agar bisa mengikuti balapan, tapi ditentang oleh sang raja karena dianggap mengancam masa depan game dan karakter lain. Setelah Ralph melatih dan Venellope siap mengikuti balapan, sang raja menemui Ralph dan menceritakan apa yang akan terjadi bila Venellope mengikuti balapan. Setelah mendengar cerita raja, Ralph meninggalkan Venellope dan kembali ke rumahnya. Ternyata di game Fix It Felix Jr. sudah sepi dan kosong karena yang lain mengungsi. Ralph sadar apa yang telah dilakukannya dan mengubah ambisinya dari mencari medali ke menyelamatkan hidup karakter lain.

Disisi lain, sang raja menangkap dan memenjarakan Felix tapi Ralph kembali ke permainan tersebut dan menyelamatkannya. Lebih-lebih Sersan Calhoun menemukan sang serangga alien masih hidup dan telah bertelur dan siap menghancurkan dunia Sugar Rush. Apakah sang serangga alien berhasil merusak dunia Sugar Rush?Siapakah sebenarnya Venellope dan sang raja? Temukan semua jawabannya di Wreck-It-Ralph.

Avengers Karakter Game

Eits…jangan berpikiran film ini seperti The Avengers dulu, maksudnya adalah banyak karakter-karakter game ding-dong berkumpul di film ini, seperti: Bowser (Super Mario Bros), Sonic, Doctor Eggman (Sonic The Hedgehog), Q*bert, Coily, Slick, Sam, dan Ugg (Q*bert), Zangief, M. Bison, Chun-Li, Ken, Ryu, dan Cammy (Street Fighter), Neff (Altered Beast), Paperboy (Paperboy), Knight (Joust), Frogger (Frogger), Dig Dug, Pooka, Fygar (Dig Dug), Pac-Man, Inky, Blinky, Pinky, dan Clyde (Pac-Man), Paddle 1 dan Paddle 2 (Pong), Peter Pepper (Burger Time), Qix (Qix). Dari semua game-game yang ada, karakter utamanya adalah dari game Hero’s Duty, Sugar Rush, Fix It Felix Jr. dengan latar Sugar Rush sebagai latar utamanya. Perkumpulan karakter-karakter game ini menurut saya sangat unik dan kreatif.

Cerita Standar Tapi Kreatif

Menurut saya, cerita yang disajikan dalam Wreck-It-Ralph cukup standar, tapi yang bikin saya tertarik menontonnya adalah kreatifitas sang sutradara dalam mengolah cerita yang standar tersebut agar  tetap menarik untuk ditonton. Ok, mungkin sebelumnya sudah ada Toy Story yang karakternya terdiri dari beberapa mainan, tapi mainan dalam Toy Story menurut saya kebanyakan rekayasa dan tidak benar-benar ada. Tapi pada film ini kebanyakan karakter game yang ditampilkan adalah karakter game yang sering ditemui orang-orang dan itu menjadi kesenangan tersendiri bagi saya menonton film ini diumur saya yang sudah 21 tahun.

Kesimpulan

Film ini cukup menarik dan menghibur untuk ditonton tidak hanya oleh anak kecil, tapi untuk semua kalangan. Mungkin karena ini film animasi, jadi adegan kekerasan bisa dimodifikasi menjadi lebih lucu hingga unsur kekerasannya pun hilang. Banyak pesan positif yang bisa diambil dari film ini seperti kesetiaan, jangan iri, dll. Terima kasih untuk Rich Moore karena telah mengemas film ini dengan cukup baik. Sayangnya film ini terlalu fokus di Sugar Rush, menurut saya akan lebih seru kalau petualangan antar game-nya diperbanyak.

Trivia

  • 2 bulan saat pengembangan cerita, karakter utamanya bukanlah Ralph melainkan Felix.
  • Selama produksi, Disney berencana menghadirkan Mario dan Luigi menjadi cameo, tapi pihak Nintendo meminta fee untuk menghadirkan 2 karakter tersebut. Fix It Felix telah meminjam beberapa atribut Mario, seperti sound bytes dan geraakan fisik seperti melompat dan berputar.
  • Karakter Ralph terinspirasi dari Donkey Kong, termasuk sifatnya yang pemarah.
  • Sersan Calhoun pada awalnya adalah seorang laki-laki.
  • Gunung berapi diet cola terinspirasi dari efek yang ditimbulkan cola dan permen mint.
  • 2 karakter donat di Wreck-It-Ralph bernama Wynnchel dan Duncan yang menunjukkan 2 perusahaan donat terbesar di Amerika, Winchell’s Donut House dan Dunkin’ Donuts.

Galeri Wreck-It-Ralph

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment