Friday 09th December 2016,

Hobby

Ξ Leave a comment

10 Aplikasi Instant Messaging, Ngobrol Via Internet Jadi Lebih Asik!

posted by Agza
10 Aplikasi Instant Messaging, Ngobrol Via Internet Jadi Lebih Asik!

Dengan perkembangan teknologi yang disertai perkembangan komunikasi telah melahirkan ratusan bahkan mungkin ribuan layanan pesan instan dan media sosial yang dilengkapi dengan layanan chat. Dan pada kenyataannya, kita seringkali menggunakan lebih dari satu jenis layanan tersebut sehingga ada dua kemungkinan efek yang terasa, semakin melebarkan pergaulan sosial dengan semakin banyaknya pertemanan atau malah mengalami kendala ketika harus menggunakan beberapa layanan chatting dengan aplikasinya masing-masing. Bisa Anda bayangkan repotnya.

Nah, buat Anda yang mengalami kendala seperti diatas, simak baik-baik edisi ini. Kusukagadget akan membantu Anda dengan mengulas 10 agregator Instant Messaging (IM aggregator).

1. Pidgin

Pidgin adalah salah satu dari IM aggregator terbaik yang tersedia untuk Windows PC. Chat client universal yang kompatibel dengan seluruh jaringan dan akan menutupi atau mengahalngi chat (pesan) lain ketika Anda sedang asik chat menggunakan Pidgin. Pidgin adalah aplikasi gratis, open source dan ringan untuk dijalankan di PC Anda. IM aggregator ini juga dilengkapi dukungan plug-in, dukungan yang menambah fungsionalitas untuk mengenali jaringan yang tidak didukung langsung oleh Pidgin pertama kali download. Pidgin memang bukan client terhebat tapi Pidgin dapat bekerja dengan sangat baik.

Dari sekian dukungan Pidgin, voice dan video chat tidak termasuk di dalamnya, sehingga Anda harus menggunakan aplikasi lain jika Anda ingin menggunakan layanan tersebut.

2. Miranda

Miranda IM adalah IM aggregator lainnya untuk PC desktop. Selain menampilkan program yang sangat dapat disesuaikan tersembunyi di bawah antarmuka standar, Miranda juga dapat di upgrade untuk memperluas fungsi dan meningkatkan akses ke berbagai jaringan lain. berbagai pilihan konfigurasi standar dan sederhana mungkin sudah digunakan oleh banyak aplikasi lainnya, tapi dengan sedikit pengaturan tambahan atau modifikasi dapat mengantarkan Anda pada client yang sangat hebat.

Tapi, secara keseluruhan jika dibandingkan dengan Pidgin, Pidgin akan menang pada bagian kemudahan penggunaan.

3. Adium

Giliran untuk pengguna Mac, Adium adalah IM aggregator untuk Anda pengguna Mac. Sperti Pidgin, Adium dapat Anda miliki secara gratis dengan kekayaan fitur seperti chat tab, sistem kontak gabungan, transfer file dan banyak lagi. Selain ringan dan sangat dapat dikostumisasi sesuai keinginan Anda, Adium juga dilengkapi ekstensi (extension) untuk tambahan konfigurasi.

Lagi-lagi seperti Pidgin, Adium tidak menyediakan layanan voice dan video chat. Tapi, antarmuka yang bagus dan layanan kostumisasi pada Audium dapat menjadi nilai plus aplikasi ini.

4. Digsby

Apakah Anda sudah pernah mendengar nama aplikasi ini? Jika tidak ya tidak apa-apa. Perlu Anda ketahui bahwa IM aggregator ini pernah dianggap sebagai aplikasi gagal dan membuat penyesalan untuk Tagged yang telah membelinya. Tapi, bagaimanapun ini hanya masa lalu, karena Digsby kembali hadir dengan berbagai pembaharuan, mengatasi masalah koneksi untuk Facebook dan mengumumkan bahwa Digsby kini menjadi aplikasi open source.

Anda sepenuhnya berhak memilih untuk mencoba aplikasi ini.

5. Trillian

Jika Anda bekerja di berbagai perangkat lunak dan platform, Trillian dapat menjadi pilihan aplikasi IM untuk Anda. Tidak hanya menangani protokol pesan instan dan berbagai layanan, tetapi Trillian juga melakukan ekspansi untuk kompatibilitas dengan sejumlah platform populer. Sebut saja perangkat PC Windows/Mac, iPhone, Android dan BlackBerry.

Seperti aplikasi yang tidak pernah luput dari kekurangan, ketika menggunakan Trillian Anda mungkin akan sedikit terganggu dengan iklan yang kadang-kadang muncul disela percakapan Anda.

6. Nimbuzz

Jika sebelumnya ada Digsby yang sempat terkenal karena masalah, sekarang kita beralih ke Nimbuzz, layanan IM yang sudah memiliki nama sejak dulu di dunia chatting. Aplikasi chatting cross-platform yang mendukung protokol IM dan beberapa jaringan sosial populer ini memiliki fitur tambahan berupa panggilan gratis ke seluruh kontak Nimbuzz, video call melalui WiFi dan 3G, dan panggilan internasional murah untuk sambungan telepon rumah dan ponsel. Tidak lupa, seperangkat fitur menarik untuk desktop dan pengguna ponsel. Nimbuzz tentu menjadi pilihan yang terbaik dari agregator IM yang sudah dibahas sebelumnya, terlebih untuk layanan voice dan video call.

7. IMO

IMO adalah IM Webapp dan mobile app yang mendukung sejumlah jaringan IM populer. Menggabungkan antarmuka yang bersih dan navigasi yang mudah serta beberapa fitur seperti dukungan multiple account, grup untuk percakapan bersamaan melalui perangkat yang berbeda-beda, dan grup pesan dan suara, semua fitur IMO ini dikemas dalam aplikasi yang ringan. Terbaik dari agregator IM lainnya, Anda bahkan tidak perlu membuat akun baru untuk menggunakan fitur IMO, cukup login  dengan akun yang telah Anda miliki.

8. IM+

Aplikasi IM cross-platform yang tersedia untuk iOS, Android, BlackBerry dan Windows Phone, serta PC windows dan Mac (via Web app). IM+ mendukung berbagai macam IM yang berbeda dan jaringan sosial serta fitur grup chatting, riwayat atau history chat, dukungan untuk akun ganda, kostumisasi suara dan banyak lagi. Anda penasaran? Tidak ada salahnya mencoba IM+.

9. eBuddy

Agregator lainnya bernama eBuddy mendapat giliran sekarang. Tentu, aplikasi ini sudah tidak dapat dipandang sebelah mata, bahkan menjadi pesaing aplikasi layanan IM lain yang berkedudukan cukup kuat. Ada sedikit gangguan dalam aplikasi ini, iklan yang kerap kali muncul ketika Anda menggunakannya. Tapi, jika Anda tidak masalah dengan itu, eBuddy dapat menjadi pilihan tepat untuk antarmuka sederhana dan pengoperasian yang mudah, serta menjadi IM client yang dapat bekerja dengan sangat baik.

10. BeejiveIM

Sebuah aplikasi yang dirancang dengan baik, indah, dan mudah untuk digunakan bagi platform iOS , Android dan BlackBerry. Selain bertenaga, fleksibel, asik dipandang mata, dan sangat mudah untuk kostumisasi, BeejiveIM juga mendukung sejumlah protokol IM populer. Sayangnya, untuk mendapatkan seluruh fitur menarik ini, Anda harus merogoh kocek sebesar $9,99 atau sekitar 90 ribu rupiah. Khusus untuk platform Android, ada versi gratisnya. Jika tidak keberatan dengan harga, BeejiveIM sangat baik secara visual dan kemampuan.

Dari sepuluh agregator IM di atas, mana yang jadi pilihan Anda?
Atau Anda memiliki pilihan layanan IM lainnya? Silahkan berbagi informasi bersama Kusukagadget.

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment