Sunday 04th December 2016,

Hobby

Ξ Leave a comment

12 Video Editor Gratis Terbaik Untuk PC Anda

posted by Akmal Fahmi
12 Video Editor Gratis Terbaik Untuk PC Anda

Sebelum era komputer dan internet berkembang seperti sekarang, banyak para pengedit video melakukannya dengan alat khusus yang besar, tidak praktis, mahal, dan sangat pengoperasiannya yang tentu tidak mudah. Seiring berkembangnya komputer dan internet, semua itu dipermudah dengan menghadirkan tool video editor di PC dan hebatnya lagi, siapapun bisa memakainya. Berikut adalah 12 video editor gratis terbaik untuk PC anda:

Windows Movie Maker

OK, kita mulai dari yang paling mendunia dulu, ya… Windows Movie Maker adalah tool video editor paling banyak dikenal. Tenang saja, walaupun sudah ada versi terbarunya, anda tetap bisa menggunakannya secara gratis dengan men-download di website resmi Microsoft. Anda dapat dengan mudah meng-import video, foto, dan musik lalu menjadikannya satu kedalam Movie Maker

Untuk kelas amatir, tool ini sudah sangat cukup dan membantu. Pada versi terbaru Windows Movie Maker ini terdapat tombol quick upload untuk share content di Facebook dan YouTube.

Blender

Bagi para komunitas open-source, Blender lebih dikenal dengan kemampuannya modeling 3D dan animasi. Tapi jangan salah, Blender juga mempunyai kemampuan Video Sequence Editor (VSE). Hal ini memungkinkan penggunanya “mencampur” video, gambar, dan musik dalam virtual timeline. Tampilan yang digunakan Blender sangat memudahkan dalam melakukan VSE.

Lightworks

Ingin memperbarui kualitas gambar film 20 tahun yang lalu? Lightworks jawabannya. Software ini mampu membuat movie editor amatir melakukan effective non-linear video editing. Lightworks juga sudah menjadi standar bagi beberapa industri editing video. Untuk verso Pro ato bebayarnya, Lightworks menambahkan lebih banyak format video yang bisa diedit, termasuk video yang diambil dengan kamera high resolution.

Bagaimanapun juga, pada versi free-nya. Lightworks bisa melakukan fungsi Multicam Sync, dimana anda bisa membuat video 3D anda sendiri. Saat ini sudah banyak komunitas Lightworks dan anda tidak perlu bingung lagi jika ingin belajar.

Avidemux

Video encoder, inilah Avidemux. Avidemux dapat melakukan video trimming, splicing, dan encoding (membuat video, gambar, dan music jadi satu file) sederhana.Yang membuat software ini kurang populer hanya karena pemahaman cara kerja software ini yang sedikit sulit. Sebelum menggunakan software ini, anda harus membaca dokumentasi Avidemux terlebih dahulu.

VirtualDub

Mungkin sama seperti Windows Movie Maker, VirtualDub juga memiliki penggemar yang banyak dalam hal video editing untuk amatitr. Semua yang ada dalam VirtualDub memang benar-benar sangat basic, dimana anda melakukan trimming video dan menyatukannya menjadi satu. Dari sisi interfacennya pun sangat simple.

Kdenlive

Siapa bilang Linux tidak bisa eksklusif? ini adalah buktinya. Kdenlive adalah video editor yang hanya bisa dijalankan di Linux. Alasan hanya bisa dijalankan di Linux adalah straightforward timeline berbasis interface dan plugin-nya hanya ada pada Linux. Kelebihan lain dari Kdenlive adalah ada pada media manajemen yang memudahkan memilih video, gambar, dan musik untuk “dieksekusi” pada proyek editing.

Kekurangan untuk software video editor ini adalah kemampuan responnya berkurang saat dijalankan di PC dengan spesifikasi rendah.

OpenShot Video Editor

Jangan berpikir Kdenlive saja video editor untuk Linux, OpenShot Video Editor juga merupakan video Editor untuk PC berbasis Linux. Hebatnya OpenShot adalah mampu menghasilkan video HD-quality seperti yang bisa kita temuai pada Blu-Ray. Tidak hanya itu, OpenShot juga memiliki tampilan yang mudah dimengerti. Ada lagi, OpenShot dapat melakukan integrasi secara “mulus” dengan 2 program open-source, yaitu: Inkscape dan Blender. Artinya, OpenShot dapat dengan mudah melakukan import vector grafik dan animasi 3D. Sekali lagi, OpenShot hanya tersedia untuk Linux.

YouTube Video Editor

Anda merasa malas atau kerepotan jika harus menginstall video editor ke PC anda? YouTube Video Editor adalah jawabannya. Anda tidak perlu menginstall program, cukup upload video anda ke akun YouTube anda dan lakukanlah editing video disana karena YouTube mempunyai fasilitas editing video. Tapi jangan harap tool-tool expert ada disana, YouTube hanya menyajikan tool-tool dasar. Sangat mudah digunakan dan hasil editing video anda akan tersimpan di cloud. Jadi anda tidak perlu repot-repot men-download.

iMovie

Dapat terlihat dari namanya, iMovie hanya dapay dijalankan pada OS buatan Apple. Video Editor ini menggunakan tool dasar, penggunaannya sangat mudah dan tidak perlu orang-orang berkemampuan khusus untuk menggunakannya. iMovie dapat memberikan efek saat pergantian ggambar, mengontrol kecepatan, dan mampu mendeteksi wajah dalam video.

Kekurangan dari iMovie sendiri adalah templatenya yang terbatas, hingga sangat memungkinkan hasil video satu pengguna sama dengan video pengguna lain. Walaupun begitu, iMovie sangat mudah untuk meng-share video, seperti YouTube, Vimeo, Facebook, dan CNN iReport. Video yang telah diedit secara otomatis ter-import ke iTunes dan dapat disaksikan melalui PC, iPhone, iPod, iPad, atau Apple TV.

AVS Video Editor

Untuk menggunakan editor ini, anda harus menggunakan fasilitas trial sebelum membeli. Walaupun trial, tidak ada batasan tool dalam menggunakan aplikasi ini. Tapi kekurangannya adalah, pada versi trial, hasil yang dikeluarkan selalu beresolusi rendah. Bila anda masih ingin mencobanya, saran saya hanya satu, jangan buang waktu anda mengedit video saat masih menggunakan versi trial.

Sony Movie Studio 11

Selama ini kita hanya mengenal Sony sebagai pembuat produk entertainment seperti TV, PC, laptop, console game, dll. Tapi di Jepang, Sony juga dikenal dengan software editing video-nya yang dinamai Movie Studio 11. Movi Studio 11 mampu bekerja dengan video HD dengan 60 frame per detik. Selain itu, video yang telah diedit dapat langsung di-upload ke YouTube. Sony Movie Video 11 tidak akan mengecewakan anda dan mudah dipelajari.

Power Director Ultra

Cyberlink Power Director Ultra sama seperti video editor lainnya. Anda dapat melakukan import content dengan virtual multi-layered timeline, transisi, dan efek.as desired. Walaupun dengan kemampuan yang sama, kelebihan dari video editor dari Cyberlink ini adalah kecepatannya yang mengagumkan, bahkan saat dijalankan pada PC spesifikasi rendah. Versi terbaru dari Power Director Ultra dapat membuat video 3D dan meng-upload-nya ke YouTube.

 

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment