Sunday 04th December 2016,

Hobby

Ξ Leave a comment

Air Terjun Toroan, Air Terjun Tersembunyi di Pulau Madura

posted by Octavia
Air Terjun Toroan, Air Terjun Tersembunyi di Pulau Madura

Air terjun biasanya identik dengan pegunungan, karena tidak mungkin air terjun dapat ditemukan didaerah dataran rendah. Sesuai dengan namanya, air terjun merupakan akumulasi aliran air yang terjatuh (terjun) ke area tertentu. Air yang telah terjatuh tadi biasanya akan membuat sungai lagi atau telaga.

Apabila pikiran anda masih seperti yang saya tuliskan diatas, maka siap-siap saja terkejut dengan air terjun yang satu ini. Air terjun yang ini bisa dibilang sedikit ajaib dan unik, karena air terjun ini tidak masuk kedalam kategori tersebut.

Mengapa ajaib? Karena air terjun ini berlokasi di Pulau Madura, tepatnya di wilayah Ketapang Timur, yang merupakan daerah dataran rendah. Uniknya lagi, air terjun ini tak jatuh di telaga atau di sungai, melainkan langsung terjun ke Laut Jawa. Bisa dibayangkan bagaimana indahnya bukan?.

Air terjun Toroan berlokasi kurang lebih 3 km dari ibukota Kecamatan atau 43 km dari Kota Sampang. Akses menuju tempat ini sangat mudah, karena banyak angkutan umum yang menuju kesana.

Akan tetapi apabila kamu mengendarai kendaraan pribadi, maka terdapat 2 rute yang dapat ditempuh, yakni melewati Bangkalan dan kemudian lurus saja menyusuri bagian utara Pulau Madura atau melewati Kota Sampang dan kemudian mengarah ke bagian utara. Bagi yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya, lebih baik memilih rute yang pertama, karena apabila kamu memilih rute yang kedua, jarak yang ditempuh lebih jauh sepanjang 20 KM.

Karena terletak di dataran rendah, maka air terjun ini hanya memiliki tinggi sekitar 20 m, cukup rendah apabila dibandingkan air terjun lain memang, tetapi sensasinya jauh lebih menawan. Takut terhadap ombak dari Laut Jawa? jangan khawatir, di sekitar air terjun banyak terdapat batu karang besar yang menghalau ombak laut sampai ke daerah air terjn, sehingga kamu dapat dengan leluasa bermain air serta bermandi-mandi ria dibawah siraman air terjun.

Air terjun ini tergolong masih asli dan belum terjamah tangan manusia, saking asrinya, di kawasan ini tidak akan ditemukan areal parkir kendaraan ataupun toilet. Biasanya kendaraan bisa dititipkan ke warga sekitar, akan tetapi saat redaktur mengunjungi tempat ini, terdapat beberapa motor yang diparkir dekat lokasi, untuk pengguna mobil, dapat memarkirkan mobilnya di pinggir jalan raya di dekat lokasi. Satu hal lagi, saat telah memasuki wilayah Ketapang Timur, rajin-rajinlah bertanya kepada penduduk sekitar letak jalan masuk ke lokasi, karena petunjuk jalan masuk ke lokasi pun juga tidak ada di tempat ini.

Selamat berwisata!

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment