Sunday 04th December 2016,

Hobby

Ξ 1 comment

Belajar Fotografi? Pahami Prinsip Dasarnya Dulu!

posted by novi
Belajar Fotografi? Pahami Prinsip Dasarnya Dulu!

Salah satu hobi anak muda jaman sekarang adalah memotret atau fotografi. Baik dengan menggunakan kamera biasa ataupun kamera profesional. Sebagian ada yang suka memotret temannya untuk narsis, atau sebagian juga ada yag suka memotret kejadian atau hal-hal yang unik. Banyak juga diantara mereka yang rela mengerem uang jajannya atau  minta dibelikan oleh orang tuanya untuk membeli kamera SLR maupun DSLR. Hemm…  entah karena mereka ingin menekuni dunia fotografi atau hanya ingin sekedar gaya tidak mau ketinggalan trend. Daripada asal jepret gitu, lebih baik kamu pelajari dulu prinsip dasarnya. Dalam belajar fotografi memang dibutuhkan lebih banyak porsi prakteknya. Tapi dalam belajar hal apapun juga perlu penguasaan pengetahuan dasarnya. Untuk kamu yang pemula, baca prinsip dasar dalam belajar fotografi di bawah ini.

Sebenarnya dalam belajar fotografi ada dua hal yang penting yaitu teknis dan komposisi. Dengan kombinasi yang bagus antara teknis dan komposisi akan menghasilkan foto yang menarik dan berkualitas.

1 . Teknis
Yang paling penting untuk pemula harus mengenal dan mempelajari dasar-dasar dalam ilmu fotografi, diantaranya mengenal kamera, sensor, lensa, memahami fitur exposure dan elemen-elemen pentingnya yaitu shutter speed, aperture dan ISO/ASA, mempelajari WhiteBalance (WB) dll. Tapi selain itu kamu juga harus pelajari aspek-aspek penting di luar kamera, seperti mengenal asesoris dan fungsinya yang ada pada kamera, belajar post editing dengan menggunakan Photoshop atau program yang lain serta mempelajari color management. Dan juga pahami bagaimana cara kerja kamera dalam menangkap cahaya yang selanjutnya akan direkam.

2 . Komposisi
Sebuah foto akan menjadi menarik bisa disebabkan oleh beberapa faktor antara lain ketepatan momen, posisi obyek, warna dan ekspresi obyek. Komposisi adalah bagaimana cara mengatur suatu obyek tersebut agar dapat mengasilkan foto yang menarik untuk dilihat.

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment