Tuesday 06th December 2016,

Hobby

Ξ Leave a comment

HSDPA vs EVDO, Siapa Pemenangnya?

posted by Destriana
HSDPA vs EVDO, Siapa Pemenangnya?

Seiring dengan kian berkembangnya teknologi dan banyaknya produk gadget yang masuk ke Indonesia, kebutuhan akan koneksi data pun kian meningkat dari waktu ke waktu. Smartphone, tablet, dan modem berlomba-lomba untuk menyediakan performa akses data yang berkecepatan tinggi. Dan, dua teknologi koneksi data yang kini terkenal adalah HSDPA dan EV-DO.

Lantas, pertanyaannya adalah di antara dua koneksi tersebut, koneksi manakah yang lebih baik dan keluar sebagai pemenang persaingan? Penasaran? Kalau begitu, simak ulasan berikut ini.

 

[box_light]

Perbedaan HSDPA dan EV-DO:

  • Bandwidth radio interface yang digunakan CDMA adalah 1.25 MHz sementara HSPA memanfaatkan bandwidth 5 MHz.
  • Data rates untuk kecepatan EV-DO adalah 14.7 Mbps sedangkan kecepatan HSPA adalah 14.4 Mbps.
  • Standar CDMA EV-DO dikembangkan dengan jaringan 3G, sedangkan HSPA berada dalam jaringan 3.5G.

[/box_light]

 

1. HSPA/HSDPA/HSUPA (High Speed Packet Access)

 

Arsitektur Jaringan HSDPA

HSPA adalah terminologi yang digunakan untuk mengacu pada HSDPA (3G Release 5) dan HSUPA (3GPP Release 6), yang berbasis teknologi 3.5G GSM dan memiliki kecepatan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan 3G dan GPRS. Teorinya, kecepatan data HSPA dapat naik menjadi 14.4 Mbps downlink dan uplink 5.8 Mbps, 3-4 kali lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan downlik 3G dan 15 kali lebih tinggi dari GPRS. Namun, faktanya adalah jaringan yang ada saat ini hanya mampu memberikan 3.6 Mbps downlink dan 500 kbps untuk uplink.

Dalam kondisi yang optimal, HSDPA jelas lebih baik ketimbang koneksi internet kabel DSL (Digital Subscriber Line). Selain itu, kecepatan terakhir yang dirilis oleh teknologi ini adalah HSDPA+, dengan kecepatan mendownload mencapai 42 Mbps dan 82 Mbps dalam rilis ke 9 dari standar 3GPP.

 

2. EV-DO (Evolution Data Optimized)

 

Arsitektur Jaringan CDMA EV-DO

 

EV-DO merupakan teknologi mobile broadband generasi ketiga 3G yang bergerak di jaringan CDMA. Teknologi ini mampu memberikan kecepatan data lebih tinggi 2 Mbps dalam lingkungan mobile. Adapun 3 standar utama sebagaimana ditentukan oleh 3GPP2 sebagai bagian dari CDMA 2000 standar yaitu:

  • CDMA2000 1xEV-DO Release 0 (Rel 0)
  • CDMA2000 1xEV-DO Revisi A (Rev A)
  • CDMA2000 1xEV-DO Revisi B (Rev B)

CDMA EV-DO menggunakan jaringan CDMA 2000 untuk menyediakan akses kepada perangkat telekomunikasi jaringan yang bergerak dengan interface pada kecepatan 2.4 Mbps untuk EV-DO Rev.0, kecepatan 3.1 Mbps untuk EV-DO Rev.A, dan kecepatan 14.7 Mbps untuk EV-DO Rev.B fase 2 yang diluncurkan Smartfren.

Teknologi EV-DO Rev B fase 2 merupakan bukti bahwa layanan akses internet broadband dalam jalur CDMA kini berkecepatan tinggi setara dengan teknologi GSM 3.5G. Revisi tersebut mampu memberikan kualitas lebih baik karena memiliki kecepatan data yang sama dengan HSDPA.

 

3. Kesimpulan

Berdasarkan ulasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa sebenarnya kedua teknologi jaringan tersebut hampir setara. Namun, dalam beberapa hal jelas terlihat bahwa HSDPA tetap lebih unggul dibanding dengan CDMA EV-DO.

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment