Thursday 08th December 2016,

Hobby

Ξ Leave a comment

Ini Dia Cara Menggunakan Galaxy Note II Sebagai PC!

posted by Ahimsa
Ini Dia Cara Menggunakan Galaxy Note II Sebagai PC!

Pada awal perkembangan komputer ketika komputer masih berupa mainframe sebesar ruang tamu , muncul  visi baru untuk membuat komputer dapat duduk manis di meja setiap rumah. Rasanya dulu hampir mustahil karena ukuran komputer yang sangat besar. Namun hal tersebut dapat terwujud dan munculah personal computer atau biasa disebut PC.

Kini di era millenium ketiga, manusia tidak puas dengan kinerja komputer yang hadir di setiap meja. Mereka membutuhkan sesuatu yang menunjang mobilitas. Akhirnya munculah handphone, yang kemudian berevolusi menjadi smartphone. Walaupun belum serta merta menggantikan PC, namun visi baru telah mulai dicanangkan, yaitu bagaimana membuat komputer masuk ke dalam saku!

Kecanggihan teknologi kembali membuat visi tersebut menjadi kenyataan. Setelah era smartphone, kini muncul phablet yang merupakan perpaduan phone dan tablet. Dengan ciri khas layar besar, performa yang ditawarkan pun semakin garang, menyerupai sebuah komputer.

Ternyata phablet terbaru yang anda miliki, Galaxy Note II misalnya, memang benar-benar bisa dioperasikan menjadi sebuah komputer, dengan fungsi-fungsi yang dapat bekerja dengan baik.

Sebagai pengingat, Galaxy Note II mengusung prosesor quad-core dan RAM 2 GB. Perangkat ini ternyata kuat dipakai menjalankan skenario-skenario multi-tasking, termasuk memutar 4 video sekaligus dari native player dan browser.

Lalu bagaimana cara membuat Galaxy Note II anda bekerja layaknya PC?

Pertama, anda harus menyiapkan asesoris yang diperlukan. Galaxy Note II anda akan berperan sebagai CPU, jadi anda akan membutuhkan monitor untuk memberikan view yang lebih jelas. Selain itu anda akan membutuhkan keyboard dan mouse  Bluetooth. Untuk menghubungkan phablet dengan monitor, anda harus menyiapkan MHL HDMI HDTV adapter dan kabel HDMI. Siapkan pula power adapter untuk Galaxy Note II anda.

Cukup itu yang anda persiapkan, anda tidak perlu melakukan hack yang ribet. Yang perlu anda siapkan memang hanya kabel yang tepat.

Kedua, sambungkan semua asesoris yang ada. Sambungkan kabel HDMI yang terhubung ke monitor dan power adapter ke MHL adapter, lalu sambungkan MHL adapter ke Galaxy Note II. Jangan lupa untuk menghubungkan keyboard dan mouse Bluetooth ke Galaxy Note II.

Lakukan restart pada Galaxy Note anda, dan akan tampil di layar tampilan homescreen Galaxy Note II. Secara default, homescreen yang tampil pada monitor akan pada posisi portrait. Hal ini tentu sangat mengganggu. Anda bisa saja membiarkannya seperti itu, karena ketika anda mulai masuk aplikasi, maka tampilan akan berubah secara otomatis ke posisi landscape, atau jika anda ingin mengubah homescreen ke posisi landscape, anda bisa menggunakan free rotation locker yang tersedia pada TouchWiz.

Fitur

Anda bisa menjalankan semua fitur Galaxy Note II dengan baik. Salah satunya adalah kemampuan multi-tasking yang mumpuni. Anda bisa menjalankan browser sembari membuka email misalnya, atau menjalankan empat video sekaligus.

Ada sedikit perbedaan tampilan di monitor dengan layar ponsel ketika anda memainkan video dalam posisi multi-tasking. Pada layar ponsel, pada saat menggunakan fitur multi-tasking, video akan terus bermain ketika layar terbagi menjadi dua. Namun yang tampil pada monitor adalah video yang berjalan secara full-screen.

Namun anda bisa memainkan video di browser secara bersamaan, dengan membuka window browser baru. Anda bisa menginstal Floating Browser agar bisa menjalankan browser ber-window seperti layaknya browser pada PC.

Bagaimana dengan fitur Office untuk menunjang produktivitas? Anda mungkin merasa puas dengan apa yang bisa dilakukan Galaxy Note II, namun dengan memfungsikannya sebagai PC dengan tambahan keyboard dan mouse, tentu kerja anda menggunakan aplikasi Office macam Kingsoft Office akan semakin nyaman. Anda pun bisa membuat file presentasi dengan lebih leluasa.

Game yang telah anda install-pun akan lebih lega dan nyaman dimainkan dengan menggunakan monitor. Galaxy Note II juga dapat menjalankannya dengan baik. Sayang sekali, ada beberapa game yang tidak support tampilan landscape, sehingga anda terpaksa memainkannya dengan posisi portrait yang tentu terasa aneh jika dilihat pada monitor.

Memang Galaxy Note II tidak serta merta bisa menggantikan peran PC ataupun ultrabook. Namun kemampuan yang dimiliki Galaxy Note II ini semakin menunjukkan bahwa sekarang ini gadget mobile semakin digdaya dan bisa bekerja layaknya sebuah komputer desktop, Berminat mencoba?

 

 

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment