Thursday 08th December 2016,

Hobby

Ξ Leave a comment

Ini Dia Tips Hemat Baterai BlackBerry!

posted by Ahimsa
Ini Dia Tips Hemat Baterai BlackBerry!

Kalau dicermati, salah satu ciri khas dari para pengguna BlackBerry hampir sama, yaitu “colokan hunter”. Hampir semua pengguna BlackBerry selalu mencari charger dan colokan listrik karena baterai mereka telah habis. Smartphone lain juga mungkin memiliki masalah yang sama, namun baterai boros seakan memang menjadi musuh abadi BlackBerry.

Anda bisa saja menggunakan Powerbank untuk mengatasi kerakusan BlackBerry anda, namun tentu anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk membeli Powerbank. Lalu bagaimana cara “mengakali” agar BlackBerry anda tidak terlalu rakus daya baterai? Simak tips berikut ini!

1. Ubah ke Jaringan 2G

Anda tidak selalu membutuhkan koneksi berkecepatan tinggi. Jadi sebaiknya anda mengubah jaringan dari 3G ke 2G. Dengan mengubah ke jaringan 2G, layanan seperti push email dan push notification lain tetap masuk, namun transfer rate yang lebih rendah pada 2G akan membutuhkan pasokan daya yang lebih sedikit. Selain itu, jaringan 2G relatif lebih stabil daripada 3G.

Pengaturan bisa anda lakukan dengan mengakses Options>Network and Connection>Mobile Network. Ubah pilihan network mode menjadi 2G.

2. Matikan Aplikasi yang Berjalan di Background

Bagaimana cara anda keluar dari aplikasi? Kebanyakan dari pengguna akan menekan tombo end call untuk keluar dari aplikasi. Sebenarnya cara ini tidak benar-benar mengehentikan kinerja aplikasi. Aplikasi masih berjalan di Background dan masih menggunakan memori RAM dan prosesor masih bekerja. Tentu kedua hal tersebut memakan daya baterai yang besar.

Anda bisa menggunakan fitur application switcher untuk melihat apa saja aplikasi yang masih berjalan dengan menekan tombol menu>switch application atau tahan tombol menu beberapa saat.

Kemudian masuklah ke aplikasi yang akan anda matikan, tekan tombol menu, pilih close atau exit. Patut diingat bahwa beberapa aplikasi yang muncul di Application Switcher tidak bisa dimatikan, misalnya Home, Browser, Phone, Messages, dan BBM.

3. Manfaatkan Fitur Auto on-off

BlackBerry dilengkapi fitur auto on-off yang memungkinkan anda untuk mengatur agar BlackBerry dapat hidup atau mati pada waktu yang ditentukan. Fitur ini dapat anda gunakan agar BlackBerry anda tidak mengkonsumsi daya ketika anda sedang istirahat, pada tengah malam misalnya.

Fitur ini dapat anda akses di menu Options>Devices>Auto On/Off. Centang pilihan enable untuk mengaktifkan fitur ini. Kemudian atur waktu dimana BlackBerry akan Off, dan kapan secara otomatis akan On kembali. Pada fitur ini juga dibedakan pengaturan untuk weekdays (Senin-Jumat) dan weekend (Sabtu-Minggu) agar anda bisa memilih pengaturan yang berbeda pada hari kerja atau libur.

4. Gunakan Theme Bawaan

Pada BlackBerry AppWorld terdapat banyak theme yang oke punya untuk didownload. Banyak sekali theme full animasi yang keren dan menggelitik untuk dipunyai. Namun perlu anda ingat animasi memakan banyak baterai. Ada baiknya anda menyimpan hasrat menggunakan theme animasi agar baterai anda hidup lebih lama.

5. Atur Kecerahan Layar

Sebagian besar daya digunakan untuk menunjang display. Daya yang besar biasanya digunakan untuk menghidupkan backlight layar yang mempengaruhi tingkat kecerahan (brightness). Tentu semakin tinggi tingkat brightness akan semakin banyak daya baterai yang digunakan.

Untuk itu, aturlah brightness ke level rendah, namun tetap nyaman di mata anda untuk melihat layar. Pengaturan dapat anda akses melalui Options>Display>Screen Display. Selanjutnya sesuaikan Backlight Brightness.

6. Gunakan Pouch/sarung BlackBerry

Pouch bawaan BlackBerry maupun buatan pihak ketiga yang didesain pihak ketiga khusus untuk BlackBerry biasanya dilengkapi magnet yang akan membuat smartphone anda masuk ke mode standby yang juga akan mematikan layar.

Layar memang menjadi bagian yang paling banyak memakan daya baterai BlackBerry anda

7. Pilih Operator yang tepat

Mengapa hal ini penting? Tentu saja,karena kuat lemahnya sinyal operator juga berpengaruh pada baterai. Pilihlah operator yang memiliki jaringan paling stabil, setidaknya di kota anda. Hal ini dapat dilihat dari indikator sinyal.

Operator yang memiliki jaringan buruk akan memaksa smartphone anda untuk terus menerus mencari sinyal yang mengakibatkan daya baterai terkuras.

Selamat mencoba!

 

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment