Tuesday 06th December 2016,

Hobby

Ξ Leave a comment

Karimun Jawa, Surga di Laut Jawa

posted by Rani Sukma
Karimun Jawa, Surga di Laut Jawa

Sebentar lagi ada libur Natal dan Tahun Baru kan Divas? Untuk itu, boleh lah saya menceritakan sedikit pengalaman liburan saat long weekend kemarin. Siapa tahu bisa jadi referensi Divas untuk menentukan tempat berlibur.

Nah, yang akan saya bahas disini adalah Pulau Karimun Jawa. Karimunjawa ini adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah elang laut dada putih, penyu sisik, dan penyu hijau.

Perjalanan menuju Pulau Karimun Jawa

Untuk perjalanan menuju Karimun Jawa, saya memilih menggunakan jasa travel saja karena memang saya belum tahu keadaan disana. Cukup dengan biaya Rp 1 Juta per orang saya sudah dapat menikmati semua fasilitas yang cukup mewah untuk menuju Pulau Karimun Jawa. Biaya tersebut terbilang cukup murah melihat fasilitas yang didapat dan mengingat waktu yang saya pilih untuk berlibur adalah saat long weekend.

Saya dan rombongan di jemput di Surabaya pada jam 8 malam menggunakan mobil ELF kelas eksekutif dan sangat nyaman. Perjalanan diawali dengan menuju Jepara terlebih dahulu. Saya tiba di Jepara pada jam 6 pagi. Sebelum naik ke kapal cepat yang memiliki nama Kartini 1, tentunya saya dan rombongan sarapan terlebih dahulu. Sarapan sudah disediakan oleh pihak travel. Selesai sarapan kami diarahkan menuju ke kapal Kartini 1.

Tepat jam 8 pagi, kapal cepat Kartini 1 pun berlayar menuju Karimun Jawa. Saya sangat senang akhirnya setelah sekian lama saya benar-benar akan ke Karimun Jawa. Perjalanan dengan menggunakan kapal cepat Kartini 1 membutuhkan waktu selama ± 3 jam. Kata awak kapal, lama waktu berlayar tergantung besarnya ombak. Malah apabila ombak sedang besar, kapal tidak akan diijinkan untuk berlayar sama sekali. Saya tiba di Karimun Jawa tepat pada jam 11 pagi.

Karimun Jawa…saya harus bilang wow berkali-kali!

Baru saja sampai di pelabuhan Karimun Jawa. Saya sudah harus bilang wow dan sangat takjub. Kehadiran saya di sambut dengan hamparan laut yang sangat biru dan jernih. Bahkan hingga dasar laut dan terumbu karangnya terlihat sangat jelas. Benar-benar membuat segar tubuh dan pikiran siapa saja dengan seketika.

Namun itu baru awalnya saja. Setelah dijemput oleh kendaraan dan menuju penginapan, saya mandi dan istirahat terlebih dahulu. Tidak lama kemudian saya dan rombongan dihimbau oleh pihak travel untuk makan siang dan bersiap-siap wisata. Wow lagi! Menu makanan di Karimun Jawa memang sangat sederhana. Tentunya kebanyakan seafood. Namun karena seafood yang dimasak adalah seafood yang segar, maka rasanya jauh lebih enak.

Setelah makan siang, tepatnya jam 1 siang. Saya dan rombongan mulai berjalan kaki menuju dermaga. Tidak jauh dari penginapan. Tentunya kami tidak lupa berfoto-foto dulu untuk mengabadikan momen istimewa ini.

Wisata laut di Karimun Jawa ditempuh menggunakan kapal nelayan tradisional. Meskipun tradisional, namun mereka sudah mengerti standar keamanannya. Setiap orang yang naik ke kapal tersebut, harus menggunakan pelampung untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Setelah semua memakai pelampung, akhirnya kami memulai perjalanan dan menuju Pulau Menjangan Kecil.

Selama pelayaran menuju Pulau Menjangan Kecil. Kami satu kapal menikmati indahnya Pulau Karimun Jawa, lautnya, dan pulau-pulau lain yang ada disekitarnya. Sungguh asri dan masih perawan.

Sesampainya di Pulau Menjangan Kecil, saya langsung menceburkan diri ke laut untuk snorkeling. Benar-benar tidak sabar. Tapi tentunya dengan menggunakan kacamata snorkel. Pemandangan yang saya lihat saat snorkeling benar-benar luar biasa. Tidak ada duanya. Gugusan terumbu karang berwarna-warni dengan ikan kecil-kecil yang mengitarinya membuat saya takjub. WOW!

Setelah puas bermain snorkeling di Pulau Menjangan Kecil, saya dan rombongan menuju Pulau Cemara Besar. Disini kami bermain-main di pantai sambil menikmati kelapa muda. Pantainya sangat indah dengan pasir putih dan bebatuan. Cocok sekali untuk berfoto-foto. Kami di Pulau Cemara Besar hingga sunset tiba. Indah sekali!

Saya kembali ke penginapan pada jam 6 sore. Selesainya mandi, makan malam sudah terhidang. Saya baru sadar kalau ternyata saya benar-benar lelah dan lapar. Memang saat berwisata tadi sangat senang sehingga tidak terasa capek.

Tapi rugi kalau istirahat, karena Pulau Karimun Jawa punya alun-alun yang menyediakan berbagai macam kuliner khas Karimun Jawa. Banyak para wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang berkumpul disana untuk mencicipi kulinernya.

Hari kedua, tidak rela wisata ini berakhir

Jam 6 pagi saya dan rombongan sudah dibangunkan oleh travel untuk sarapan dan melanjutkan wisata. Kali ini kami menuju gugusan karang di tengah laut terlebih dahulu untuk snorkeling lagi.

“Apa? Snorkeling lagi? Apa tidak bosan”, itu lah yang saya ucapkan saat tahu akan snorkeling lagi. Tapi justru tidak snorkeling adalah kerugian yang besar. Pemandangan bawah laut yang saya lihat saat snorkeling di hari kedua ini jauh lebih bagus dan lebih indah daripada di Pulau Menjangan Besar kemarin. Terumbu karang yang ada di depan mata lebih bervariasi dan lebih indah. Ternyata di Pulau Menjangan Kecil hanya awalnya saja, baru pemanasan!

Setelah puas, kami berlayar lagi menuju Pulau Tengah. Disini kami istirahat dan makan siang ikan bakar. Sangat nikmat dan ikan yang dibakar adalah ikan segar. Hmm…..

Perjalanan kemudian dilanjutkan menuju Pulau Gosong. Di perairan Karimun Jawa, terdapat banyak gosong atau daratan pasir yang menyembul di tengah laut atau di tepi pulau yang nampak pada pagi hari dan kemudian menghilang ketika air laut pasang. Indah sekali. Kami bermain-main di pasir yang putih dan berfoto-foto. Setelah itu, kami menuju Pulau Menjangan Besar. Ini adalah tujuan wisata kami yang terakhir. Saya sempat sedih bahwa ini adalah tujuan wisata terakhir dan besok saya sudah meninggalkan Karimun Jawa. Ternyata 2 hari penuh berwisata di Karimun Jawa rasanya belum cukup.

Di Pulau Menjangan Besar, saya melihat penangkaran ikan hiu dan diberi kesempatan untuk berenang bersama ikan hiu. Hiii….ngeri memang. Saya tidak berani untuk turun ke kolam penangkaran. Namun ada banyak orang yang turun untuk berenang dan berfoto bersama ikan hiu. Membuktikan bahwa berenang bersama ikan hiu disana memang aman. Tapi saya lebih memilih untuk bermain banana boat saja. Hehehe. Bermain banana boat di Pulau Menjangan Besar dikenakan biaya Rp 60 Ribu per orang.

Malamnya, saya diantar oleh pihak travel menuju pusat souvenir dan oleh-oleh. Banyak souvenir yang menarik mata tentunya. Disana saya membeli gantungan kunci dan beberapa kerajinan khas Karimun Jawa, salah satunya adalah jam pasir yang dihiasi oleh kerang.

Meninggalkan Karimun Jawa. Hiksss….

Akhirnya setelah wisata yang begitu menakjubkan, saya harus meninggalkan Karimun Jawa. Jam 7.30 pagi saya sudah sampai di pelabuhan Karimun Jawa. Pelayaran menuju Jepara kali ini menggunakan kapal Express Bahari yang lebih cepat daripada Kartini 1. Pelayaran ditempuh hanya dengan waktu 1 jam 45 menit. Sesampainya di pelabuhan Pantai Kartini Jepara, saya dan rombongan sudah dijemput lagi oleh travel menuju ke Surabaya.

Berakhirlah perjalanan wisata saya ke Karimun Jawa. Wisata ini adalah wisata yang tidak akan pernah saya lupakan seumur hidup karena begitu berkesan. Malah saya ingin segera kembali ke Karimun Jawa dan menikmati wisatanya lagi. Divas ada yang mau ikut?

 

 

 

 

 

 

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment