Saturday 10th December 2016,

Hobby

Ξ Leave a comment

Mengenal Lebih Dalam Tentang LTE

posted by Akmal Fahmi
Mengenal Lebih Dalam Tentang LTE

Akhir-akhir ini semenjak kemunculan 4G, sering terdengar kata-kata LTE. Tapi, sebenarnya apa sih itu LTE? LTE (Long-Term Evolution) adalah sebuah standar komunikasi akses data nirkabel tingkat tinggi yang didasarkan pada jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSPA dimana terjadi peningkatan dalam hal kapasitas dan kecepatan. Salah satu teknologi 4G ini pertama kali digunakan di Amerika Serikat dan Jepang.

Bila LTE adalah teknologi 4G, sudah pasti LTE sebagai penerus 3G. Tujuannya sebenarnya simpel, yaitu meningkatkan kapasitas dan kecepatan jaringan data nirkabel. Untuk mewujudkan tujuan ini, LTE menggunakan tenik DSP (Digital Signal Processing) dan modulasi yang dikembangkan pada awal milenium baru. Bila anda menggunakan perangkat 3G apalagi 2G, maka anda tidak dapat menikmati LTE, hal ini dikarenakan teknologi yang berbeda tadi.

 

Untuk yang mengerti hal teknis, berikut adalah penjelasannya. Sebagai teknologi tingkat tinggi, LTE mampu men-download sampai denga kecepatan hingga 300 Mbps dan upload 75 Mbps. LTE mendukung operator bandwidth terukur, serta mendukung pembagian frekuensi duplexing (FDD) dan waktu divisi dupleks (TDD). Arsitektur jaringan LTE merupakan arsitektur jaringan berbasis IP datar yang disebut Evolved Packet Core (EPC), yang dirancang untuk menggantikan Core Network GPRS dan mendukung pertukaran yang mulus untuk suara maupun data dibandingkan dengan teknologi jaringan yang lebih dulu ada seperti GSM, UMTS, dan CDMA 2000.

Kelebihan dari LTE adalah:

  • Tingkat download sampai dengan 299,6 Mbit/s dan tingkat upload hingga 75,4 Mbit/s tergantung pada kategori peralatan pengguna.
  • Peningkatan dukungan untuk mobilitas, sebagai contoh dukungan untuk terminal bergerak hingga 350 km/jam atau 500 km/jam tergantung pada pita frekuensi.
  • Dukungan untuk semua gelombang frekuensi yang saat ini digunakan oleh sistem UMT oleh ITU-R.
  • Di daerah kota dan perkotaan, frekuensi band yang tinggi (seperti 2,6 GHz di Uni Eropa) digunakan untuk mendukung kecepatan tinggi mobile broadband.
  • Dukungan untuk MBSPN (Multicast-Broadcast Single Frequency Network). Fitur ini dapat memberikan layanan seperti mobile TV menggunakan infrastruktur LTE, dan merupakan pesaing untuk layanan DVB-H berbasis siaran TV.

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment