Tuesday 06th December 2016,

Hobby

Ξ Leave a comment

Mengintip Penampilan Lumia 810!

posted by Destriana
Mengintip Penampilan Lumia 810!

Setelah melepas Lumia 920 ke pasar smartphone, kini Nokia siap untuk melepas smartphone Windows Phone 8 terbarunya lagi, yaitu Nokia Lumia 810. Jika pangsa pasar Lumia 920 untuk high-end user, maka Lumia 810 ini bisa dibilang untuk mid-end user. Meski berada di kelas yang berbeda, namun 810 menjanjikan experience yang sama dengan 920, mengingat mereka sama-sama bersistem operasi WP 8.

Penasaran dengan ulasan lengkap seputar Nokia Lumia 810? Berikut akan kami ulas tentang bagian dalam hingga tampilan luar “Si Cantik” Lumia 810.

 

Hardware

 

 

 

Sama seperti lumia 920 dan Lumia 820, 810 juga memiliki otak dual core Snapdragon S4 jebolan Qualcomm. Selain itu, Lumia 810 memiliki Adreno 225 sebagai graphic processor-nya. Sedangkan untuk layar yang diusung adalah OLED dengan luas 4.3 inch dan memiliki resolusi 400 x 800 piksel. Dilihat dari resolusinya, mungkin memang tak begitu memuaskan, namun untuk smartphone mid-end resolusi 400×800 sudah tergolong baik.

Lumia 810 dilengkapi teknologi “Clear Black”. Teknologi ini disebut-sebut menjadi keunggulan 810 karena dengan teknologi yang membuat tampilan warna hitam menjadi lebih kuat. Selain itu, pada teknologi layarnya, Nokia juga menjanjikan layar sentuh yang super sensitif, sehingga anda tidak perlu kesal karena smartphone anda kurang sensitif seperti pada smartphone touchscreen lainnya. Tidak percaya? Kita lihat saja nanti.

Semua teknologi di atas detenagai oleh removable baterai berkapasitas 1800 mAH yang dibungkus oleh bodi berbahan plastik yang berkualitas. Oleh karena berbahan plastik inilah Lumia 810 ini memiliki berat yang sangat ringan, yaitu 145 gram, sedangkan dimensinya, yaitu 127.8 x 68.4 x 10.9 mm.

Smartphone ini juga dilengkapi kamera 1.2 MP pada bagian depan dan 8 MP dengan perekam video 1080p pada bagian belakang. Meski tak seperti kamera pada Lumia 920 yang dilengkapi teknologi Pure View, kamera pada 810 masih tetap hebat karena teknologi Carl Zeiss F2.2.

Meski bentuk fisiknya tak seperti Lumia 920 maupun 820, namun Lumia 810 dengan bahan plastik-nya tetap terasa nyaman digenggam. Kesan elegan nampaknya tidak pernah terlepas dari produk-produk Lumia. Ya, meskipun berbahan plastik nyatanya Lumia 810 tetap terlihat elegan dan menawan.

 

Software

 

Lumia 810 berjalan pada sistem operasi Windows Phone terbaru, yang menarik adalah aplikasi Nokia Music dan Nokia Map yang terdapat pada smartphone ini. Kedua aplikasi tersebut didesain untuk mengetahui informasi lingkungan anda tinggal, Nokia Apps dengan augmented reality-nya dapat menunjukkan anda tempat-tempat penting disekitar anda. Sedangkan pada Nokia Music, anda dapat melakukan streaming musik secara gratis, serta menuntun anda langsung ke Nokia Store. Menarik sekali, bukan?

 

Performa Baterai dan Kamera

 

Kapasitas baterai sebesar 1800 mAh membuat Lumia 810 dapat menemani anda seharian penuh dengan pemakaian normal. Jika anda gunakan secara maksimal, Lumia 810 mampu menemani anda selama 10 jam sampai baterai benar-benar habis. Dikarenakan WP 8 tidak mengonsumsi banyak tenaga, ditambah lagi prosesor Qualcomm yang hemat energi, untuk pemakaian browsing, SMS, dan mengambil gambar, maka anda akan menemukan Lumia 810  anda kehabisan baterai dalam waktu satu hari lebih. Menakjubkan!

 

8 MP kamera pada bagian belakang yang didukung prosesor Snapdragon dapat menghasilkan jepretan yang sangat memuaskan. Ditambah lagi, hasil rekaman video berkualitas 1080p membuat Lumia 810 masuk kedalam jajaran smartphone dengan kamera yang berkelas.

Seperti yang telah diungkapkan di atas, kamera Lumia 810 masih tak sebanding dengan kamera 920 karena absennya teknologi Pure View, sehingga dalam pengambilan gambar minim cahaya hasilnya kurang memuaskan. Namun, hasil jepretan kamera 810 masih terbilang baik. Selain itu, akses cepat melalui lockscreen juga menjadi nilai tambah kamera pada devices ini.

 

Kesimpulan

Meski Nokia telah meluncurkan smartphone flagship-nya, yaitu Lumia 920, kehadiran Lumia 810 tak bisa dipandang sebelah mata. Lumia 810 yang hadir dengan spesifikasi yang telah disampaikan di atas, ditambah sensasi WP 8 membuat smartphone ini layak untuk dimiliki. Namun, hingga hari ini belum ada kabar resmi yang diungkap oleh Nokia terkait harga yang akan dibanderol untuk Lumia 810 ini.

 

Jadi, apakah anda termasuk orang yang sangat menyukai sensasi segala hal baru namun dengan harga yang tak terlampau menjulang? Nampaknya Lumia 810 bisa menjadi jawaban yang tepat untuk anda.

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment