Monday 05th December 2016,

Hobby

Ξ Leave a comment

Perbandingan Paket Internet Operator Di Indonesia

posted by Agza
Perbandingan Paket Internet Operator Di Indonesia

Bicara soal gadget pasti tidak lepas dari koneksi internet bukan? Mulai dari game hingga kebutuhan kerja seperti layanan email membutuhkan koneksi internet, bahkan pemerintah pun menghimbau masyarakat agar lebih aktif menggunakan internet sebagai media pembelajaran dan  menambah wawasan dengan informasi yang hampir tak terbatas.

Khusus Indonesia yang masih kurang area hotspot, para pengguna internet masih sangat bergantung dengan layanan paket data. Konektivitas ini menggunakan kartu SIM baik GSM ataupun CDMA, dan tiap-tiap operator menawarkan paket internet yang beragam. Jika Anda tidak sanggup dengan paket bulanan yang mahal, saat ini sudah banyak operator yang menawarkan paket data harian. Paket data harian disebut juga paket data mini yang sudah pasti lebih murah, sesuai dengan namanya. Dalam hal ini, lagi-lagi pemerintah Indonesia sangat mendukung adanya paket ini karena lebih meringankan beban tarif bagi pengguna yang butuh koneksi internet tapi dengan duit pas-pasan. Meskipun begitu, paket data mini tiap-tiap operator memiliki perbedaan lho.. Nah, karena itu Kusukagadget akan memberikan beberapa informasi untuk membantu Anda memilih operator yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dari sekian operator, hampir semua operator GSM bersedia menyediakan paket harian, termasuk Telkomsel, XL, Indosat dan Axis. Hanya Tri yang absen untuk jenis paket data mini ini. Meski begitu, Tri mempunyai paket Always On yang tidak dimiliki oleh operator lainnya. Paket ini memungkinkan Anda mengakses internet ke 10 situs terpopuler tanpa biaya alias gratis walaupun tidak punya pulsa. Sedangkan perwakilan dari operator CDMA, ada Smartfren dan Esia Max-D. Dari 6 operator tersebut siapakah yang menawarkan tarif paket data mini termurah? Waspada dengan skema tarif yang menjebak!

TELKOMSEL…

Sama seperti paket internet lainnya, paket data mini pun menjadi bagian dari paket Telkomsel Flash. Operator dengan basis pelanggan terbesar ini menawarkan paket data mini seharga Rp 6.000 dengan batas pemakaian wajar 30 MB dan masa aktif 1 hari. Seperti paket data mingguan atau bulanan, paket data mini dilengkapi dengan kecepatan maksimal 7,2 Mbps. Sayangnya, kecepatan maksimal ini masih belum bisa dirasakan diseluruh daerah jangkauan Telkomsel, hanya beberapa kota saja.

Sedikit berbeda, pelanggan kartu As diberikan kecepatan internet maksimal 3,6 Mbps diseluruh nusantara, selebihnya sama. Nah, jika pelanggan kartu Simpati, Flash dan kartu As sudah melampaui batas kuota yang ditentukan, Telkomsel tidak mengenakan biaya tambahan. Tapi berdampak pada kecepatan akses yang menurun hingga 16 Kbps saja.

Jika tertarik, Anda bisa melakukan registrasi dengan dua cara. Pertama, tekan *363# langsung dari hp/modem, kemudian pilih menu Telkomsel Flash lalu pilih Flash Kuota Based-Optima, setelah itu akan muncul pilihan paket harian, mingguan atau bulanan. Kedua, buat Anda yang lebih suka SMS, kirim SMS ke 363 dengan format: UL<spasi>ON<spasi>harga paket (contoh: UL ON 6000). Mudah bukan?

XL…

Belum lama ini, XL memperkenalkan paket data baru yakni Hotrod 3G Triple Kuota. Dalam paket ini, anak perusahaan Axiata Group Berhad ini tidak hanya menawarkan internet bulanan dan mingguan tetapi juga harian yang dinamakan Hotrod 3G+ Harian Triple Kuota. Tarifnya sih lebih terjangkau dari si “merah” yaitu Rp 2.000  saja, namun dengan kecepatan akses maksimal hanya mencapai 3,6 Mbps.

Apakah Anda bertanya-tanya dengan embel-embel triple kuota? Yap, paket ini sebenarnya hanya menawarkan kuota 5 MB, tapi karena promo maka XL menambahkan bonus kuota hingga 10 MB, sehingga total kuota 15 MB. Selain paket harian, paket bulanan juga tersedia dengan bonus triple kuota, dengan tarif Rp 25.000 Anda bisa menikmati kecepatan akses maksimal 7,2 Mbps dan kuota 200 MB ditambah triple bunos kuota menjadi 600 MB. Namun, perlu dicatat bahwasannya bonus kuota tersebut hanya dapat Anda nikamti jika menggunakan jaringan 3G. Cara registrasi cukup mudah yakni *123# lalu pilih ‘Internet’ > Internet Hotrod 3G+ Triple Kuota.

 

INDOSAT…

Kalau Indosat, paket data mini berada di bawah tajuk Indosat Super 3G+. Nama paket ini mungkin agak asing karena Indosat Super 3G+ adalah brand baru yang diperkenalkan Indosat untuk layanan internetnya. Seperti operator lain, Indosat juga menyediakan paket data bulanan, mingguan dan harian tentunya. Khusus untuk paket harian, ada dua skema tarif: kuota dan unlimited.

Untuk paket kuota dibanderol Rp 2.000 dengan kuota maksimal 5 MB, plus bonus kuota 25 MB, sehingga total kuota menjadi 30 MB. Kecepatan yang ditawarkan mencapai 3,6 Mbps. Sedangkan untuk skema tarif unlimited, paket harian dikenai tarif Rp 5.000 dengan batas pemakaian wajar 50 MB. Lebih besar dan koneksi dijamin tidak terputus, sayangnya kecepatan maksimal hanya 1 Mbps. Registrasi cukup dengan menekan *123*4*1#, lalu pilih paket internet sesuai keinginan dan tentunya dana.

AXIS…

Ada yang unik nih dari paket data mini yang ditawarkan Axis. Apa itu? Jadi, Axis memiliki paket bertajuk Internet harian untuk paket data mini. Berbeda dengan ketiga operator sebelumnya, untuk menikmati paket mini ini Anda tidak perlu repot-repot registrasi, cukup dengan menggunakan internet reguler Rp 2/KB (sudah termasuk PPN 10%) hingga mencapai 4.000. Setelah itu, Anda bebas melahap akses internet hingga batas pemakaian wajar 10 MB. Kecepatan maksimum layanan Internet Harian tidak dibatasi dan saat pemakaian internet mencapai 10 MB maka kecepatan tersebut akan diturunkan menjadi maksimal 64 kbps (berlaku di jaringan HSDPA dan akan menyesuaikan untuk kecepatan di jaringan 3G, EDGE, dan 2G). Bagi Anda yang menikmati promo Bonus Internet, silahkan langsung tekan *123*2# di hp/modem dan pilih Internet Harian. Sayangnya, untuk sementara paket ini masih terbatas pada daerah Lombok, Jawa, Bali, Sumatera Utara dan Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, dan Balikpapan.

TRI (3)…

Berbeda dari operator lainnya, operator seluler milik Hutchison yakni 3 (Tri) tidak menyediakan layanan paket internet harian. Meskipun demikian, seperti yang sudah disebutkan di atas tentang paket Always On dari operator seluler Tri, kesepuluh situs yang dapat diakses gratis adalah Facebook, Google, Detik, Kaskus, Klik BCA, Kompas, Toko Bagus, Vivanews, Okezone dan Ebuddy Messenger. Paket ini bisa didapatkan di toko-toko penjual pulsa atau bagi Anda yang sedang menggunakan kartu Tri, bisa menekan *234# untuk memperoleh informasi paket ini.

Lanjut ke perwakilan operator CDMA yaitu Smartfren dan Esia!

 

SMARTFREN…

Ketika berbicara tentang layanan paket data murah di CDMA, sepertinya Smartfren Connex masih memimpin. Meski baru-baru ini mendapatkan tantangan serius dari Esia Max-D, rasanya Smartfren masih menjadi yang terpopuler hingga saat ini. Nah, soal paket data mini, operator gabungan antara Smart Telecom dan Mobile-8 ini juga masih mengandalkan Connex yang didalamnya terdapat dua skema tarif: unlimited dan volume based.

Dalam paket data harian unlimited, Smartfren menawarkan tarif Rp 7.500 per hari tanpa kuota, namun kecepatan maksimal sebatas 768 Kbps, cukup untuk browsing dan streaming audio. Sementara untuk paket data harian volume based, tarif yang dikenakan Rp 1.000 per hari dengan kuota 20 MB dan kecepatan yang lebih manusiawi yakni 3,1 Mbps. Mau yang lebih cepat lagi hingga 14,7 Mbps? Anda perlu registrasi paket bulanan dengan merogoh kocek sebesar Rp 150.000 dengan kuota 12 GB. Wow!

Registrasi paket data mini unlimited bisa Anda lakukan dengan menekan *123*3*2*1 pada hp/modem, dan untuk paket data mini volume based lakukan dengan menekan *123*3*1*20. Perlu diketahui, jika masa berlaku paket habis maka Anda akan dikenai tarif reguler Rp 1/KB (jam 06:00 – 01:59) dan Rp 0,1/KB (jam 02:00 – 05:59).

FLEXI…

Operator seluler CDMA, Telkom Flexi menawarkan paket data mini serta paket mingguan dan bulanan dalam dua tajuk program yakni FlexiNet Unlimited dan Flexi Mobile Broadband. Berbeda dengan operator lainnya, Flexi menawarkan beberapa  jenis dan syarat untuk layanan paket datanya, baik Flexi Unlimited maupun Flexi Mobile Broadband, sehingga untuk lebih jelas sebaiknya Anda menyimak tabel layanan paket data di bawah ini..

Program FlexiNet Unlimited

Minimal saldo bagi Pelanggan Trendy untuk dapat mengakses FlexiNet Unlimited adalah Rp 100, sehingga jumlah keseluruhan minimal pulsa yang diperlukan oleh Pelanggan untuk mengikuti program ini adalah:

Kecepatan akses hingga 153 Kbps (single speed). Untuk registrasi paket ini sangat mudah, cukup dengan menekan *2255# dari hp/modem Anda.

Program Flexi Mobile Broadband

Program ini menawarkan layanan akses internet dengan kecepatan cukup tinggi yakni 3,1 Mbps dengan sangat nyaman diseluruh jaringan EVDO Flexi Indonesia. Paket data reguler yang tersedia juga dibedakan ke dalam tiga jenis yaitu Paket GET, Paket SET, dan Paket GO. Masing-masing paket tersedia untuk paket data mini, dan berbeda dalam hal harga, kuota dan kecepatan akses. Berikut tabel informasi selengkapnya!

Anda tertarik mencoba paket ini? Silahkan registrasi dengan format SMS: <jenis paket GET/SET/GO><spasi><jenis paket HARIAN/MINGGUAN/BULANAN>. Contoh: GET HARIAN. Kirim ke 2255.

Jika Anda membutuhkan tambahan kecepatan akses internet, bisa Anda dapatkan dengan Speed Booster. Misalnya Anda sedang menggunakan Paket GET, kemudian Anda ingin meningkatkan kecepatan akses ke Paket SET, Anda cukup melakukan registrasi Speed Booster melalui SMS dengan format: BOOSTER, kirim ke 2255. Perlu dicatat, speed booster hanya berpengaruh pada kecepatan, tidak pada kuota.

ESIA…

Pembuka yang agak mengecewakan dari Esia Max-D, karena diantara semua operator yang menawarkan paket data mini, boleh dibilang Esia Max-D adalah yang termahal! Tapi, jangan terburu-buru meninggalkan operator ini karena jika diperhatikan lebih cermat paket data mini yang ditawarkannya malah adalah yang paling menguntungkan. Plin-plan? Tidak.

Jadi, sepertinya Esia Max-D tidak jauh dari kata pepatah: ada harga ada kualitas! Meskipun dari segi harga adalah yang paling mahal yakni dengan tarif Rp 10.000 untuk paket data harian, tapi kuota yang didapatkan oleh pelanggan juga tidak main-main yaitu sebesar 350 MB! Kuota yang sangat cukup untuk aktivitas browsing, downloading, hingga video streaming di YouTube. Sebanding bukan?

Paket data yang dibicarakan ini adalah Esia Max-D Fantastic Daily, yang menawarkan kecepatan akses hingga 3,1 Mbps. Paket ini menggunakan Fair Usage Policy (FUP), apabila sudah mencapai kuota maka pelanggan akan ditawarkan menggunakan tarif berbayar, atau jika tidak kecepatan akan diturunkan menjadi 64 Kbps. Tertarik mendaftar paket ini? Cukup registrasi dengan mengirimkan SMS ke 242 dengan format: FANTASTIS1.

Seperti Smartfren dengan kuota raksasa untuk paket bulanan, Esia Max-D juga tidak ketinggalan menawarkan paket bulanan denga kuota yang tidak kalah besar. Paket yang bertajuk Fantastis ini menyediakan kuota 10 GB dengan kecepatan akses hingga 3,1 Mbps, serta tarif Rp 200.000 dan masa aktif 30 hari. Jika tertarik dengan paket bulanan ini, registrasi dilakukan denganmengirimkan SMS ke 424 dengan format: FANTASTIS30.

Berikut tabel rangkuman Kusukagadget tentang paket internet delapan operator di atas!

 

 

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment