Monday 05th December 2016,

Hobby

Ξ Leave a comment

Review Lenovo K860, Quadcore Versi Murah

posted by Akmal Fahmi
Review Lenovo K860, Quadcore Versi Murah

Smartphone dengan layar besar dan spek tinggi sudah mulai digemari apalagi dengan harganya yang bersaing. Salah satunya adalah Lenovo K860. Dari sisi visual, dijamin mata Anda dipuaskan dengan layar 5 inci beresolusi HD 1280×720 piksel milik smartphone Android 4.0 ICS ini. Fitur-fitur lainnya: kamera 8MP, perekam video 1080p, kamera depan 2MP, chipset Exynos 4412 (sama dengan Samsung Galaxy SIII) dengan prosesor quadcore 1,4GHz Cortex A9, GPU Mali 400MP, RAM 1GB serta storage 8GB yang bisa diekspansi. Untuk memberi tenaga pada smartphone berlayar jumbo dan berspek mutakhir ini, Lenovo melengkapi K860 dengan baterai Lithium ion 2250mAh. Berikut adalah review dari smartphone yang dibanderol Rp. 3 jutaan ini.

Desain

Bila dicermati, phablet (phone-tablet) layar besar 5 inci ini tidak memiliki tombol fisik apapun di bagian bawah layar, sebetulnya Lenovo K860 sudah masuk kategori phablet. Dengan beratnya 193 gram bisa dibilang cukup berat bila dibandingkan dengan Galaxy Note II yang hanya 183 gram. Ketebalan Lenovo K860 tidak berbeda jauh dengan Galaxy SII dan Galaxy Note. Bagian belakang K860 mirip seperti kover belakang beberapa tipe Samsung Galaxy. Bagian belakang agak bergerigi dengan tujuan memperbaiki grip saat menggenggam ponsel.

Emblem Lenovo di bagian atas terlihat bagus, namun kamera beserta dual LED flash-nya sangat menonjol keluar. Karena kamera tersebut letaknya di samping maka ponsel terlihat kurang simetris saat ditaruh di permukaan datar. Untuk tombol-tombol sifatnya minimalis, baik tombol volume di sebelah kanan dan tombol power bentuknya bulat. Port audio 3,5 mm ada di atas, sementara port micro USB ada di sebelah kiri. Lenovo K860 agak kurang enak dalam genggaman, bukan karena lebar, namun dikarenakan bagian samping yang tidak rata dan cekung ke dalam di list silvernya.

Hardware

Lenovo K860 menggunakan processor quadcore ARMv 7 1,4 GHz dengan spesifikasi CPU yang sama dengan Samsung Galaxy SIII. Dengan itu, wajar bila Lenovo berani memasang game Asphalt HD sebagai game bawaan. Untuk mendukung grafisnya, K860 menggunakan GPU Mali-400 MP. Dengan RAM 1 GB yang dipadu dengan storage internal 8 GB yang dimilikinya, membuat kinerjanya menjalankan beragam aplikasi begitu mengesankan. Untuk baterai sendiri, K860 menggunakan baterai Li-Ion 2250 mAh yang dapat anda lepas.

Spesifikasi


Layar

Sama seperti phablet lainnya, Lenovo K860 menggunakan layar HD IPS 1280×720 piksel dengan diagonal 5 inch. Dengan layar selebar itu, wajar Lenovo ingin meningkatkan daya tahan layarnya dengan menyematkan kaca anti gores Gorilla Glass. Dari segi tingkat kontras, tingkat kecerahan, sudut pandang ataupun warna-warni yang dihasilkan, layarnya memang memuaskan. Perbedaan layar IPS dengan layar AMOLED adalah IPS hanya kurang pada sudut pandang dan tingkat kontras.

Untuk memanjakan pengguna, K860 disenjatai dengan Android ICS apalagi ditambah dengan polesan UI dari Lenovo IdeaDesktop yang membuat tampilan menjadi lebih bagus. Keunggulan UI dari IdeaDesktop adalah anda bebas untuk melakukan personalisasi tampilan mulai dari tema, scene, hingga icon pada pada halaman menu. IdeaDesktop menyediakan sekitar 30 pilihan dekorasi icon yang cukup untuk membuat teman anda kagum dan iri walaupun sesama pengguna ICS. Hebatnya lagi, IdeaDesktop selalu memberikan update terpisah dengan update OS.

Multimedia

Galeri foto di Lenovo K860 bisa dibilang standar ICS saja, bisa dibagi berdasarkan album dan waktu pengambilan gambar. Foto bisa diunggah ke Google+ dan jejaring sosial lainnya, serta dikirim melalui Bluetooth, email dan lainnya. Fitur lainnya ialah slideshow, rotate, crop, dan edit sederhana dengan opsi mengubah kontras, kecerahan saturasi, menambahkan efek seperti lomo, dual tone dan sebagainya.

Aplikasi pemutar musik pada Lenovo K860 juga bawaan Google yakni Google Play Music. Ada beberapa kategori tersedia seperti Recent, Artists, Albums, Songs, Playlist, dan Genres. Anda bisa like dan dislike lagu-lagu yang ada ponsel ini. Tentu saja anda juga bisa bikin Playlist sendiri. Ada beberapa efek suara yang bisa Anda pilih seperti ekualiser (flat, folk, rock, pop dan lain-lain) dan buatan anda sendiri. Saat mengenakan headset Anda dapat mengatur efek ”Bass Boost” dan efek 3D. Keluaran suara via loudspeaker cukup kencang, namun kualitasnya kurang berkesan. Ada radio FM, namun seperti biasa memerlukan headset untuk dijadikan antena bantuan.

Meski memiliki spek yang mirip dengan Samsung Galaxy S III, namun kemampuan memutar video multi-format seperti pada smartphone tersebut tidak ditemukan di Lenovo K860. Mungkin karena tidak diinstal codec video yang dimaksud. Format avi tidak terputar, sedangkan .mkv beresolusi 1080p tersendat-sendat. Untuk video beresolusi 1080p .mp4 yang diunduh dari Youtube saja tidak bisa diputar. Namun masalah ini bisa ditanggulangi dengan menginstal aplikasi pihak ketiga seperti MX Player, tentunya dengan menggunakan fitur Software Decoding dari aplikasi tersebut.

Kamera

Sebagai sebuah smartphone Android kelas atas, Lenovo membekali K860 dengan kamera beresolusi 8 megapiksel, disertai dual LED flash dan autofokus. Banyak fitur-fitur menarik yang ditawarkan, namun banyaknya fitur itu bagi pengguna baru agak membingungkan dari segi antarmukanya. Contohnya penggunaan kata Auxiliary Line , yang ternyata merupakan fitur untuk menambah garis-garis grid pada kamera, untuk memudahkan pengguna melihat komposisi gambar. ‘Autodyne’ merupakan fitur bantuan untuk memotret diri sendiri menggunakan kamera belakang, kamera akan mendeteksi wajah dan kemudian memotret secara otomatis. Jika posisi wajah anda kurang pas, maka akan ada suara peringatan, memberitahu posisi wajah anda kurang ke atas misalnya. Namun sayangnya suara peringatan ini menggunakan bahasa Mandarin,

Fitur-fitur pengaturan standar seperti tingkat eksposur, tingkat kontras, mode Scene (night, portrait, landscape, sunset, party dan sebagainya), metering, white balance, ISO, flicker, touch shooter, timer, shutter sound, GPS tag, time stamp dan storage tentu saja ada. Yang cukup menarik adalah fitur Special Effect, seperti: bokeh (latar belakang di-blur), tilt-shift (membuat daerah yang tidak diinginkan diblur, menjadikan objek seperti foto miniatur), face warp (mengubah wajah Anda menjadi hidung besar, mulut besar, wajah alien, wajah burung hantu dan sebagainya), Camera Scene (menambahkan Photo Frame), lalu filter seperti Lomo, Warm, cool, comic dan sebagainya. Untuk mempermudah penggunaan fitur, anda bisa menambahkan akses pintas ke 5 buah fitur di bagian samping kiri antar muka kamera.

Untuk berpindah ke video dan mode Super menggunakan sistem geser di antar muka. Dengan menahan tombol shutter pada layar, anda bisa melakukan burst shot, memungkinkan anda menangkap sampai 100 gambar Untuk memfokuskan gambar selain ada fitur continous autofocus, juga bisa menggunakan touch-to-focus. Memotret bisa menggunakan tombol volume up, untuk hasil foto yang lebih stabil. Ada fitur Super Mode, yang memiliki beberapa fitur otomatis untuk meningkatkan hasil foto. Hasil kamera cukup bagus, baik di dalam maupun luar ruangan. Flash memang cukup membantu dalam kondisi gelap, namun menghasilkan foto yang agak kebiruan. Warna-warna yang dihasilkan kamera cukup bagus dan enak dilihat.

Untuk perekaman video, tentu fiturnya tidak sebanyak kamera. Lagi-lagi ada fitur dengan istilah yang tidak familiar, yakni Asymptote, yang ternyata merupakan garis bantuan untuk memperlihatkan apakah kamera dalam kondisi lurus atau miring. Fitur-fitur lainnya adalah efek (normal, mono, antique, negative), white balance, kualitas video (resolusi) dan storage.

Saat merekam video, fokus hanya bergantung dari continous autofocus, anda tidak bisa menggunakan touch to focus seperti di iPhone. Continous autofocusnya pun kadang lambat merespon ketika merekam objek berjarak dekat (makro). Tapi di luar hal tersebut, hasil rekaman video tergolong bagus. Tidak mengherankan sebab hasil rekamannya luar biasa boros storage, dengan bitrate 34ribu kbps dan framerate 29 frame per detik, 1 menit bisa menghabiskan storage sebesar 250MB! Padahal format rekamannya 3gp saja. Sebagai perbandingan hasil rekaman video 1080p pada iPhone 5 dan Galaxy Note II: 120MB/menit, Huawei Ascend P1: 150MB/menit, Sony Xperia Ion: 100MB per menit.

Konektivitas

  • Triband GSM, HSDPA 2100
  • Wi-Fi 802.11 b/g/n, DLNA, kemampuan Wi-Fi hotspot/tethering
  • Bluetooth dengan A2DP
  • port Micro SD sampai 32GB
  • port MicroUSB
  • GPS dengan dukungan A-GPS

Benchmark

Untuk urusan performa benchmark, Lenovo K860 mengungguli dua ponsel quadcore lain yakni HTC One X dan LG Optimus 4X. Namun untuk urusan real life performance, K860 tidak berbeda jauh dengan kedua pesaingnya itu. Sangat mulus dan tanda-tanda lag pada ponsel ini sangat minimum. Sayangnya, K860 tidak dilengkapi kompas, sehingga untuk penggunaan seperti pada Google Maps, direksional arahnya tidak bisa disesuaikan dengan arah ponsel, padahal tipe Android low end dan mid end saja banyak yang mengadopsi fitur kompas ini.

Kesimpulan

Dengan harga Rp. 3,8 juta, sudah jelas, Lenovo K860 menawarkan spek jeroan menandingi Samsung Galaxy SIII yang harganya Rp. 2 juta lebih mahal. Jadi ponsel ini bisa jadi kuda hitam dalam persaingan quadcore yang dihuni merk yang lebih populer seperti Samsung Galaxy S III, HTC One X dan LG Optimus 4X HD dan menjadi alternatif bagi yang ingin ponsel berperforma tinggi namun dengan harga cukup bersahabat. Pesaing terdekatnya adalah LG Optimus 4X HD yang dibanderol Rp. 4,8 juta. Beda harga yang lumayan jauh ini, anda bisa mendapatkan ponsel berorientasi performa dengan brand yang lebih populer, namun layarnya lebih kecil dan speknya diatas kertas masih kalah dengan K860. Namun secara performa nyata sendiri, K860 performanya cukup setara dengan Optimus 4X HD. Yang pasti K860 pantas diberi gelar sebagai Best Value for Quadcore Smartphone.

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment