Sunday 11th December 2016,

Hobby

Ξ Leave a comment

Review Mypad My Zephyr, Phablet Dual-Core Dual SIM HSDPA

posted by Akmal Fahmi
Review Mypad My Zephyr, Phablet Dual-Core Dual SIM HSDPA

Sepertinya vendor lokal nampak tidak mau kalah oleh vendor global dalam menghadirkan teknologi mumpuni pada produknya. Vendor lokal sepertinya juga royal dalam menyediakan fitur pada produk-produknya. Seperti pada Mypad My Zephyr yang hadirkan kemampuan Dual SIM HSDPA dengan prosesor dual-core. Berikut adalah review dari Mypad My Zephyr:

DESAIN

Bila mengingat-ingat kurang lebih setahun lalu, phablet pertama yang muncul adalah Galaxy Note milik Samsung. Tidak heran banyak vendor-vendor pembuat phablet memiliki desain phablet yang berkiblat pada Galaxy Note. Pada phablet (phone tablet) Mypad My Zephyr begitu kental bernuansa desain Galaxy Note II.  Seperti yang digunakan pada produk lokal lain yaitu IMO Snow S68, Micxon SX5 Sashimi dan Movi M3.

Masih fokus dengan material plastik, My Zephyr punya ukuran yang terbilang tipis yaitu kurang dari 1cm. Menggunakan lapisan glosy didepan agar kelihatan elagan dan lapisan doff pada bagian belakang. Supaya tidak mudah selip  saat digenggam. Mypad menaruh tombol power disebelah kanan dan tombol pengatur volume di sebelah kiri. Pada bagian atas anda akan menemukan port 3.5mm audio. Sedangkan pada bagian bawah, terdapat port microUSB.

Sebagai perlindungan Mypad menyertai My Zephyr dengan leather case pada paket penjualannya, sehingga berguna untuk melindungi layar dan juga bodinya dari goresan.

SPESIFIKASI

CPU: MTK6577, 1GHz Dual Core
OS: Android Ice Cream Sandwich 4.0
Memory: 512MB RAM+ 4GB ROM, Up to (TF-Card), MAX support 32GB
Dimensi: 147.2×79.5×9.7mm ,180g
Layar: 5.0 WVGA 480 x 800, Capacitive Multi-touch Screen
Jaringan: GSM 850Mhz/900Mhz/1800Mhz/1900Mhz WCDMA 2100Mhz Dual Network standby, single pass
Audio: 3.5MM headphone jack, Mp3,wav,ogg,amr,midi
Video: 3GP,MP4,AVI,ASF,WMV,AVI/MP4/3GP/ASF/RM, 720P High-definition video playback and recording
Fitur: Powerful Dual Core processor, Google Market, Multilanguage support, Dual Sim Dual Standby, Built In GPS & AGPS, Bluetooth 2.0+EDR+A2DP,   Wi-Fi 802.11b/g/n,  Micro USB 2.0, Gravity Sensor, FM radio, Photo browser:JPEG/PNG/GIF/BMP, Built-in PPC games,support PPC 3D games, JAVA games
Kamera: Dual Camera:Back 8.0 mega pixel, Front 0.3 mega pixel Auto Focus with flash light
Baterai: Built in Battery 2000mAh
Harga: Rp. 1.900.000

LAYAR DAN ANTARMUKA

Sebagai phablet, Mypad My Zephyr punya layar sentuh yang sangat luas sehingga memberikan kenyamanan penggunanya. Kemampuannya yang mampu merespon sentuhan 5 jari (multitouch), membuat produk ini mudah digunakan. Saat mencoba kinerja layarnya dengan melakukan scrolling dan berpindah-pindah halaman , pergantian halaman pun berlangsung dengan lancar tanpa terkendala oleh jeda yang mengganggu.

Didukung OS Android Ice Cream Sandwich, ponsel ini membawa antarmuka khas tanpa sentuhan kustomisasi. Dibagian home screen dilengkapi dengan 5 panel dengan 5 ikon pada dock di layar bagian bawah. Kecuali ikon untuk menuju menu utama yang terletak ditengah, ikon-ikon pada dock ini bisa berupa shortcut aplikasi maupun folder yang dapat anda ubah sesuai kebutuhan.

HARDWARE

Untuk menjalankan OS dan aplikasi didalamnya, phablet ini didukung dengan processor dual core 1GHz ditambah RAM 512MB. Untuk mendukung kemampuan mengandalkan multimedia yang mumpuni, Mypad penyediaan kapasitas penyimpanan hingga 32GB. Tidak hanya itu, Mypad juga memasok daya dengan baterai Li-Ion dengan kapasitas 2000mAh. Kapasitas ini terbilang tinggi untuk sebuah phablet.

Untuk membuktikan kinerja dan kemampuannya, dapat diuji dengan menggunakan aplikasi Benchmark. Pengujian yang dilakukan mengunakan 3 aplikasi benchmark paling populer, yaitu Antutu dan Quadrant untuk mengetahui kualitas kinerja processor, sedangkan  Nenamark2 untuk mengetahui kualitas grafisnya.

Hasilnya saat menggunakan aplikasi Quadrant skor Snow adalah 1473, sementara Antutu menunjukkan angka 4101. Bandingkan dengan kompetitornya, Desire C, yang mencetak skor 1271 dan 2263. Sementara dengan pengukuran Nenamark2 , menghasilkan skor 21.4 fps (frame per second).

KAMERA

Meski murah, Mypad menyediakan resolusi lensa yang cukup besar, dan tidak tanggung-tanggung produk ini menyamai resolusi yang dimiliki Galaxy Note II. Sederet fitur menarik seperti pada ponsel hi-end juga tidak lupa dimasukan. Mulai dari fasilitas panorama, HDR (high dynamic range), hingga efek warna juga turut hadir. Selain itu ada juga Scene Mode yang menyediakan hingga 15 pilihan.

Hasil fotonya juga tidak mengecewakan, karena secara kombinasi warna yang dihasilkan terbilang sesuai dengan warna aslinya. Tidak hanya itu penangkapan gambar juga terbilang cukup fokus saat menangkap objek gambar. Baik saat mengambil foto dalam ruangan atau diluar ruangan.

Untuk kamera depan, Mypad My Zephyr memasok resolusi VGA yang dapat difungsikan untuk melakukan panggilan video. Melalui kamera utamanya, anda dapat merekam video hingga resolusi maksimal 720p HD. Setting seperti white balance, efek warna dan background effect juga turut disertakan didalamnya.

MULTIMEDIA

Fitur multimedia lainnya, Mypad sudah dibekali dengan musik player dan video player. Pemutar musik sudah dilengkapi dengan setting equalizer dan efek suara, sehingga anda dapat menikmati konten audio dengan baik. Sayangnya fitur ini baru akan optimal jika anda menggunakan menggunakan earphone. Untuk speaker bawaan, suara yang dikeluarkan cenderung pecah dan terdengar banyak distorsi apalagi anda memacunya hingga volume maksimal.

Selain musik player, ada juga FM Radio Tuner turut menjadi pelengkap anda dalam menikmati hiburan audio dimana saja.

Beralih ke hiburan visual, pemutar video yang dimiliki sanggup memutar video beragam format hingga resolusi HD 720p. Interface video player yang dimilikipun juga terbilang sederhana yang hanya terdiri dari time slider, stop, pause dan play ini juga menjadi keunggulan karena akan memudahkan pengguna dalam menggunakannya.

FITUR

Kemampuan lain yang jarang dimiliki merek lainnya adalah pada slot kedua SIM yang terletak berdampingan dibalik penutup casing belakang milik Mypad. Hebatnya, anda mampu menggunakan kedua slot SIM yang dimiliki telah mendukung koneksi data 3G dengan catatan harus digunakan secara bergantian.

Untuk memilih slot, saat dinyalakan My Zephyr akan memunculkan notifikasi di layar berisi permintaan konfirmasi setting yang memungkinkan anda memilih jalur SIM mana yang akan dipakai untuk voice call, video call, messaging, dan koneksi data. Dual GSM-nya juga dapat berfungsi  dual standby, yang mana saat anda mengunakan SIM 1, maka SIM 2 tetap bisa menerima panggilan.

Selain lengkapi fitur multimedia, Mypad juga membenamkan aplikasi lain seperti aplikasi produktivitas, seperti: aplikasi Notes untuk menulis catatan, aplikasi Documents To Go untuk membuka dokumen, aplikasi News & Weather untuk membaca berita dan info cuaca, dan yang cukup menarik adalah adalah Fastboot Pro yang akan me-refresh ponsel anda tanpa harus melakukan restart.

INTERNET DAN KONEKTIVITAS

Kemampuan browser bawaan, dapat menjelajah situs bermuatan video. Saat masuk menggunakan koneksi 3G ataupun Wi-Fi, anda juga dapat membuka 16 halaman tabs sekaligus. Proses membuka halaman situs berjalan dengan mulus dan cepat.

Untuk konektivitas, anda dapat memilih koneksi kabel data atau nirkabel. Pada nirkabel sendiri, anda dapat memilih Bluetooth serta Wi-Fi direct. Dengan Wi-Fi direct, anda dapat mentransfer data antar perangkat yang mendukung dengan kecepatan yang menyamai Wi-Fi.

KESIMPULAN

Dengan harga yang lebih murah, anda akan mendapatkan beberapa fitur seperti ponsel sekelas Samsung Galaxy Note yang notabene adalah phablet kelas atas. Selain kameranya sama, Ia juga membuktikan mempunyai fitur multimedia yang terbilang lengkap. Tidak hanya itu kemampuan Dual SIM card-nya  juga terbilang lebih baik ketimbang merek lain dikelasnya, karena kedua slot dapat dioptimalkan baik untuk jaringan suara maupun data.

Kelebihan:

  • Layar lapang 5 inchi + capacitive
  • OS Android ICS
  • 3G HSDPA (SIM 1 & 2)
  • Dual SIM Standby

Kekurangan:

  • Tidak hotswap
  • Tidak punya fitur olah data (office)
  • Tidak dibekali game default

Movie Review

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super
3.5

Jack Reacher, Kembalinya Sang Penyelidik Super

Yap! setelah Rock of Ages, kini Tom Cruise kembali ke layar lebar. Jack Reacher, film bergenre aksi ini sepertinya akan mengobati kerinduan penggemar atas absennya Mission Impossible tahun ini. Well,  Full Article »

Dec 29, 2012 Ξ Leave a comment